• Home
  • Viral
  • Heboh Sandal Bertuliskan Huruf Arab yang Tuai Kontroversi

Heboh Sandal Bertuliskan Huruf Arab yang Tuai Kontroversi

Oleh: Redaksi
Senin, 21/05/2018 21:50 WIB
Dibaca: 204 kali
Sandal bertuliskan bahasa arab (Foto: Twitter @arfauzzz)

JAKARTA - Foto sepasang sandal jepit belum lama ini hangat diperbincangkan publik, khususnya pengguna media sosial. Hal itu lantaran terdapat tulisan berbahasa Arab pada alas kaki tersebut.

Dalam unggahan tersebut terlihat sandal dengan kombinasi warna putih dan hijau. Sandal sebelah kanan terdapat tulisan berbahasa Arab, yang jika dibaca berbunyi 'Yamiin'. Sedangkan untuk tulisan Arab di sandal sebelah kiri jika dibaca berbunyi 'Syimal'.

Tak berselang lama usai beredarnya foto tersebut, banyak netizen yang mengunggah ulang. Berbagai komentar kekesalan dan anggapan netizen bahwa sandal itu tidak boleh ditulisi dengan bahasa Arab, juga membanjiri unggahan tersebut.

"Kenapa harus dikasih lafal Allah? dan itu pasti diinjek-injek kalau dipakai," komentar @Stenzwerz.

"Aduh ayat Alquran diletakan di sandal? mau hidupmu terus-terusan diinjek?" komentar @Haikalanam.

"Jangan diukir ayat Alquran di sandal bro, ayat suci diinjek-injek?" komentar @Dienzness.

Meski begitu, dari sekian banyak komentar ada seorang netizen yang memberikan penjelasan mengenai arti dari tulisan Arab tersebut. Melalui akun Facebooknya @YogiMaherIndah menuliskan komentar berbunyi, "Itu tulisan pakai huruf Arab, bacanya Yamin (kanan) dan Yasir (kiri). Kenapa pada bilang tidak pantas, tidak layak, lafal Arab ko diinjek? haduh..Alquran hurufnya Arab, tapi huruf Arab belum tentu Alquran. Nanti jangan-jangan kalau ada orang Arab ngobrol malah diamini lagi ya? Sebelum pada ngegas mending tabayun dulu".

Menanggapi hal tersebut, Hafidz Fadli, seorang akademisi lulusan Sastra Arab Universitas Indonesia (UI), Senin (21/5/2018). Hafidz mengatakan, tulisan Arab yang tertera pada sepasang sandal itu memiliki arti kanan dan kiri dan tidak ada sangkut pautnya dengan doa.

"Tulisan yang di sandal sebelah kanan bunyinya 'yamin' yang artinya kanan. Kalau sebelah kiri 'Syimal' artinya kiri," ujar Hafidz.

Sumber: kumparan.com

Tag:alquranbahasaviral
Berita Terkait
  • Jumat, 03/08/2018 19:04 WIB

    Kemenag dan UIN Kerja Sama Buat Terjemahan Alquran ke Bahasa Aceh

    BANDA ACEH - Tujuh orang penerjemah dan tiga panitia menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa Aceh. Proses penerjemahan saat ini sudah masuk pada tahap validasi terakhir sebelum lanjut ke proses cetak.

  • Sabtu, 28/07/2018 21:19 WIB

    Jamaah Haji Kini Bisa Dengarkan Ceramah Masjid Nabawi Berbahasa Indonesia

    MADINAH - Bahasa terkadang menjadi kendala bagi jamaah Indonesia ketika berada di tanah suci. Bahkan banyak jamaah ketika mengikuti tausiah atau ceramah saat salat Jumat atau kajian keagamaan lainnya

  • Minggu, 22/07/2018 10:44 WIB

    114 Bacaleg Aceh Tak Lolos, 39 di Antaranya Tidak Lulus Baca Al-Quran

    BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menggelar rapat pleno hasil verifikasi bakal calon legislatif (bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). Ketua Pokja Uji Baca Al-Quran, Akmal Ab

  • Selasa, 29/05/2018 21:56 WIB

    Ternyata Pemuda di Aceh Timur yang Dipukul Polisi Tak Terbukti Mesum

    ACEH TIMUR - Video penangkapan sepasang kekasih yang disertai pemukulan jadi viral di media sosial. Polres Aceh Timur pun turun tangan. Pasangan tersebut ternyata tidak terbukti berbuat mesum. Polisi

  • Senin, 28/05/2018 20:40 WIB

    Viral Video Oknum Polisi dan Warga Pukuli Pemuda

    ACEH TIMUR - Di media sosial, viral video dua orang disebut sepasang kekasih diamankan warga karena diduga berbuat mesum. Di video itu, si pria tampak dipukul oleh seorang pemuda dan seorang oknum pol

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir