• Home
  • Trendnet
  • Facebook Siap Hadirkan Fitur Cegah Berita Palsu di Indonesia

Facebook Siap Hadirkan Fitur Cegah Berita Palsu di Indonesia

Oleh: Redaksi
Senin, 21/05/2018 12:39 WIB
Dibaca: 33 kali
Foto: Reuters

JAKARTA - Awal April lalu, Facebook baru saja meluncurkan fitur Third Party Fact Checker yang gunanya untuk memeriksa keaslian berita yang disebar di platform-nya.

Fitur ini merupakan hasil kerja sama antara Facebook dengan media lokal di Indonesia untuk mencari sumber berita dan membandingkannya dengan berita yang beredar di News Feed Facebook.

Tidak hanya dengan program Third Party Fact Checker, Facebook Indonesia juga rencananya akan mengaplikasikan berupa fitur Breaking News untuk menyeleksi berita-berita yang sedang viral di masyarakat untuk memenuhi News Feed pengguna.

Facebook berkomitmen mengedepankan kredibilitas berita berdasarkan sumber dan media yang memberitakan, seperti akan menginformasikan jurnalis atau berita lain yang dikeluarkan media tersebut.

"Fokus kami sekarang adalah mengidentifikasi mana sumber-sumber yang kredibel dan tidak. Kami akan tambahkan fitur selain Third Party Fact Checker yang sudah dijalankan saat ini. Nantinya akan diaplikasikan fitur Breaking News dan informasi untuk sumber berita yang kredibel," ujar News Partnership Lead Facebook Indonesia, Alice Budisatrijo, dalam acara jumpa pers di kantor Facebook, Capital Place, Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Alice juga menambahkan fitur-fitur tambahan tersebut akan mendukung produk jurnalistik yang berkualitas dan membantu media-media di Indonesia mendapatkan engagement yang lebih baik.

"Dengan mengedepankan kredibilitas berita dan juga ada kurasi breaking news, sumber-sumber berita bisa menggunakan fitur ini yang akan membantu engagement penyebarannya di Facebook," tambahnya.

Untuk menangkal konten-konten negatif, Facebook memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk menangkal berita palsu, pornografi, dan terorisme.

Sumber: kumparan.com

T#g:Berita PalsuFacebookMedia Sosial
Berita Terkait
  • Rabu, 06/06/2018 11:46 WIB

    APTISI: Kemristekdikti akan Kewalahan Awasi HP Mahasiswa

    JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Budi Djatmiko menilai, langkah pemerintah melakukan pengawasan dan pendataan terhadap nomor telepon seluler dan media sosial mi

  • Rabu, 06/06/2018 10:01 WIB

    Kemristekdikti akan Awasi Nomor HP dan Akun Medsos Mahasiswa

    JAKARTA - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir mengungkapkan, akan melakukan monitoring kepada para dosen dan mahasiswa menyusul maraknya temuan radikalisme d

  • Sabtu, 02/06/2018 13:25 WIB

    Facebook Ditinggal Generasi Milenial, YouTube & Instagram Jadi Terpopuler

    JAKARTA - Kendati masih menjadi media sosial terpopuler di dunia, ternyata Facebook mulai ditinggalkan anak muda. Kepopuleran Facebook di kalangan remaja tergerus oleh platform lain seperti YouTube, S

  • Sabtu, 26/05/2018 15:28 WIB

    Ironi Media Sosial: Ladang Pertemanan yang Berubah Jadi Ladang Hoax

    JAKARTA - “Media sosial tuh dulu enggak aneh-aneh. Nilai fungsinya masih dapat, enggak kayak sekarang,” pernyataan tersebut dilontarkan oleh Rusti, pelajar kelas 12 dari Temanggung, Jawa T

  • Kamis, 24/05/2018 18:45 WIB

    Facebook Minta Akademisi Ukur Dampak Misinformasi di Fitur News Feed

    JAKARTA - Facebook meminta akademisi untuk mengukur volume dan efek dari misinformasi pada platform-nya, ungkap media sosial tersebut yang dimuat The Verge. Langkah yang diambil Facebook beberapa bul

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir