• Home
  • Trendnet
  • Facebook Ditinggal Generasi Milenial, YouTube & Instagram Jadi Terpopuler

Facebook Ditinggal Generasi Milenial, YouTube & Instagram Jadi Terpopuler

Oleh: Redaksi
Sabtu, 02/06/2018 13:25 WIB
Dibaca: 115 kali
Foto: ilustrasi/google.com

JAKARTA - Kendati masih menjadi media sosial terpopuler di dunia, ternyata Facebook mulai ditinggalkan anak muda. Kepopuleran Facebook di kalangan remaja tergerus oleh platform lain seperti YouTube, Snapchat, dan Instagram.

Berdasarkan riset Pew Research Center, saat ini hanya 51% anak usia 13-17 di Amerika Serikat yang menggunakan Facebook. "Berbeda dengan 3 tahun lalu, dunia sosial media sekarang tak lagi berputar di satu platform saja," tulis peneliti dalam survey seperti dikutip Bisnis dari Bloomberg. 

Adapun, platform berbagi video milik Alphabet Inc., YouTube, menjadi yang populer berdasarkan riset tersebut dengan 85% responden. Disusul oleh Instagram yang saat ini menjadi lebih populer dibandingkan Snapchat dengan perolehan 72%, sementara Snapchat hanya dipilih 69% responden. 

Sekira sepertiga responden mengaku mereka paling sering mengunjungi YouTube dan Snapchat. Sementara 15% menyebut Instagram sebagai platform kegemaran mereka. Di antara semuanya, hanya 10% yang memilih Facebook sebagai favoritnya. 

"Studi ini sekaligus membuktikan betapa sulit suatu platform untuk mendominasi secara terus-menerus," tambahnya. 

Riset tersebut menunjukkan akuisisi Instagram oleh Facebook pada 2012 silam juga berdampak signifikan terhadap kelangsungan perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut. Pew menyebut dominasi Facebook mulai menurun sejak penetrasi smartphone semakin tinggi di kalangan remaja. 


Tercatat, sebanyak 95% anak usia 13-17 tahun memiliki ponsel pribadi atau setidaknya memiliki akses terhadap smartphone dan 45% di antaranya mengaku mereka terhubung dengan internet secara konstan.

Sumber: okezone.com

Tag:FacebookInstagramYoutube
Berita Terkait
  • Rabu, 11/07/2018 16:04 WIB

    Akun Facebook Plt Gubernur Aceh Diretas

    BANDA ACEH - Akun media sosial Facebook milik Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah diretas dan pelaku meminta bantuan sumbangan untuk disalurkan ke anak yatim dan panti jompo. "Sekilas tida

  • Kamis, 24/05/2018 18:45 WIB

    Facebook Minta Akademisi Ukur Dampak Misinformasi di Fitur News Feed

    JAKARTA - Facebook meminta akademisi untuk mengukur volume dan efek dari misinformasi pada platform-nya, ungkap media sosial tersebut yang dimuat The Verge. Langkah yang diambil Facebook beberapa bul

  • Senin, 21/05/2018 12:39 WIB

    Facebook Siap Hadirkan Fitur Cegah Berita Palsu di Indonesia

    JAKARTA - Awal April lalu, Facebook baru saja meluncurkan fitur Third Party Fact Checker yang gunanya untuk memeriksa keaslian berita yang disebar di platform-nya. Fitur ini merupakan hasil kerja sama

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir