• Home
  • Ragam
  • Wow, Pulau di Aceh Singkil Ini Mirip Dalam Film Spongebob

Wow, Pulau di Aceh Singkil Ini Mirip Dalam Film Spongebob

Oleh: Redaksi
Senin, 14/01/2019 19:00 WIB
Dibaca: 200 kali
Foto: kanalaceh.com

ACEH SINGKIL - Penggemar kartun anak-anak Spongebob pasti sangat kenal dengan Bikini Bottom, sebuah kota bawah laut yang menjadi tempat tinggal Spongebob dan teman-temannya.

Jika dilihat dari permukaan laut, Bikini Bottom berbentuk pulau kecil dengan pohon kelapa di atasnya. Pulau tersebut tidak hanya ada di kartun saja, di dunia nyata, tempat ini memiliki kemiripan dengan sebuah pulau di Kabupaten Aceh Singkil yakni Pulau Madang Balung.

Lantaran permukaanya mirip dengan Bikini Bottom, wisatawan menyebut pulau ini dengan nama Pulau Spongebob. Pulau Madang Balung ini salah satu pulau yang berukuran kecil dari 63 pulau yang terdapat di Kepulauan Banyak.

Pulau tersebut juga tidak berpenghuni, ukurannya hanya seluas lapangan bola voli. Di atasnya ditumbuhi beberapa pohon kelapa yang menjulang tinggi, dengan pasir putih yang halus di pinggirannya.

Pasir putihnya terlihat sangat indah dikelilingi birunya lautan. Pulau ini juga dikelilingi terumbu karang yang bisa dilihat dengan mata telanjang jika berada d iatas perahu, menambah eksotisme Pulau Spongebob yang terletak di Aceh Singkil ini.

Julukan Pulau Spongebob datang dari wisatawan yang melihat di antara banyaknya pulau, hanya Madang Balung yang memiliki kemiripan dengan Bikini Bottom. Sehingga ia menjulukinya dengan nama Pulau Spongebob.

“Karena ukurannya kecil dan di atas pulau ini hanya ditumbuhi pohon kelapa,” kata seorang wisatawan, Rio Pranata saat ditemui di Aceh baru-baru ini.

Perjalanan ke pulau ini juga terbilang ekstrem, karena harus melalui lautan dangkal. Jika tidak menguasai medan perjalanan, perahu atau kapal yang digunakan bisa kandas di atas karang.

Sebelum berlabuh, Anda akan dimanjakan dengan warna-warni terumbu karang yang cukup dangkal, yakni hanya sedalam lutut orang dewasa. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas snorkeling di tengah lautan sebelum singgah di pulau ini.

Nakhoda perahu juga harus jeli melihat tonjolan karang yang bisa saja menghantam sisi bawah perahu. Setelah melewati karang, perahu baru bisa merapat di atas pasir pulau.

Tempat ini masih ‘perawan’, bahkan jarang diinjak oleh wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Banyak. Itu karena nakhoda perahu yang membawa wisatawan juga tidak sembarang bisa masuk dan harus menguasai jalur untuk bisa mendekat.

“Jarang ke sini (wisatawan), karena untuk mendekat ke pulau ini harus hati-hati, karena dangkal dan banyak karang besar,” kata salah seorang guide dari Muarmata Travel, Deni Meliala saat mengeksplorasi Pulau Madang Balung beberapa waktu lalu.

Pulau ini juga tidak memiliki fasilitas, alias masih kosong dan alami. Hanya ada tiga unit bungalow yang terletak di pulau terdekat dari Pulau Spongebob ini, yaitu di Pulau Balung.

Pulau Spongebob terletak di Kecamatan Pulau Banyak Barat. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan menggunakan speed boat untuk bisa sampai ke sana.

Jika anda memulai perjalanan dari Ibukota Kabupaten Aceh Singkil, Anda bisa naik kapal penumpang ke Kecamatan Pulau Banyak atau Pulau Banyak Barat. Jarak tempuhnya sekitar 3,5 jam.

Setelah tiba di Kecamatan tersebut, Anda kembali menyewa perahu mesin atau speed boat sekitar Rp1 juta untuk bisa mengunjungi seluruh pulau di Kepulauan Banyak yang jumlahnya mencapai 63 pulau. Tapi Anda akan direkomendasikan untuk mengunjungi 10 pulau yang memiliki fasilitas yang lengkap.

Sumber: viva.co.id

Tag:Aceh Singkilbikini bottompulau spongebobWisata Aceh
Berita Terkait
  • Selasa, 13/08/2019 14:42 WIB

    Agro Wisata Buah Naga di Aceh Singkil, Pengunjung Bisa Petik Langsung di Kebun

    ACEH SINGKIL - Salah satu kebun di Kabupaten Aceh Singkil, bisa menjadi alternatif mengisi liburan bersama keluarga. Konsep yang ditawarkan adalah agro wisata perkebunan buah naga.Di sini pengunjung b

  • Minggu, 11/08/2019 19:58 WIB

    Lewat Festival Saman, Kemenpar Ajak Wisman ke Gayo Aceh

    JAKARTA - Setelah sukses dengan gelaran Festival Saman 2018, tahun ini Kementerian Pariwisata, Kemendikbud, Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Aceh, dan Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues ke

  • Senin, 15/07/2019 20:48 WIB

    Pesta Pernikahan Ricuh, Seorang Remaja Tewas Tertembak di Kepala

    ACEH SINGKIL - Seorang remaja, Dedi Kasi (19), warga Desa Sebatang, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, tewas dengan kepala tertembus peluru. Korban diduga ditembak oleh seorang oknum ang

  • Sabtu, 06/07/2019 19:44 WIB

    Aceh Culinary Festival Masuk Kategori Top Event Kemenpar

    BANDA ACEH - Aceh Culinary Festival yang menjadi kegiatan tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dalam tiga tahun berturut-turut masuk kategori 100 top event dari Kementerian Pariwisata. "Alham

  • Rabu, 03/07/2019 22:50 WIB

    Aceh yang Menunggu Tumpahan Turis dari Phuket & Langkawi

    BANDA ACEH - Kunjungan wisman ke Aceh menurun drastis pada Mei lalu. Tanah Rencong kini berharap adanya tumpahan wisatawan dari Phuket dan Langkawi. Berdasarkan data dirilis Badan Pusat Statistik (BP

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir