• Home
  • Ragam
  • Warga Aceh Diminta Gelar Salat Sunah Saat Gerhana Matahari Cincin

Warga Aceh Diminta Gelar Salat Sunah Saat Gerhana Matahari Cincin

Oleh: Redaksi
Jumat, 19/06/2020 18:58 WIB
Foto: Ilustrasi

BANDA ACEH - Gerhana matahari cincin diprediksi terjadi lusa. Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh mengajak warga untuk menggelar salat sunah saat gerhana terjadi.

"Kita harap masyarakat memperbanyak istighfar, takbir, sedekah dan dan salat gerhana di masjid, musala atau rumah masing-masing," kata Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf (Penaiszawa) Kanwil Kemenag Aceh, Azhari dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (19/6/2020).

Dia meminta warga tidak mengkaitkan fenomena alam tersebut dengan hal mistis. Dia mengatakan gerhana matahari itu diprediksi terlihat di Aceh pukul 13.18 WIB hingga 15.42 WIB, Minggu (21/6/2020).

"Jangan kaitkan fenomena alam tersebut dengan hal-hal yang berbau mistis, bencana atau virus Corona," kata

Gerhana matahari parsial diperkirakan akan terjadi selama 2 jam 24 menit dengan besaran piringan bulan yang akan menutupi matahari 12 persen. Puncak gerhana diprediksi terjadi pukul 14.35 WIB.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Aceh, Saifuddin, mengatakan, Kemenag Aceh akan melakukan pemantauan secara tertutup dengan peserta terbatas. Masyarakat yang ingin melihat gerhana, dapat menyaksikannya melalui siaran langsung yang disiarkan Kemenag.

"Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya pemantauan gerhana parsial dapat mengakses langsung channel youtube Kanwil Kemenag Aceh. Selain itu, gerhana matahari parsial dapat dilihat dengan mata telanjang menggunakan pengaman seperti filter ND5, kacamata gerhana dan kaca film," ujar Saifuddin.

Sumber: detik.com

Tag:gerhana bulangerhana di acehgerhana matahariKemenag Acehshalat gerhana di aceh
Berita Terkait
  • Kamis, 18/06/2020 14:43 WIB

    Fenomena Langka, Warga Aceh Bisa Lihat Gerhana Matahari dan Bulan Dalam Sehari

    BANDA ACEH - Fenomena alam super langka dua gerhana akan terjadi sepanjang Juni 2020. Fenomena pertama Gerhana Bulan Penumbra, kedua Gerhana Matahari Parsial dan kedua gerhana itu diprediksi akan meli

  • Selasa, 07/04/2020 20:39 WIB

    Kemenag Aceh Tunggu Putusan Ulama soal Pelaksanaan Tarawih di Tengah Corona

    BANDA ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh akan berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh dan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) terkait pelaksanaan Surat Edaran (SE) Menteri Agam

  • Senin, 16/03/2020 11:44 WIB

    Cegah Penyebaran Corona, Kemenag Aceh Imbau Mesjid Tak Pakai Karpet

    BANDA ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh mengimbau masjid atau musala di Tanah Rencong sementara waktu tidak menggunakan karpet. Imbauan ini dikeluarkan untuk mencegah penyebaran vi

  • Rabu, 02/10/2019 14:47 WIB

    Kompak Banget, Pegawai Kemenag Aceh Berseragam Batik di Hari Batik Nasional

    BANDA ACEH - Aparatur sipil negara (ASN) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh serentak menggunakan batik, dalam rangka peringatan hari batik nasional yang selalu diperingati setiap 2 Oktober

  • Rabu, 25/09/2019 13:34 WIB

    Kemenag Aceh Sambut Positif UU Pesantren

    BANDA ACEH - DPR sudah mengesahkan Rancangan Undang-Undang Pesantren (RUU Pesantren) menjadi UU. Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Aceh menilai UU tersebut menjadi kado terindah bagi santri pada 2019.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir