• Home
  • RAGAM
  • Wajah Baru Masjid Baiturrahman Siap Pikat Wisatawan

Wajah Baru Masjid Baiturrahman Siap Pikat Wisatawan

Oleh: Redaksi
Sabtu, 13/05/2017 19:12 WIB
Dibaca: 156 kali
Foto: detik.com

BANDA ACEH - Aceh makin mempercantik diri dengan tampilan baru dari Masjid Baiturrahman. Memamerkan diri di hadapan Wapres JK, masjid ini siap pikat wisatawan.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah memamerkan keindahan Masjid Baiturrahman Banda Aceh yang baru selesai bersolek. Di depan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Zaini mengungkapkan sejumlah pembangunan yang dilakukan.

Menurut Zaini, Masjid Raya Baiturrahman merupakan masjid bersejarah yang menjadi ikon bagi Aceh sekaligus sebagai simbol peradaban Islam di Tanah Rencong dalam menjalankan misi perjuangan dan penyebaran Islam di tanah air. Saat tsunami melanda Aceh 2004 silam, masjid ini juga menjadi saksi sejarah tempat rakyat meyelamatkan diri.

"Dengan latar belakang sejarah itu, wajar kalau keberadaan masjid ini mengundang banyak perhatian masyarakat Indonesia dan internasional, yang ingin mengetahui sejarah peradaban Islam di Aceh maupun perkembangan Islam di nusantara," kata Zaini dalam sambutannya saat peresmian Masjid Baiturrahman, Sabtu (13/5/2015).

"Predikat itu tentunya menjadi landasan bagi kita untuk memperkuat keberadaan masjid ini bagi pengembangan peradaban Islam di masa depan," jelas Zaini.

Saat ini, Masjid Raya Baiturrahman tidak hanya sebagai tempat melaksanakan ibadah dan salat saja. Tapi juga menjadi salah satu destinasi wisata heritage Aceh. Berbagai pembenahan dan perbaikan terus dilakukan untuk memperkuat fungsi dan eksistensinya sebagai ikon kebanggaan masyarakat Tanah Rencong.

Untuk pembangunan landscape dan infrastruktur, kata Zaini, sudah dimulai sejak 28 Juli 2015 silam ditandai dengan ground breaking pemancang tiang pancang pertama. Setelah itu, pembangunan dimulai.

12 unit payung elektrik ukuran 24X24 meter bergaya ala Masjid Nabawi di Madinah Arab Saudi dibangun. Dengan adanya payung tersebut, dapat menambah daya tampung jamaah yang semula 9000 orang di dalam masjid, menjadi 24.400 jamaah di dalam dan di luar masjid.

"Payung ini secara desain mengikuti payung-payung yang ada di Masjid Nabawi Madinah, dengan maksud untuk menambah keindahan masjid, juga sebagai sarana untuk kenyamanan beribadah para jamaah," ungkap mantan menteri Kesehatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) tersebut.

Selain itu, juga dibangun basement areal parkir bawah tanah dengan luas 8600 m2. Area ini dapat menampung 254 unit mobil dan 347 sepeda motor. Di lantai dasar itu, juga dibangun tempat wudhu dan toilet ramah difabel. Di sekeliling masjid ditanam 32 pohon kurma yang menyerupai Masjid Rasul di Madinah.

"Dalam kesempatan ini dapat saya sampaikan pada Bapak Wakil Presiden dan seluruh Rakyat Aceh, bahwa untuk meningkatkan pelayanan pengelolaan maka sistem pengelolaan Mesjid Raya kita ini dibentuk Unit Pelaksana Teknis Dinas Syariat Islam Aceh dengan sistem pengelolaan BLUD," jelas Zaini.

Peresmian wajah baru Masjid Raya Baiturrahman dilakukan oleh Wapres JK dengan memukul tambo. Setelah peresmian, JK ditemani Zaini melihat-lihat wajah baru masjid Baiturrahman baik di lantai dasar atau pun di bawah payung.

Sumber: detik.com

T#g:Banda AcehMasjid BaiturrahmanWisata Aceh
Berita Terkait
  • Minggu, 15/10/2017 12:38 WIB

    Laskar Digital Aceh Siap Meriahkan Sanger Day+ Fest 2017

    BANDA ACEH - Setelah sukses dilaksanakan  selama tiga tahun terakhir sejak ditetapkan  tanggal 12 Oktober 2014 sebagai Hari Sanger atau Sanger  Day di Kota Banda Aceh, maka  pad

  • Minggu, 15/10/2017 12:02 WIB

    Duta Wisata Aceh 2017 dan Tantangan Masa Depan

    BANDA ACEH - Tanpa terasa setahun telah berlalu saat Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggelar kegiatan Pemilihan Duta Wisata Aceh 2016 di Kota Langsa yang berhasil men

  • Rabu, 04/10/2017 11:18 WIB

    PDWA Ditutup, Panitia Paparkan Sejumlah Hasil Verifikan Data

    BANDA ACEH - Sejak dibuka pendaftaran per September lalu hingga 1 Oktober, pendaftaran Pemilihan Duta Wisata Aceh (PDWA) 2017 berlangsung lancar dan tepat waktu. Hal tersebut dikemukakan Kepala Din

  • Rabu, 27/09/2017 15:38 WIB

    Promosikan Paket Wisata, Aceh Sales Mission Incar Medan dan Batam

    MEDAN - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh terus menggenjot promosi pariwisata lewat berbagai cara, khususnya menyasar sejumlah pasar calon wisatawan nusantara dengan targ

  • Rabu, 20/09/2017 10:25 WIB

    Pendaftaran Duta Wisata Aceh 2017 Berakhir 1 Oktober Ini!

    BANDA ACEH - Memasuki satu dekade Pemilihan Duta Wisata Aceh (PDWA) tahun ini akan mengangkat sesuatu yang beda dari tahun sebelumnya. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ace

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir