• Home
  • Ragam
  • Unsyiah Targetkan Kampus Bebas Sampah Tahun 2019

Unsyiah Targetkan Kampus Bebas Sampah Tahun 2019

Oleh: Redaksi
Kamis, 07/03/2019 21:52 WIB
Dibaca: 257 kali
Foto: Antara

BANDA ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) di Darussalam, Banda Aceh, melakukan berbagai upaya untuk membebaskan kampus dari sampah pada 2019.

"Salah satu upaya mewujudkan kampus bebas sampah adalah dengan menyediakan tong sampah sesuai dengan jenisnya dan meningkatkan kesadaran civitas akademika untuk tetap menjaga lingkungan dan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan," kata Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal di Darussalam, Kamis (7/3/2019).

Di sela acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang dipusatkan di lingkungan Asrama Mahasiswa Unsyiah, ia menjelaskan upaya menghadirkan lingkungan yang bersih dan asri harus dimulai dengan pengelolaan sampah yang baik, yang mencakup penyediaan tong sampah berdasar jenis, pembentukan bank sampah, penghijauan, dan edukasi penanganan sampah.

Ia mengatakan Unsyah telah memiliki relawan-relawan Pelopor Peduli Sampah yang menjalankan tugas pengelolaan sampah dan mengedukasi masyarakat.

"Menjaga lingkungan adalah hal penting dalam kehidupan dan Aceh merupakan daerah yang menerapkan syariat Islam. Lingkungan bersih dan asri juga akan menciptakan kenyamanan dalam belajar," katanya.

Ia menambahkan kepedulian menjaga lingkungan tidak hanya bisa dilakukan dengan mengelola sampah, namun juga upaya penghematan penggunaan energi melalui hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari seperti mematikan lampu pada siang hari, menggunakan pendingin udara seperlunya, serta menggunakan air sesuai kebutuhan saja.

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di kampus Unsyah meliputi kegiatan gotong royong bersih-bersih lingkungan yang melibatkan anggota Mahasiswa Asrama Peduli Alam dan Lingkungan Sekitar (Mapalus) serta pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unsyiah.

Kegiatan itu dipusatkan di lingkungan asrama mahasiswa, Lapangan Tugu, Masjid Jamik, Gelanggang Mahasiswa, dan lingkungan Ruang Kuliah Umum (RKU).


Sumber: Antara

Tag:bebas sampahhari peduli sampah nasionalUnsyiah
Berita Terkait
  • Rabu, 06/05/2020 20:39 WIB

    Unsyiah Ambil Sumpah 23 Dokter Gigi Secara Daring

    BANDA ACEH - Sebanyak 23 Dokter Gigi baru dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala dilantik dan diambil sumpahnya secara daring. Pelantikan tersebut dipimpin langsung Dekan FKG Unsyia

  • Sabtu, 25/04/2020 08:33 WIB

    Ini Keren, 5 Program Studi di FT Unsyiah Raih Akreditasi Internasional

    BANDA ACEH - Sebanyak lima program studi di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala berhasil meraih akreditasi internasional, yang dikeluarkan oleh Indonesian Accreditation Board For Engineering Educa

  • Selasa, 21/04/2020 19:39 WIB

    Cegah Virus Corona, FKG Unsyiah Salurkan Donasi Alat Pelindung Diri

    BANDA ACEH - Civitas Akademika Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala membuka donasi untuk membantu tenaga kesehatan melengkapi alat pelindung diri (APD) saat menghadapi Covid-19. Donasi ter

  • Selasa, 21/04/2020 15:09 WIB

    Dosen Unsyiah Divonis 3 Bulan Penjara karena Pencemaran Nama Baik

    BANDA ACEH - Dosen Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh Saiful Mahdi divonis tiga bulan penjara karena terbukti bersalah melakukan tindak pidana pencemaran nama baik di media sosial. Vonis

  • Sabtu, 11/04/2020 11:21 WIB

    Atasi Minimnya APD, Alumni Teknik Elektro Unsyiah Sumbang Perlengkapan Wajib Paramedis

    BANDA ACEH - Di tengah minimnya Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis, Ikatan Alumni Teknik Elektro (Ikatektro) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyumbang 6.080 perlengkapan wajib yang diguna

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir