• Home
  • RAGAM
  • Ujong Blang, Pantai Favorit Wisatawan di Kota Lhokseumawe

Ujong Blang, Pantai Favorit Wisatawan di Kota Lhokseumawe

Oleh: Redaksi
Jumat, 07/07/2017 21:19 WIB
Dibaca: 163 kali
Foto: jaksabewoesiat.com

LHOKSEUMAWE - Dari banyaknya pantai di Pesisir Lhokseumawe, Pantai Ujong Blang adalah yang paling terkenal. Pantai ini juga kerap dikunjungi wisatawan.

Nama Ujong Blang menyesuaikan nama desa di mana pantai ini berada, yaitu Ujong Blang yang dalam bahasa Aceh Ujong berarti ujung dan blang berarti sawah. Pantai ini berada sekitar tiga kilometer ke utara Kota Lhokseumawe, tepatnya di Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Selain sebagai destinasi bahari, Pantai Ujong Blang merupakan surga kuliner. Sepanjang garis pantainya banyak sekali penjaja makanan khas Aceh seperti rujak Aceh dan Mie Aceh. Tak hanya itu, deretan pondok kuliner juga siap menyambut kedatangan Anda.

Beberapa waktu yang lalu saya bersama keluarga istri mengunjungi pantai ini untuk santab siang. Kami singgah di sebuah pondok yang menyajikan aneka menu sea food.

Di sini pembeli bisa memilih sendiri ikan mana yang hendak dibakar. Ikannya masih dalam kondisi segar, berukuran besar dan yang terpenting harganya terjangkau.

Sembari menunggu pesanan datang, kami bisa menikmati suasana pantai. Angin berhembus cukup kuat siang itu, ombak terus menerus tanpa lelah menjilati pasir pantai, sejauh mata memandang terlihat lautan biru yang luas.

Akhirnya pesanan kami tiba, dari tampilannya sudah sangat menggugah selera. Ditambah lagi minuman dingin yang sangat pas dinikmati saat siang. Tak butuh lama makanan yang kami pesan segera pindah ke dalam perut yang sedari tadi telah meronta.

Usai makan siang, saya bersama istri dan adiknya mencoba bermain di tepi pantai. Karena ombak di sini cukup kuat, pantai ini dilindungi oleh breakwater atau pemecah gelombang yang dibuat dari batu berukuran besar yang ditumpuk - tumpuk sedemikian rupa.

Meski Pantai Ujong Blang merupakan destinasi wisata favorit Kota Lhokseumawe, tapi ada satu hal yang mengganjal. Yaitu keberadaan sampah, terutama limbah kayu dan bekas kelapa muda yang banyak berserakan di sekitar pantai.

Nampaknya kesadaran akan menjaga lingkungan dari pengunjung dan pedagang kuliner di sini masih kurang. Saya melihat sendiri ketika pekerja di pondok makanan melempar batok-batok kelapa muda ke pantai saat membersihkan meja makan.

Sudah saatnya pemerintah setempat bersama masyarakat, baik pengunjung dan pedagang di sekitar sana saling membahu untuk menjaga lingkungan di Pantai Ujong Blang. Kalau tidak, mungkin kelak tidak terlihat lagi pasir pantai melainkan tumpukan sampah bekas kelapa.

Sumber: detik.com

T#g:LhokseumawePantai Ujong BlangWisata Aceh
Berita Terkait
  • Rabu, 20/09/2017 10:25 WIB

    Pendaftaran Duta Wisata Aceh 2017 Berakhir 1 Oktober Ini!

    BANDA ACEH - Memasuki satu dekade Pemilihan Duta Wisata Aceh (PDWA) tahun ini akan mengangkat sesuatu yang beda dari tahun sebelumnya. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ace

  • Rabu, 06/09/2017 22:15 WIB

    Turis Dari Malaysia Banyak Berkunjung ke Aceh

    BANDA ACEH - Sebanyak 18.534 orang wisatawan mancanegara (wisman) mengunjungi Aceh sepanjang Januari-Juli 2017 yang didominasi wisman asal Malaysia. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Wah

  • Jumat, 25/08/2017 10:12 WIB

    Mau Liburan di Aceh, Ini Rekomendasi ala Penyanyi Tompi

    JAKARTA - Penyanyi ternama Tompi, ternyata punya beberapa tempat rekomendasi untuk berwisata di Aceh. Kamu yang mau liburan ke Aceh, mesti simak ya! Jika traveler berminat untuk menyusuri ujung

  • Jumat, 18/08/2017 17:27 WIB

    Pelaku Bakar Gedung Rektorat Unimal karena Dipecat

    LHOKSEUMAWE -  SA (34), tersangka pembakar gedung rektorat Universitas Malikussaleh (Unimal) mengaku nekat membakar gedung lantaran sakit hati dipecat sepihak sebagai petugas perlengkapan (tek

  • Senin, 14/08/2017 22:14 WIB

    Duta Wisata se-Aceh Gelar Konferensi Hasilkan 4 Rekomendasi Pariwisata

    BANDA ACEH - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, mengajak Duta Wisata se-Aceh untuk terus meningkatkan promosi wisata di Aceh melalui media digital. Hal itu disampaikan pihakny

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir