• Home
  • Ragam
  • Tahun 2019, Disbudpar Aceh Gelar 100 Event Wisata

Tahun 2019, Disbudpar Aceh Gelar 100 Event Wisata

Oleh: Redaksi
Kamis, 07/02/2019 20:09 WIB
Dibaca: 496 kali
Foto: ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Provinsi Aceh makin serius mengembangkan pariwisata untuk menarik kunjungan wisatawan. Sepanjang 2019, ada 100 event yang disiapkan, baik bertaraf nasional maupun internasional.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, mengatakan, meski Calender of Event (CoE) 2019 belum diluncurkan, tapi Disbudpar Aceh sudah menyusun sebanyak 74 event di seluruh Aceh. Angka itu akan terus bertambah karena saat ini pemerintah kabupaten/kota diminta juga membuat agenda promosi wisata.

"Yang sudah ada 74 event itu sudah ada yang di kabupaten/kota juga. Kita minta juga kabupaten bikin lagi biar ada 100 event," kata Jamaluddin kepada wartawan, Kamis (7/2/2019).

 Berbagai event wisata yang disiapkan meliputi wisata budaya, alam, dan buatan manusia. Event yang dibikin tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Tanah Rencong seperti Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Singkil, Simeulue dan lainnya.

Untuk Banda Aceh, Sabang dan Aceh Besar difokuskan ke wisata religi, sejarah, kuliner serta bahari. Sedangkan wilayah tengah Aceh di antaranya Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues terdapat beragam wisata alam dan budaya. Di daerah kaki pegunungan Leuser itu terkenal dengan atraksi budayanya seperti Tari Saman.

Sementara untuk wilayah Kabupaten Aceh Singkil, Simeulue dan Aceh Selatan akan difokuskan kepada wisata bahari. Ketiga daerah ini punya pantai yang indah dan cocok dijadikan tempat surfing dan berbagai event lainnya. Khusus di Pulau Banyak, Aceh Singkil, terdapat 63 gugusan pulau kecil yang siap untuk dikunjungi.

Selain itu, dari puluhan event yang sudah disiapkan, tiga di antaranya masuk dalam kalender nasional seperti Aceh Culinary Festival yang akan digelar di Kota Banda Aceh pada 5-7 Juli, Saman Gayo Alas Festival di Kabupaten Gayo Lues mulai 18 Agustus serta Aceh Internasional Diving Festival di Kota Sabang pada tanggal 6 Oktober 2019.

"Event-event yang kita siapkan ini juga ada yang bertaraf internasional. Selama ini yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu beberapa daerah seperti Sabang, Banda Aceh, Pulau Banyak di Aceh Singkil, Aceh Jaya, Langsa, Aceh Besar," jelas Jamaluddin.

Tahun lalu, jumlah kunjungan wisatawan ke Aceh meningkat 2 persen. Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik Aceh, total wisatawan mancanegara yang masuk melalui pintu kedatangan di Provinsi Aceh sepanjang 2018 sebanyak 33.787 orang, mengalami peningkatan sebesar 2,06 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2017 dengan jumlah 33.105.

Sumber: detik.com

Tag:dinas pariwisata acehevent wisata acehWisata Aceh
Berita Terkait
  • Sabtu, 02/02/2019 02:18 WIB

    Kunjungan Turis ke Aceh Meningkat Dua Kali Lipat

    BANDA ACEH - Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Aceh akhir tahun lalu meningkat 2 kali lipat. Yang sebelumnya didominasi Malaysia, kini malah Inggris.Berdasarkan data dirilis Badan Pusat

  • Jumat, 25/01/2019 14:43 WIB

    Yuk Liburan ke Aceh, Jangan Takut Syariat Islam

    JAKARTA - Banda Aceh punya hukum syariat Islam, kadang itu jadi pertanyaan dan bikin ragu-ragu traveler. Tenang saja, liburan ke Banda Aceh dijamin aman dan nyaman.Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota B

  • Senin, 14/01/2019 19:00 WIB

    Wow, Pulau di Aceh Singkil Ini Mirip Dalam Film Spongebob

    ACEH SINGKIL - Penggemar kartun anak-anak Spongebob pasti sangat kenal dengan Bikini Bottom, sebuah kota bawah laut yang menjadi tempat tinggal Spongebob dan teman-temannya.Jika dilihat dari permukaan

  • Jumat, 11/01/2019 16:35 WIB

    Disbudpar Tetap Pertahankan Branding "Cahaya Aceh"

    BANDA ACEH - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menyatakan tetap mempertahankan branding wisata "Cahaya Aceh" atau "The Light of Aceh" untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah setempat. "

  • Kamis, 03/01/2019 22:15 WIB

    Wali Kota Banda Aceh Jawab Tudingan Objek Wisata Jadi Tempat Mesum

    BANDA ACEH - Objek wisata Ulee Lheue dituding anggota DPRK Banda Aceh menjadi tempat mesum. Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman pun memberikan tanggapan. Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman men

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir