• Home
  • Ragam
  • Saudi Larang Penggunaan Istilah Wisata Religi Untuk Haji dan Umrah

Saudi Larang Penggunaan Istilah Wisata Religi Untuk Haji dan Umrah

Oleh: Redaksi
Minggu, 10/03/2019 17:04 WIB
Dibaca: 451 kali
Foto: ilustrasi/google.com

JEDDAH - Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan baru yang melarang penggunaan istilah wisata religi (siyaahah ad diiniyyah) untuk kegiatan-kegiatan terkait ibadah haji dan umrah.

"Informasi tentang kebijakan baru ini kami ketahui berdasarkan surat Muassasah Muthawwif Jamaah Haji Asia Tenggara kepada Ketua Kantor Urusan Haji Indonesia, " kata Konsul Haji atau Staf Teknis Haji KJRI di Jeddah, Endang Jumali, dalam siaran pers Kementerian Agama, Ahad (10/3/2019).

Dia mengatakan pemerintah Arab Saudi melarang penggunaan istilah wisata religi untuk kegiatan apa pun yang berkaitan dengan ibadah haji dan umrah atau ziarah ke Masjid Nabawi.

Menurut Endang, penerapan ketentuan itu merupakan tindak lanjut surat Wakil Menteri Haji dan Umrah Saudi tanggal 2 Jumadil Akhir 1440 Hijriyah (7 Februari 2019 Masehi) yang merujuk pada Dekrit Kerajaan.

"Kami sudah bersurat kepada Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah untuk ikut mensosialisasikan kebijakan baru tersebut, baik kepada Kanwil Kemenag Provinsi, maupun penyelenggara perjalanan ibadah haji khusus dan umrah," katanya.

Penggunaan istilah "wisata religi" sering ditemui dalam paket-paket pelayanan perjalanan untuk ibadah umrah dan haji khusus. Istilah tersebut biasanya dikonotasikan dengan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah dalam dakwah Islam.

Sumber: Antara

Tag:arab saudihajiumrahwisata relwisata religi
Berita Terkait
  • Selasa, 02/06/2020 19:41 WIB

    MPU Aceh Nilai Terlalu Dini Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji 2020

    BANDA ACEH - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh menilai Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama RI terlalu cepat mengeluarkan kebijakan membatalkan keberangkatan jamaah haji Indonesia 2020, m

  • Minggu, 17/05/2020 16:14 WIB

    Cuaca Buruk, 142 Penumpang KM Teluk Sinabang Tertahan di Labuhan Haji

    ACEH SELATAN - Sebanyak 142 orang penumpang Kapal Motor Teluk Sinabang hingga Ahad siang masih berada di Pelabuhan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, setelah kapal yang mengangkut ratusan penumpang

  • Kamis, 16/04/2020 21:35 WIB

    Aceh Segera Punya Qanun Haji dan Umrah

    BANDA ACEH - Sepuluh rancangan qanun (Raqan) masuk dalam program legislasi Aceh (Prolega) 2020 yang akan dibahas DPR Aceh. Salah satunya Raqan tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Ibadah Haji dan U

  • Minggu, 27/10/2019 15:55 WIB

    9 Putra Aceh Lulus Pendidikan Gratis di Universitas Islam Madinah

    BANDA ACEH - Sebanyak sembinal orang putra dari sejumlah kabupaten/kota di Aceh berhasil lulus tes (muqabalah) dan diterima untuk belajar pendidikan tinggi di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi.

  • Jumat, 28/06/2019 19:55 WIB

    Calon Jamaah Haji Aceh Masuk Asrama Lebih Cepat

    BANDA ACEH - Jadwal keberangkatan kloter pertama Calon Jemaah Haji (CJH) embarkasi Aceh dipercepat menjadi 20 Juli mendatang. Perubahan jadwal ini menyusul adanya penambahan kuota CJH untuk Indonesia.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir