• Home
  • Ragam
  • Ramadan di Aceh: Hotel Putar Tausiah, Rental PlayStation Tutup

Ramadan di Aceh: Hotel Putar Tausiah, Rental PlayStation Tutup

Oleh: Redaksi
Sabtu, 19/05/2018 09:54 WIB
Dibaca: 320 kali
Foto: liputan6.com

BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh menyeru pengusaha hotel dan kafe agar memutar tausiah selama Ramadan. Sedangkan rental PlayStation (PS) hingga tempat hiburan dilarang beroperasi.

Anjuran itu tertuang dalam seruan bersama yang dikeluarkan Pemkot Banda Aceh bersama unsur Forkopimda. Seruan yang memuat 10 poin ini sudah disebar dan ditempel di tempat-tempat umum. Isi dari seruan ini ditujukan untuk kaum muslimin hingga nonmuslim dan warga negara asing yang berada di Tanah Rencong. 

"Seruan ini sudah diedarkan sejak setelah ditandatangani pada 11 Mei lalu," kata Kabag Humas Pemko Banda Aceh T Taufik Mauliansya, Kamis (17/5/2018). 

Dalam seruan yang diteken oleh berbagai unsur pimpinan itu, terdapat beberapa poin, di antaranya mengatur pemilik warung serta pengusaha salon, hotel, dan tempat hiburan. 

"Untuk usaha Billyard, PlayStation, dan hiburan lainnya dilarang beroperasi selama bulan puasa," demikian isi salah satu poin dalam seruan tersebut. 

Selain itu, dalam seruan bersama tersebut diatur pengusaha salon hanya dibolehkan membuka usaha sejak pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Untuk salon, pemerintah juga meminta tetap menjaga ketentuan sebagaimana tercantum dalam surat izin usaha salon.

Pengusaha hotel dilarang menyediakan makanan dan minuman pada siang hari, menggelar karaoke, disko, dan sejenisnya selama Ramadan. "Pengusaha hotel dianjurkan untuk memutar tausiah dan musik yang bernuansa Islami," isi poin tujuh subpoin 4. 

Dalam seruan tersebut, Pemkot Banda Aceh juga menyeru umat Islam melaksanakan ibadah puasa, memakmurkan masjid, meunasah, dan tempat ibadah lainnya dengan melaksanakan salat tarawih, tadarus, iktikaf, dan ibadah lain semata-mata karena Allah. 

"Dilarang memperjualbelikan barang-barang yang dapat mengganggu kekhusyukan ibadah di bulan Ramadan. Meninggalkan perbuatan maksiat yang dapat merusak pahala puasa," isi poin tentang seruan untuk umat Islam. 

Selain itu, dimuat poin untuk nonmuslim yang tinggal di Banda Aceh. Pada poin terakhir, warga nonmuslim diharapkan menghormati masyarakat Aceh yang melaksanakan ibadah puasa. 

"Bagi nonmuslim agar menghormati pelaksanaan ibadah puasa dalam rangka pembinaan toleransi dan kerukunan hidup antarumat beragama. Khusus bagi WNA yang berada di Banda Aceh, juga diserukan agar dapat mengikuti ketentuan-ketentuan yang berlaku selama Ramadan," demikian isi poin terakhir. 

Sumber: detik.com

Tag:RamadhanRamadhan di Aceh
Berita Terkait
  • Rabu, 20/05/2020 20:04 WIB

    Pemuda Buket Hagu Gelar Aneka Lomba di Bulan Ramadhan

    ACEH UTARA - Ikatan Pemuda Buket Hagu Gampong (IPBHG) menggelar acara buka puasa bersama dan santuni anak yatim, serta pembagian hadiah Lomba Pidato Online di Masjid Baitussalihin Buket Hagu Gampong,

  • Jumat, 01/05/2020 17:53 WIB

    Baitul Mal Aceh Salurkan Bantuan Ramadhan Untuk Fakir Miskin

    BANDA ACEH - Sebanyak 4.000 fakir miskin di Kabupaten Aceh Besar menerima bantuan Santunan Ramadhan dari Baitul Mal Aceh (BMA). Bantuan yang diberikan berupa uang tunai sebesar Rp800 ribu per mustahik

  • Selasa, 28/04/2020 20:03 WIB

    Polisi Syariah Banda Aceh Tangkap Penjual Nasi di Siang Bulan Ramadhan

    BANDA ACEH - Seorang perempuan di Banda Aceh, Aceh, kepergok petugas Satpol PP-Wilayatul Hisbah (WH/polisi syariah) tengah berjualan nasi di siang hari. Perempuan tersebut diduga memakai seorang prema

  • Sabtu, 25/04/2020 15:04 WIB

    Selama Ramadhan, Sekolah di Aceh Diminta Prioritaskan Muatan Lokal

    BANDA ACEH - Dinas Pendidikan Aceh meminta pihak sekolah dapat memprioritaskan muatan lokal sebagai materi utama dalam ruang lingkup pendidikan keagamaan selama belajar di rumah dalam bulan suci Ramad

  • Jumat, 24/04/2020 14:34 WIB

    Hari Pertama Ramadhan di Banda Aceh Sepi, Toko Tutup-Jalanan Lengang

    BANDA ACEH - Suasana Banda Aceh, Aceh, tampak sepi pada hari pertama Ramadhan. Sejumlah toko serta pasar tradisional tutup dan jalanan terlihat lengang. Dikutip dari detikcom, Jumat (24/4/2020),

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir