• Home
  • Ragam
  • Penggiat Lingkungan Hidup Minta Balai Besar TNGL Pindah ke Aceh

Penggiat Lingkungan Hidup Minta Balai Besar TNGL Pindah ke Aceh

Oleh: Satria
Jumat, 03/07/2020 19:51 WIB
Istimewa/WartaAceh.com

BIREUEN - Aceh Green Conservation (AGC) mendukung penuh upaya anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Gerindra, Ir H TA Khalid MM yang meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) agar pengendalain Balai Besar Taman Nasional Gunun Leuser (TNGL) dapat dipindahkan ke Aceh.

“Permintaan Bapak TA Khalid sangat beralasan, karena 75 persen luas TNGL berada di Aceh, sementara sisanya berada di Sumatera Utara, jadi AGC sangat mendukung upapaya TA Khalid,” kata Pembina AGC, Suhaimi Hamid dalam siaran pers yang diterima WartaAceh.com, Jumat (3/7/2020).

Suhaimi mengaku, AGC bernah bekerja di kawasan TNGL selama empat tahun. Kata dia, program AGC di TNGL di Gayo Lues terkait dengan program Pembangunan Rendah Emisi, dimana AGC mendampungi Desa dan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues dalam rangka pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

“Disana kita juga mendorong masyarakat untuk membudidayakan aren sebagai tanaman khas Gayo Lues yang menjadi sumber ekonomi ramah lingkungan,” sebut Suhaimi.

Menurut dia, keberadaan Balai Besar TNGL di Sumatera Utara tidak efektif, sehingga upaya-uaya pengelolaan dan perlindungan yang dilakukan tidak berjalan lancar.

“Keberadaaan Balai Besar TNGL di Sumatera Utara menjadi hambatan bagi pemangku kepentingan di Aceh, jadi sekali lagi kami sampaikan dukungan atas gagasan TA Khalid, agar pengendalian Balai Besar TNGL berada di Aceh,” sebut Suhaimi Hamid.

Menurut Suhaimi, gagasan TA Khalid harus mendapat dukungan semua pihak, sehingga pemindahan Balai Besar TNGL dari Sumatera Utara ke Aceh dapat segera terealisasikan.

“Kami juga mengapresiasi kerja-kerja TA Khalid sebagai anggota DPR RI asal Aceh, dimana TA Khalid terus bekerja untuk pembangunan Aceh yang berkelanjutan, sehingga keberadaan TNGL di Aceh dapat dikelola dengan baik,” sebut Suhaimi Hamid.

Kata Suhaimi, AGC juga bersedia berkolaborasi program yang diperjuangkan anggota DPR RI, terkait dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Kita sangat konsisten dengan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan, sehingga kita siap berkaloborasi dengan semua pihak,” pungkas Suhaimi Hamid.

Tag:aceh green communitybalai besar tnglBireuenisu lingkungan hiduptaman nasional gunung leuser
Berita Terkait
  • Selasa, 07/07/2020 21:02 WIB

    Kasus Positif Covid-19 Muncul di Bireuen

    BANDA ACEH - Pandemi penyakit Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang disebabkan virus corona belum berakhir, untuk itu masyarakat diminta tetap menjalankan protokol kesehatan. Kasus terbaru Covid-19

  • Rabu, 01/07/2020 19:20 WIB

    Jingki Ie, Produk BUMG di Bireuen untuk Pengairan Sawah Tadah Hujan

    BANDA ACEH - Aceh memiliki lahan pertanian yang luas, namun ada yang masih mengandalkan hujan sebagai sumber airnya. Akibatnya, pada musim kemarau panjang bisa gagal panen. Hal ini disampaikan Kepa

  • Rabu, 01/07/2020 18:41 WIB

    Pemerintah Aceh Pulangkan Jenazah Pemuda Asal Bireuen yang Meninggal di Banten

    BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melalui Badan Perhubungan Pemerintah Aceh (BPPA) memfasilitasi pemulangan jenazah Adnan Iskandar (22) tahun yang meninggal dunia akibat terseret ombak di laut Anyer, Bante

  • Selasa, 23/06/2020 18:29 WIB

    Mukhlis Takabeya Luncurkan Buku Biografi

    BIREUEN - Politikus Partai Golkar Kabupaten Bireuen Mukhlis Takabeya, meluncurkan buku biografi 'Petarung Dari Selatan' di ACC Ampon Chiek Peusangan, Universitas Almuslim, Matangglumpangdua,

  • Jumat, 12/06/2020 13:04 WIB

    Kecelakaan di Bireuen, Anak 3 Tahun Meninggal Dunia

    BIREUEN - Balita tiga tahun meninggal dunia meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit setelah minibus ditumpanginya mengalami kecelakaan di Geulanggang Teungoh, Kabupaten Bireuen, Aceh.Direktur L

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir