• Home
  • Ragam
  • PKA VII Akan Dongkrak Kunjungan Wisatawan dan Bangkitkan Ekonomi Kreatif

PKA VII Akan Dongkrak Kunjungan Wisatawan dan Bangkitkan Ekonomi Kreatif

Oleh: Redaksi
Senin, 04/06/2018 23:01 WIB
Dibaca: 242 kali
Tim Publikasi Disbudpar Aceh
Suasana konferensi pers PKA VII di Museum Aceh, Minggu (3/7/2018)

BANDA ACEH – Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII harus mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan serta menjadi kegiatan yang memiliki multi efek bagi perekonomian rakyat dan menjadi momentum bangkitnya industri-industri kreatif masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah, selaku Ketua Panitia Pelaksana PKA VII, pada konferensi pers terkait kegiatan PKA VII yang dirangkai dengan buka puasa bersama awak media, di komplek Museum Aceh, Minggu (3/6/2018).

"PKA diharapkan menjadi kegiatan yang mampu mendongkrak kunjungan wisatawan serta menjadi momentum bagi sektor ekonomi rakyat, terutama ekonomi kreatif. Oleh karena itu, kita mengundang sebanyak-banyaknya partisipan untuk turut memeriahkan PKA VII ini,” kata Wagub.

Nova menambahkan, PKA VII tak hanya diikuti peserta dari 23 kabupaten/kota se-Aceh, namun sejumlah provinsi dan negara-negaa Islam serta beberapa negara ASEAN juga telah berkomitmen untuk turut memeriahkan kegiatan yang mengangkat tema ‘Aceh Hebat dengan Adat Budaya Bersyariat’ ini.

Wagub juga mengungkapkan, PKA VII yang berlangsung pada 5-15 Agustus 2018, akan dihadiri oleh 35 ribu peserta dan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo, di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya.

“Ada hasil nyata tapi tidak instan yang kita dapatkan dalam setiap gelaran PKA. Jadi, yang kita dapat dari PKA VII adalah manfaat atau benevit bukan keuntungan atau provit. Meski ada output yang didapatkan masyarakat saat PK berlangsung tapi kita juga menargetkan keuntungan jangka panjang,” imbuh Nova.

Sejumlah kegiatan akan mengisi PKA VII, diantaranya pawai budaya, pameran kebudayaan, sejarah, kuliner, produk kreatif, dan bisnis kepariwisataan serta festival seni dan budaya dan lomba atraksi budaya.

Selain itu, PKA VII juga akan diisi dengan seminar kebudayaan kemaritiman serta pemberian anugerah budaya untuk mengapresiasi masyarakat Aceh yang telah berkontribusi melestarikan kebudayaan Aceh.

Untuk menyukseskan kegiatan ini, Wagub mengimbau seluruh masyarakat dan awak media untuk mempromosikan PKA VII.

“Ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengangkat kebudayaan Aceh agar dikenal oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, semua pihak harus terlibat aktif mendukung dan mensukseskan PKA VII termasuk awak media. Info terbaru terkait perkembangan tahapan event ini tentu akan kami sampaikan secara periodik kepada teman-teman media,” pungkas Wakil Gubernur Aceh. []

Editor: Aulia Fitri

Tag:industri kreatifPariwisatapekan kebudayaan acehpka vii
Berita Terkait
  • Sabtu, 06/07/2019 19:44 WIB

    Aceh Culinary Festival Masuk Kategori Top Event Kemenpar

    BANDA ACEH - Aceh Culinary Festival yang menjadi kegiatan tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dalam tiga tahun berturut-turut masuk kategori 100 top event dari Kementerian Pariwisata. "Alham

  • Rabu, 03/07/2019 22:50 WIB

    Aceh yang Menunggu Tumpahan Turis dari Phuket & Langkawi

    BANDA ACEH - Kunjungan wisman ke Aceh menurun drastis pada Mei lalu. Tanah Rencong kini berharap adanya tumpahan wisatawan dari Phuket dan Langkawi. Berdasarkan data dirilis Badan Pusat Statistik (BP

  • Senin, 24/06/2019 06:47 WIB

    Plt Gubernur Aceh Usul Penerbangan Sabang-Phuket-Krabi-Langkawi

    BANGKOK - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengusulkan konektivitas udara dari Sabang, Phuket, Krabi, hingga Langkawi saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-34 ASEAN dan KTT IM

  • Jumat, 05/04/2019 23:07 WIB

    Aceh Promosi Wisata Bahari di Jakarta

    JAKARTA - Provinsi Aceh tidak pernah absen dalam mempromosikan wisata baharinya ke dunia internasional salah satunya dengan andil bagian pada Pameran Deep and Extreme (DXI) Indonesia 2019 yang berlang

  • Rabu, 03/04/2019 11:42 WIB

    "BaSaJan" Bersinergi Kembangkan Industri Pariwisata Aceh

    SABANG - Tiga Pemerintahan yakni, Kota Sabang, Kota Banda Aceh dan Aceh Besar disingkat "BaSaJan" menyepakati kerja melakukan pengembangan potensi industri wisata yang dimiliki tiga daerah tersebut.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir