• Home
  • Ragam
  • Marcella Zalianty Perkenalkan Laksamana Keumalahayati Lewat Komik

Marcella Zalianty Perkenalkan Laksamana Keumalahayati Lewat Komik

Oleh: Redaksi
Selasa, 22/05/2018 10:09 WIB
Dibaca: 77 kali
Foto: kumparan.com
<p><br></p>

JAKARTA - Aktris Marcella Zalianty terpilih menjadi penggagas pembuatan film layar lebar dan komik yang berkisah tentang tokoh laksamana perempuan asal Aceh, yang bernama Keumalahayati.

Menurut perempuan berumur 38 tahun itu, banyak generasi muda yang belum mengenal sosok Keumalahayati. Sehingga, ia memiliki tanggung jawab untuk mengenalkannya pada generasi saat ini.

“Kita juga di sini melihat bagaimana perempuan, saya terinspirasi karena Malahayati memberikan semangat dan inspirasi kepada kita bahwa perempuan bisa menentukan nasibnya sendiri,” ujar Marcella Zalianty saat ditemui di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018).

Istri Ananda Mikola itu berharap dengan adanya komik Keumalahayati, generasi milenial tak hanya menyukai komik-komik yang berasal dari luar negeri, yang saat ini banyak digandrungi oleh bangsa Indonesia. Namun, mereka bisa mencintai pahlawan dari dalam negeri.

“Mudah-mudahan generasi muda bangsa kita khususnya dan anak-anak muda kita tidak hanya mencintai Marvel, superhero Hulk, Captain America dan sebagainya,” ucap Marcella.
“Mereka punya sosok superhero Indonesia yang berasal dari cerita kesejarahan pahlawan yang kita punya itu kenapa tidak?” sambungnya.

Dalam proses penggarapan komik yang diterbitkan oleh Gramedia ini, pemain film ‘Brownies’ tersebut bekerja sama dengan beberapa orang yang telah berpengalaman. Salah satunya adalah Ardian Syaf yang pernah menggarap komik superheroes terbitan Marvel dan DC Comics.

“Mas Ardian biasa bekerja dengan Marvel, bikin komik juga kerja sama dengan beberapa komik Marvel, buat saya sudah saatnya buat kita berkarya untuk Indonesia dan mengangkat tokoh Indonesia,” tutur Marcella.

Menurut Marcella, terdapat beberapa kesulitan ketika menggarap komik yang mengangkat tentang sosok Keumalahayati. Sebab, tokoh tersebut hidup ratusan tahun yang lalu. Mereka pun akhirnya melakukan berbagai riset agar bisa mengenal sosok Keumalahayati.

“Kita tidak bisa menemukan sejarah dari artefak gitu, tapi lebih ke manuskrip dan buku-buku yang ada dan dari buku itu kita menemukan perjalanan sejarah. Tetapi kita tidak pernah menemukan ruang personal dari Malahayati,” katanya.

Meski begitu, ibu dua orang anak ini menemukan sisi positif dari hal tersebut. Keuntungannya adalah mereka jadi memiliki keleluasaan untuk mendramatisasi cerita. Dia juga tak sembarangan dalam menyusun ceritanya.

“Karena bagaimana pun yang saya angkat itu pasti film ‘kan fiksi, pengembangan dari sebuah cerita yang nyata, tokoh yang menginspirasi kita. Tapi saya juga bikin konstruksi sejarahnya itu saya lakukan wawancara narasumber ahli dulu, ahli waris keluarga, sejarawan, semua tokoh aceh kita mintakan pendapatnya,” pungkas Marcella.

Komik 'Keumalahayati' ditulis oleh Edna Caroline Pattisina. Komik itu sudah bisa didapatkan di toko-toko buku nasional mulai hari ini.


Sumber: kumparan.com

Tag:HiburanKomikMarcella ZaliantySelebriti
Berita Terkait
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir