• Home
  • RAGAM
  • Keadaan Ini Bikin Indonesia Terlambat Meningkatkan SDM

Keadaan Ini Bikin Indonesia Terlambat Meningkatkan SDM

Oleh: Redaksi
Minggu, 05/03/2017 19:46 WIB
Dibaca: 231 kali
Foto: ilustrasi/google.com

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR Adang Sudrajat menilai Indonesia saat ini belum memiliki kebijakan bidang ketenagakerjaan yang ideal dan bagus untuk diterapkan. Keadaan ini menjadikan Indonesia menjadi negara yang terlambat meningkatkan kualitas sumber daya manusianya sehingga akan terlibas pada persaingan global di masa yang akan datang.

“Selama saya duduk di Komisi IX ini, saya melihat peta jalan bidang ketenagakerjaan negara ini harus terus dievaluasi dan dilakukan perbaikan agar kedepannya kita tidak terkaget-kaget dengan persaingan SDM dari luar yang akan merangsek ke negara kita akibat perjanjian internasional,” ujar Adang dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/3/2017).

Politisi PKS daerah Pemilihan Jawa Barat II ini menjelaskan selama ini kebijakan pemerintah banyak mengundang investor yang bergerak pada sektor yang menyerap ternaga kerja yang tidak membutuhkan keahlian (unskilled worker). Semakin lama kadaan ini terus berlangsung, akan mengakibatkan bangsa ini makin kehilangan daya saingnya.

Lapangan kerja unskilled, lanjutnya, hingga saat ini secara simultan dan terus-menerus mengakibatkan tidak sinerginya antara proses pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja.

Pada pihak laon, pengangguran yang belum tertampung masih berada pada angka yang cukup tinggi. Hingga akhir tahun 2016, Kementerian Ketenagakerjaan mencatat jumlah pengangguran mencapai 5,5 persen atau sekitar 7,02 juta orang atau lebih rendah dibanding 2015 yakni sebesar 5,81 atau setara dengan 7,45 juta orang.

“Ada sesuatu yang harus dievaluasi secara teliti dan mendetail terkait masalah SDM negara kita,” ungkap dokter Adang.

Sumber: jpnn.com

T#g:PNSSDM
Berita Terkait
  • Jumat, 20/10/2017 18:15 WIB

    Pemerintah Aceh Klarifikasi Status Pegawai yang Tipu 11 CPNS

    BANDA ACEH - Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menipu 11 orang dengan iming-iming dapat meluluskan CPNS ternyata sudah dipecat. Tersangka S (50) dikeluarkan dari Kantor Gubernur Aceh sejak 2016

  • Selasa, 12/09/2017 20:12 WIB

    Seleksi CPNS 2017, MenPAN-RB Jamin Tak Ada Celah Kecurangan

    JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur optimistis seleksi CPNS 2017 bebas KKN. Dia pun yakin CPNS yang lolos adalah orang-orang layak da

  • Sabtu, 09/09/2017 22:58 WIB

    Pendaftaran CPNS Dibuka Senin, Cek Prosedurnya

    JAKARTA - Pendaftaran penerimaan CPNS akan dibuka dua hari lagi, yakni Senin (11/9/2017). Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan pelamar agar proses pendaftaran dapat berjalan dengan lancar.

  • Sabtu, 09/09/2017 11:02 WIB

    Bantu Rohingya, Wali Kota Banda Aceh Keluarkan Sedaran Untuk PNS

    BANDA ACEH - Konflik yang terjadi di Rakhine State yang mengakibatkan etnis Rohingya dibantai oleh Junta Militer Myanmar telah banyak jatuh korban. Berdasarkan itu, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah

  • Rabu, 09/08/2017 11:25 WIB

    Pemprov Aceh Minta Tambahan 3.072 PNS Baru

    BANDA ACEH - Pemerintah Aceh membutuhkan 3.072 pegawai baru untuk ditempatkan diberbagai formasi. Penambahan pegawai ini bertujuan agar kinerja pemerintah Tanah Rencong dapat lebih optimal. Keb

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir