• Home
  • Ragam
  • Jamaah Haji Kini Bisa Dengarkan Ceramah Masjid Nabawi Berbahasa Indonesia

Jamaah Haji Kini Bisa Dengarkan Ceramah Masjid Nabawi Berbahasa Indonesia

Oleh: Redaksi
Sabtu, 28/07/2018 21:19 WIB
Foto: ilustrasi/google.com

MADINAH - Bahasa terkadang menjadi kendala bagi jamaah Indonesia ketika berada di tanah suci. Bahkan banyak jamaah ketika mengikuti tausiah atau ceramah saat salat Jumat atau kajian keagamaan lainnya di Masjid Nabawi sulit mengartikan kalimat yang diucapkan.

Mengatasi kendala tersebut, jamaah tidak perlu khawatir karena saat ini pemerintah Arab Saudi sudah lebih peduli dan mudah merespon apa yang menjadi kebutuhan jamaah haji asal Indonesia ini. 

Selain sudah terpenuhinya papan pengumuman disetiap sudut masjid yang menggunakan bahasa Indonesia (Melayu), juga ketersediaanya penerjemah bahasa saat khutah ceramah yang disiarkan melalui siaran radio.

Ada radio di Masjidiil Haram yang menyetel frekuensi di 90.50 FM, yakni siaran langsung berbahasa Indonesia yang diterjemahkan langsung oleh pihak masjid saat Khutbah Jumat. Sementara itu, bagi jemaah yang ingin mendengar terjemahan khutbah di Masjid Nabawi dapat mendengarkan melalui radio bisa didengar di jalur 99.00 FM. 

Menurut salah satu anggota DKM Masjidil Haram dan Nabawi yang enggan disebut namanya, dengan cara ini jamaah haji dapat memanfaatkan saluran radio yang tersedia di ponselnya. Kemudian, mendengarkannya melalui headset. “Terjemahan akan dimulai saat khatib menyampaikan khutbahnya,” ujarnya. 

Dia pun meminta agar jamaah yang hendak mendengarkan terjemahan khutbah melalui handpone sebaiknya dipersiapkan sebelum khatib memulai khutbah.

Sumber: okezone.com

Tag:bahasa indonesiahajimasjid nabawisiaran radio
Berita Terkait
  • Selasa, 02/06/2020 19:41 WIB

    MPU Aceh Nilai Terlalu Dini Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji 2020

    BANDA ACEH - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh menilai Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama RI terlalu cepat mengeluarkan kebijakan membatalkan keberangkatan jamaah haji Indonesia 2020, m

  • Minggu, 17/05/2020 16:14 WIB

    Cuaca Buruk, 142 Penumpang KM Teluk Sinabang Tertahan di Labuhan Haji

    ACEH SELATAN - Sebanyak 142 orang penumpang Kapal Motor Teluk Sinabang hingga Ahad siang masih berada di Pelabuhan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, setelah kapal yang mengangkut ratusan penumpang

  • Rabu, 29/04/2020 14:51 WIB

    Alhamdulillah, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Akan Dibuka Kembali

    MEKAH - Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais mengumumkan kabar baik kepada umat Islam di dunia bahwa Masjidil Haram dan Masjid Nabawi segera dibuka kembali untuk aktivitas ibadah seperti biasanya. "Saya m

  • Kamis, 16/04/2020 21:35 WIB

    Aceh Segera Punya Qanun Haji dan Umrah

    BANDA ACEH - Sepuluh rancangan qanun (Raqan) masuk dalam program legislasi Aceh (Prolega) 2020 yang akan dibahas DPR Aceh. Salah satunya Raqan tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Ibadah Haji dan U

  • Jumat, 28/06/2019 19:55 WIB

    Calon Jamaah Haji Aceh Masuk Asrama Lebih Cepat

    BANDA ACEH - Jadwal keberangkatan kloter pertama Calon Jemaah Haji (CJH) embarkasi Aceh dipercepat menjadi 20 Juli mendatang. Perubahan jadwal ini menyusul adanya penambahan kuota CJH untuk Indonesia.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir