• Home
  • Ragam
  • Iiih.. Jorok, Pantai di Banda Aceh Dipenuhi Sampah Sedotan Hingga Popok Bayi

Iiih.. Jorok, Pantai di Banda Aceh Dipenuhi Sampah Sedotan Hingga Popok Bayi

Oleh: Redaksi
Sabtu, 09/02/2019 18:40 WIB
Dibaca: 608 kali
Foto: detik.com

BANDA ACEH - Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Banda Aceh melakukan aksi bersih pantai di Banda Aceh. Sampah yang dibersihkan dari sedotan sampai popok bayi.

Pengunjung Pantai Lamtong, di Desa Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh masih membuang sampah sembarangan. Beragam sampah mulai dari sedotan hingga popok bayi ditemukan di lokasi wisata baru tersebut.

Aksi bersih-bersih pantai yang kerap dikunjungi traveler pada sore hari ini dilakukan anggota Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Banda Aceh. Mereka memungut sampah untuk kemudian dimasukkan dalam plastik hitam berukuran besar.

 Beberapa perempuan, menyapu sampah untuk memudahkan dimasukkan ke dalam plastik. Sampah-sampah tersebut ditemukan dibibir pantai hingga disela-sela bebatuan.

"Kami memukan banyak sampah yang sengaja dibuang dicelah-celah batu-batu pemecah ombak di kawasan itu, seperti botol plastik, sedotan, plastik kresek, dan pampers. Ini sangat menganggu kenyamanan pengunjung," kata Ketua DPC HPI Kota Banda Aceh, Siti Jihadun Nufus, Sabtu (9/2/2019).

Menurutnya, kepedulian para pengunjung terhadap kebersihan di objek wisata itu masih sangat kurang. Padahal masyarakat setempat sudah menyediakan tong sampah di lokasi wisata tersebut.

"Sampah yang kami kumpulkan mencapai 20 kantong plastik besar, ini menjadi bukti kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya masih sangat kurang," jelas Jihan.

Jihan menilai, kebersihan sangat penting dalam sektor pariwisata, karena apabila lokasi wisata terkesan jorok wisatawan enggan berkunjung. Dia meminta pengunjung tidak lagi membuang sampah sembarangan.

"Kami meminta tolong mohon dijaga kebersihan objek wisata, karena kalau bukan kita siapa lagi. Kalau kebetulan menemukan sampah di tempat wisata tolong dibawa sampahnya, dan buang ketika sudah menemukan tempat sampah," ujarnya.

"Di lokasi kami tidak melihat adanya tong sampah yang layak, dan ini menjadi catatan penting bagi pemerintah kota, dinas terkait bisa menyediakan tong sampah di lokasi wisata itu," ucap Jihan.

Aksi bersih-bersih pantai yang digelar DPC HPI juga dibantu masyarakat setempat, serta beberapa pengunjung. Kegiatan ini, jelas Jihan, bentuk kepedulian para pemandu wisata untuk kebersihan pantai.

"Kegiatan ini bentuk kepedulian kami terhadap objek wisata yang ada di Kota Banda Aceh, dan ini juga menjadi tanggung jawab kami selaku pemandu wisata," katanya.

Sumber: detik.com

Tag:Banda Acehkebersihan sampahpantai di banda aceh
Berita Terkait
  • Rabu, 17/04/2019 15:12 WIB

    4 Pria di Punge Jurong Kedapatan Bawa Undangan Mencoblos Orang Lain

    BANDA ACEH - Empat pria diamankan petugas di TPS Punge Jurong, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh karena membawa undangan orang lain saat hendak mencoblos. Mereka diamankan ketika memperlihatkan KTP namun

  • Kamis, 14/03/2019 20:17 WIB

    Stasiun Karantina Aceh Musnahkan Ikan Aligator

    BANDA ACEH  - Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Aceh memusnahkan ikan aligator gar atau biasa disebut ikan buaya karena merupakan ikan berbahaya dan bukan asli

  • Rabu, 27/02/2019 19:52 WIB

    Imigrasi Banda Aceh Sidak Pekerja Asing di Perusahaan Semen

    BANDA ACEH - Tim pengawasan orang asing Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke PT Solusi Bangun Andalas (sebelumnya PT Lafarge Cement Indonesia) Lhoknga, Aceh Be

  • Jumat, 22/02/2019 19:05 WIB

    Polresta Banda Aceh Tangkap Tersangka Pencabulan Balita

    BANDA ACEH - Jajaran Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh menangkap seorang anak di bawah umur karena diduga mencabuli balita perempuan. Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto melalui

  • Senin, 18/02/2019 19:19 WIB

    Terdakwa Sabu Minta Dibebaskan dari Hukuman Mati

    BANDA ACEH - Empat terdakwa narkoba jenis sabu-sabu dengan barang bukti mencapai 50 kilogram yang dituntut hukuman mati serta seorang lainnya yang dituntut seumur hidup minta dibebaskan dari hukuman t

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir