• Home
  • Ragam
  • Iiih.. Jorok, Pantai di Banda Aceh Dipenuhi Sampah Sedotan Hingga Popok Bayi

Iiih.. Jorok, Pantai di Banda Aceh Dipenuhi Sampah Sedotan Hingga Popok Bayi

Oleh: Redaksi
Sabtu, 09/02/2019 18:40 WIB
Dibaca: 538 kali
Foto: detik.com

BANDA ACEH - Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Banda Aceh melakukan aksi bersih pantai di Banda Aceh. Sampah yang dibersihkan dari sedotan sampai popok bayi.

Pengunjung Pantai Lamtong, di Desa Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh masih membuang sampah sembarangan. Beragam sampah mulai dari sedotan hingga popok bayi ditemukan di lokasi wisata baru tersebut.

Aksi bersih-bersih pantai yang kerap dikunjungi traveler pada sore hari ini dilakukan anggota Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Banda Aceh. Mereka memungut sampah untuk kemudian dimasukkan dalam plastik hitam berukuran besar.

 Beberapa perempuan, menyapu sampah untuk memudahkan dimasukkan ke dalam plastik. Sampah-sampah tersebut ditemukan dibibir pantai hingga disela-sela bebatuan.

"Kami memukan banyak sampah yang sengaja dibuang dicelah-celah batu-batu pemecah ombak di kawasan itu, seperti botol plastik, sedotan, plastik kresek, dan pampers. Ini sangat menganggu kenyamanan pengunjung," kata Ketua DPC HPI Kota Banda Aceh, Siti Jihadun Nufus, Sabtu (9/2/2019).

Menurutnya, kepedulian para pengunjung terhadap kebersihan di objek wisata itu masih sangat kurang. Padahal masyarakat setempat sudah menyediakan tong sampah di lokasi wisata tersebut.

"Sampah yang kami kumpulkan mencapai 20 kantong plastik besar, ini menjadi bukti kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya masih sangat kurang," jelas Jihan.

Jihan menilai, kebersihan sangat penting dalam sektor pariwisata, karena apabila lokasi wisata terkesan jorok wisatawan enggan berkunjung. Dia meminta pengunjung tidak lagi membuang sampah sembarangan.

"Kami meminta tolong mohon dijaga kebersihan objek wisata, karena kalau bukan kita siapa lagi. Kalau kebetulan menemukan sampah di tempat wisata tolong dibawa sampahnya, dan buang ketika sudah menemukan tempat sampah," ujarnya.

"Di lokasi kami tidak melihat adanya tong sampah yang layak, dan ini menjadi catatan penting bagi pemerintah kota, dinas terkait bisa menyediakan tong sampah di lokasi wisata itu," ucap Jihan.

Aksi bersih-bersih pantai yang digelar DPC HPI juga dibantu masyarakat setempat, serta beberapa pengunjung. Kegiatan ini, jelas Jihan, bentuk kepedulian para pemandu wisata untuk kebersihan pantai.

"Kegiatan ini bentuk kepedulian kami terhadap objek wisata yang ada di Kota Banda Aceh, dan ini juga menjadi tanggung jawab kami selaku pemandu wisata," katanya.

Sumber: detik.com

Tag:Banda Acehkebersihan sampahpantai di banda aceh
Berita Terkait
  • Senin, 18/02/2019 19:19 WIB

    Terdakwa Sabu Minta Dibebaskan dari Hukuman Mati

    BANDA ACEH - Empat terdakwa narkoba jenis sabu-sabu dengan barang bukti mencapai 50 kilogram yang dituntut hukuman mati serta seorang lainnya yang dituntut seumur hidup minta dibebaskan dari hukuman t

  • Kamis, 14/02/2019 23:26 WIB

    UIar Piton Ditemukan Dekat Rumah Warga di Banda Aceh

    BANDA ACEH - Seekor ular piton sepanjang 5 meter ditemukan di belakang rumah warga Banda Aceh. Usai ditangkap, reptil itu dikandangkan.Penangkapan ular piton dilakukan petugas Balai Konservasi Sumber

  • Kamis, 14/02/2019 19:49 WIB

    6 Santri Tenggelam Terseret Arus di Banda Aceh, 3 Orang Tewas

    BANDA ACEH - Enam santri Dayah Al-Ikhlas Desa Lamsayeun, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar tenggelam saat mandi di Pantai Syiah Kuala, Banda Aceh. Semua korban berhasil dievakuasi, dan tiga di antara

  • Senin, 11/02/2019 16:22 WIB

    Satpol PP Banda Aceh Sosialisasi Larangan Perayaan Valentine ke Kafe

    BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengeluarkan seruan larangan perayaan valentine di ibu kota Provinsi Aceh. Satpol PP dan Wilayatul Hisbah (WH/polisi syariat) menggelar sosialisasi te

  • Jumat, 08/02/2019 12:51 WIB

    Polresta Banda Aceh Gagalkan Pengiriman 72 Kg Ganja

    BANDA ACEH - Polisi Resor Kota (Polresta) Banda Aceh berhasil menggagal pengiriman 72 kilogram (kg) ganja dari jasa pengiriman Kantor Pos dan JNE tujuan Jakarta. "Ganja itu ditemukan oleh petugas di

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir