• Home
  • Ragam
  • Eksibisi Temporer Museum Tsunami Siap Warnai Agenda PKA VII

Eksibisi Temporer Museum Tsunami Siap Warnai Agenda PKA VII

Oleh: Redaksi
Rabu, 08/08/2018 18:55 WIB
Dibaca: 910 kali
Disbudpar Aceh
Suasana pameran temporer Smong di Museum Tsunami yang berlangsung hingga malam hari

BANDA ACEH - Meriahnya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII terus terasa, sejumlah titik lokasi agenda terus mempersiapkan diri untuk menyukseskan hajatan akbar kebudayaan Aceh ini yang digelar empat tahun sekali.

Tidak ketinggalan, Museum Tsunami juga akan ikut ambil bagian dalam salah satu agenda, yakni Eksibisi Temporer yang berlangsung mulai 8-15 Agustus di lantai 2 Ruang Pamer Temporer Museum Tsunami. 

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Amiruddin menyebutkan, adanya kegiatan eksibisi temporer dari Museum Tsunami tentu akan lebih mewarnai rangkaian dari PKA VII. 

“Tema dalam eksibisi yang diangkat pun sangat menarik, yakni dengan mengangkat kearifan lokal masyarakat Aceh yang ada di daerah Simeulue yang bertajuk “Smong” Message from The Past,” pungkasnya, Selasa (7/8/2018). 

Amiruddin juga menyebutkan, konsep pameran kali ini dikembangkan dengan teknik visual yang tidak biasa, tentunya dengan menggali informasi berdasarkan koleksi naskah kuno tentang Ie Beuna, Nandong Smong (Yopie dan Iga Mawarni), dan peristiwa gempa dan tsunami Aceh 2004. 

“Nilai-nilai edukasi kebencanaan diperjelas dalam gambar berwarna, diorama bergerak, dan layer-layer yang bercerita. Karena Museum Tsunami adalah museum dari memori kolektif masyarakat terhadap bencana, maka pameran ini lebih menguatkan kontennya kepada oral history bukan object history,” tuturnya. 

Kebijakan mengangkat kearifan lokal, diakui oleh Koordinator Museum Tsunami, Hafnidar disebabkan belum adanya media display untuk Smong, Ie Beuna dan kisah bencana Aceh di museum. 

“Aceh memiliki kearifan lokal yang layak untuk mengedukasi dunia terhadap bencana, belajar dari masyarakat Simeulu yang turun temurun melestarikan budaya bertutur dalam syair tanpa henti,” akuinya. 

Kehadiran agenda eksibisi yang digelar Museum Tsunami juga menjadi bagian untuk mengembalikan kembali museum ke fungsi dasarnya yang sesuai dengan paradigma baru permuseuman dunia. 

“Pameran ini adalah project pertama new management yang mengusung manajemen museum yang inklusif. Kedepannya pameran ini akan menjadi cikal bakal pengembangan media display di museum,” imbuh Hafni.[]

Editor: Aulia Fitri

Tag:museum tsunamipka 7pka vii
Berita Terkait
  • Minggu, 12/08/2018 02:44 WIB

    Angkat Kearifan Lokal, Pameran Temporer Museum Tsunami Diminati Pengunjung

    BANDA ACEH - Pameran Eksibisi Temporer yang berlangsung di Museum Tsunami banyak menarik pengunjung yang datang saban hari, agenda pameran yang mengangkat kearifan lokal Smong dari Simeulue merup

  • Rabu, 08/08/2018 18:43 WIB

    Warga keluhkan tingginya harga parkir di PKA

    BANDA ACEH - Masyarakat yang datang dari berbagai wilayah untuk menyaksikan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 yang berlangsung di Taman Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh mengeluhkan akan tingginya harga

  • Senin, 06/08/2018 17:07 WIB

    Suguhan Budaya Aceh Bius Ribuan Penonton di PKA VII

    BANDA ACEH - Pembukaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII 2017berlangsung istimewa. Beragam suguhan budaya berhasil membius ribuan mata pengunjung Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu (5/8/2018) ma

  • Kamis, 02/08/2018 22:53 WIB

    Ada Festival Krueng Aceh yang Akan Meriahkan PKA VII

    BANDA ACEH - Hajatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII sudah semakin dekat, yang dipastikan akan dimulai 5-15 Agustus 2018 di Banda Aceh, dimana tahun ini mengusung tema “Aceh Hebat dengan Adat Bu

  • Senin, 04/06/2018 20:22 WIB

    Event PKA VII Butuh Dana Rp72 Miliar

    BANDA ACEH - Pemerintah Aceh kembali menggelar event Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) pada Agustus mendatang. Untuk menyelenggarakan event empat tahunan ini, dibutuhkan dana hingga Rp 72 miliar. "Angga

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir