• Home
  • Ragam
  • Dulu Kena Tsunami, Kini Pantai Babah Kuala Tempat Favorit Wisatawan

Dulu Kena Tsunami, Kini Pantai Babah Kuala Tempat Favorit Wisatawan

Oleh: Redaksi
Jumat, 04/10/2019 22:11 WIB
Dibaca: 276 kali
Foto: detik.com

ACEH BESAR - Terletak di ujung Pulau Sumatera memiliki garis pantai yang sangat panjang. Hampir setiap pantai di Aceh ini memiliki pesona yang menawan. Salah satu yang sedang hangat dibicarakan adalah, Pantai Babah Kuala, Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar.

Meski menjadi daerah dampak tsunami terparah 15 tahun lalu, Pantai Babah Kuala kini kembali bangkit menjadi objek wisata bagi para pecinta senja maupun penikmat kopi di pesisir pantai.

Menurut Perangkat Desa Mon Ikeun, Muchsin (46) sejak dulu daerah ini menjadi tempat menikmati akhir pekan bagi para wisatawan mancanegara maupun lokal. Keindahan sunset dan ombak besar menjadi daya tarik tersendiri.

"Potensi inilah yang menjadi dasar bagi kami bangkit mengelola kembali pantai ini menjadi tempat wisata. Itu untuk meningkatkan kembali perekonomian warga," ujarnya..

Pascatsunami ini, dikatakannya, cara pandang masyarakat juga mengalami perubahan. Mereka mulai menilai pentingnya membangkitkan pembangunan desa untuk kesejahteraan bersama.

"Pada awal 2015 hingga 2016 kita mulai pengelolaan wisata pantai ini. Pertama yang kita buat adalah dari sisi parkir, BUMG (Badan Usaha Milik Gampong) ini hadir dalam mengelola parkir untuk kepentingan warga di pesisir pantai," sebutnya.

Muchsin selaku Bendahara Desa Mon Ikeun juga menuturkan di tahun 2020 desanya akan memfokuskan kembali dengan menghadirkan sejumlah inovasi untuk meningkatkan potensi wisata ini.

"Kita rencanakan ke depan di tahun 2020 ini BUMG atau BUMDes akan menghadirkan toko serba ada. Nantinya toko ini akan hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, pegiat wisata, atau pemilik kafe-safe yang ada di sekitar pantai," jelasnya.

Sebagai informasi, Pantai Babah Kuala ini memiliki pasir putih yang terbentang luas. Pantai ini juga sangat bersih dan alami. Saat sore hari kita bisa melihat matahari terbenam dengan mata telanjang. Keindahan inilah yang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Apalagi tepat di pesisir pantai itu juga terdapat penyedia kuliner hingga coffeshop. Sehingga keindahan senja sore hari dengan wangi khas kopi aceh akan terpadu sangat baik. Tak hanya itu, untuk menikmati kehidupan khas Aceh tersedia juga penginapan sejenis homestay yang di kelola oleh masyarakat dengan berkonsep wisata sosial dan budaya.

Sumber: detik.com

Tag:Aceh Besardestinasi wisata acehpantai babah kuala
Berita Terkait
  • Sabtu, 16/05/2020 21:58 WIB

    Hujan Deras, Rumah Warga di Lhoong Kebanjiran

    ACEH BESAR - Tingginya intensitas yang melanda Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar mengakibatkan aliran sungai Krueng Kala meluap sehingga merendam beberapa unit rumah warga di daerah setempat. &

  • Sabtu, 28/03/2020 15:12 WIB

    Bupati Aceh Besar Surati Menhub Minta Bandara SIM Tutup Sementara

    ACEH UTARA - Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyurati Menteri Perhubungan (Menhub) menutup sementara Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM). Penutupan ini untuk mencegah penyebaran virus Coro

  • Kamis, 26/03/2020 10:14 WIB

    Tabrak Pagar Pembatas di Kawasan Seumapet, Kernet Truk Meninggal Dunia

    ACEH BESAR - Seorang kernet meninggal dunia tertimpa besi yang diangkut truk diawakinya setelah kendaraan tersebut menabrak pagar pembatas jalan di kawasan Seunapet, Lembah Seulawah. Kepala Kantor Pe

  • Kamis, 19/03/2020 12:23 WIB

    Kurang Ajar, Pemulung Ini Nekat Cabuli Anak 5 Tahun

    BANDA ACEH - Personel Polresta Banda Aceh menangkap seorang lelaki paruh baya bekerja sebagai pemulung karena diduga mencabuli terhadap anak berusia lima tahun. Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Tri

  • Jumat, 04/10/2019 18:29 WIB

    Polres Banda Aceh Amankan Pria Penjual Kucing Hutan

    BANDA ACEH - Seorang pria di Aceh Besar, berinisial HR (42) ditangkap polisi karena menjual kucing hutan. Dia menjual satwa dilindungi itu seharga Rp 300 ribu per ekor. "Pelaku HR ditangkap di rumahn

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir