• Home
  • Ragam
  • Angkat Kearifan Lokal, Pameran Temporer Museum Tsunami Diminati Pengunjung

Angkat Kearifan Lokal, Pameran Temporer Museum Tsunami Diminati Pengunjung

Oleh: Redaksi
Minggu, 12/08/2018 02:44 WIB
Dibaca: 1.001 kali
Disbudpar Aceh

BANDA ACEH - Pameran Eksibisi Temporer yang berlangsung di Museum Tsunami banyak menarik pengunjung yang datang saban hari, agenda pameran yang mengangkat kearifan lokal Smong dari Simeulue merupakan bagian dari Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII.

Sejak dibuka 8 Agustus lalu oleh Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh bersama Kepala Perpustakaan dan Arsip Aceh Wildan, jumlah pengunjung eksibisi yang berlangsung di lantai 2 ruang pamer temporer Museum Tsunami terlihat ramai dan penuh.

Desainer Eksibisi Cut Putri Kausaria menjelaskan, konsep yang diangkat dalam pameran kearifan lokal yang mengangkat tema "Smong ini memiliki alur cerita dari satu koleksi ke koleksi lainnya.

"Untuk pameran di Museum Tsunami kali ini, kita hadirkan konsep seni yang bercerita dan mampu mengedukasi pengunjung sehingga mereka betah untuk berlama-lama melihat bagaimana tsunami pernah melanda Aceh," ungkap Putri, Jumat (10/8/2018).

Yang membuat tambah menarik, sebut Putri, dalam eksibisi temporer ini tidak hanya menghadirkan informasi lewat tulisan semata, namun dihadirkan pula diorama yang atraktif.

"Diorama layer dihadirkan untuk memberi gambaran dan kesan mendalam mengenai kisah tsunami di Aceh yang mengangkat cerita kearifan lokal, yaitu Smong yang dikenal oleh masyarakat Siemeulu dan Ie Beuna yang juga bahasa yang dipakai masyarakat Aceh secara umum," sebut Putri.

Koordinator Museum Tsunami Hafnidar menyebutkan, kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke museum selama PKA juga meningkat drastis, hal ini terlihat dari banyak agenda yang juga digelar di Museum Tsunami yang terus dipadati pengunjung.

"Selama eksibisi temporer Smong, pengunjung yang hadir tidak hanya sampai sore tapi juga sampai malam. Mengingat khusus lantai 2 ruang pamer temporer kita buka hingga pukul 22.00 WIB dan ini menjadi bentuk dukungan pihak manajemen tsunami juga untuk memberi ruang lebih bagi pengunjung yang ingin melihat pameran," sebutnya disela-sela melayani sejumlah pengunjung.

Hafni juga menambahkan, selama lima hari sejak digelarnya PKA VII, tidak kurang dari enam ribuan pengunjung terus berdatangan ke museum per hari.

"Dari data yang kami himpun mulai dari Selasa (7/8/2018), jumlah pengunjung Museum Tsunami mencapai angka 6.674 orang, termasuk wisatawan dari berbagai negara seperti Inggris, Sudan, Rusia, dan Malaysia," beber Hafni.[]

Editor: Aulia Fitri

Tag:museum tsunamipameran temporerpka 7smongtsunami
Berita Terkait
  • Rabu, 08/08/2018 18:55 WIB

    Eksibisi Temporer Museum Tsunami Siap Warnai Agenda PKA VII

    BANDA ACEH - Meriahnya Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII terus terasa, sejumlah titik lokasi agenda terus mempersiapkan diri untuk menyukseskan hajatan akbar kebudayaan Aceh ini yang digelar empat tahun

  • Rabu, 08/08/2018 18:43 WIB

    Warga keluhkan tingginya harga parkir di PKA

    BANDA ACEH - Masyarakat yang datang dari berbagai wilayah untuk menyaksikan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 yang berlangsung di Taman Sulthanah Safiatuddin Banda Aceh mengeluhkan akan tingginya harga

  • Senin, 06/08/2018 17:07 WIB

    Suguhan Budaya Aceh Bius Ribuan Penonton di PKA VII

    BANDA ACEH - Pembukaan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII 2017berlangsung istimewa. Beragam suguhan budaya berhasil membius ribuan mata pengunjung Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Minggu (5/8/2018) ma

  • Kamis, 02/08/2018 22:53 WIB

    Ada Festival Krueng Aceh yang Akan Meriahkan PKA VII

    BANDA ACEH - Hajatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII sudah semakin dekat, yang dipastikan akan dimulai 5-15 Agustus 2018 di Banda Aceh, dimana tahun ini mengusung tema “Aceh Hebat dengan Adat Bu

  • Senin, 28/05/2018 15:41 WIB

    Tsunami Pernah Melanda Aceh 7.400 Tahun Lalu

    BANDA ACEH - Selain bencana tsunami yang melanda Aceh tahun 2004 lalu, ternyata Aceh juga pernah mengalami bencana serupa sekitar 7.400 tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya sebuah g

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir