• Home
  • PERISTIWA
  • Weh Island Night (WIN) Carnival 2017 Berlangsung Meriah

Weh Island Night (WIN) Carnival 2017 Berlangsung Meriah

Oleh: Redaksi
Jumat, 01/12/2017 13:21 WIB
Dibaca: 37 kali
Foto: jpnn.com

SABANG - Kirab dan pawai budaya Weh Island Night (WIN) Carnival 2017 yang digelar dalam rangka  memeriahkan Sail sabang 2017 berlangsung sukses dan meriah.

Ribuan masyarakat Sabang tumpah ruah di jalan-jalan untuk menyaksikan peserta kirab yang tampil dengan berbagai kostum budaya yang  indah, unik dan menarik.

Tua, muda hingga anak-anak memadati  jalan-jalan seakan tak ingin melewatkan moment yang belum tentu setahun sekali mereka dapatkan. Diawali dari penampilan kelompok marchingband Akademi Angkatan Laut, kirab yang melibatkan lebih dari 1200 peserta itu pun dimulai.

Mereka berjalan dari lapangan Yos Sudarso hingga ke area Sabang Fair. Banyak kostum yang unik-unik dari para peserta kirab seperti kostum wanita dengan hiasan kepala berbentuk masjid raya Baiturrahman, sepeda motor dengan hiasan berbentuk perahu layar dengan dibelakangnya dihiasi  bentuk kerang raksasa, dan lain-lain.

"Kegiatan ini mendorong karya-karya seniman dan desainer Sabang dan Aceh umumnya agar muncul dan lebih dikenal. Mereka memiliki kemampuan yang luar biasa, acara ini bisa menjadi ajang untuk berkreasi dan menjadi pesona bagi para wisatawan asing yang hadir," ujar Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti.

Usai pawai budaya, masyarakat Sabang kembali disuguhkan karya-karya kreatif desainer Sabang dalam fashion competion yang menampilkan kostum-kostum unik nan indah. Tak hanya itu mereka juga disuguhkan atraksi barongsai yang sempat merebut perunggu pada PON 2016 di Jawa Barat,

"Saya berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung acara ini dan juga masyarakat Sabang dan wisatawan yang begitu antusias menyambut kegiatan ini. Semoga acara ini bisa berlanjut dan rutin setiap tahun, sehingga ke depan bisa menampilkan yang lebih baik dan menarik lagi," ujar Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Budaya Kemenpar Wawan Gunawan dalam sambutannya, Rabu (29/11) malam.

Menurut Wawan, ternyata di sabang banyak desainer yang memiliki potensi. Sayangnya mereka bagai mutiara dalam lumpur yang belum mendapat kesempatan untuk muncul kepermukaan. Melalui Sail Sabang 2017 inilah mereka mendapat ruang berkreasi dan kesempatan promosi.

Dalam fashion competision, desainer Nabil Kartin merebut hadiah utama lewat kostum bertema pesona bawah laut pulau rubiah.Ia pun berhak memperoleh uang sejumlah Rp 8 juta.

"Saya tidak menyangka bakal mendapat hadiah utama. Memang saya sengaja mengambil tema bawah laut pulau rubiah karena ingin sekaligus mempromosikan keindahan bawah laut sabang. Terlebih di moment Sail Sabang ini yang mendapat perhatian luas," ujar Nabil.

Weh Island Night (WIN) Carnival yang berlangsung sore hingga malam pada Rabu (29/11/2017) memang menjadi rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017. Di acara ini masyarakat membludak menandakan antusiasme yang tinggi. Tentu akan semakin cetar membahana lagi pada acara puncak Sail Sabang 2017 yang bakal dihadiri Presiden RI Joko Widodo pada 2 Desember mendatang.

"Wisatawan harus merasakan kenyamanan dan keindahan yang berkesan selama di Sabang, masyarakat juga harus sama-sama menjaga kebersihan agar alam tetap indah selama event ini berlangsung. Karena, pariwisata itu semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan, dan saat ini Sabang harus bisa memanfaatkan momentum Sail Sabang 2017 ini dengan baik,"ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Sumber: jpnn.com

T#g:Pulau WehSail SabangWisata Aceh
Berita Terkait
  • Minggu, 10/12/2017 13:11 WIB

    Udara, Air, dan Darat Menuju Sabang

    SABANG - "Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau. Sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia." Sepotong lagu nasional berjudul 'Dari Sabang Sampai Merauke' cipt

  • Kamis, 07/12/2017 14:58 WIB

    Buang Sampah di Pulau 'Perawan' Aceh Ini, Siap-siap Kena Sanksi

    ACEH SINGKIL - Destinasi wisata Pulau Banyak, Aceh Singkil ibarat perawan di ujung barat Indonesia. Keindahannya yang alami perlu dirawat untuk menarik wisatawan dan perlu sanksi tegas jika ada yan

  • Rabu, 06/12/2017 22:29 WIB

    Tagar "#PenutupanSailSabang" Tandai Berakhirnya Sail Sabang 2017

    SABANG - Sebanyak 8 anggota Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Aceh hadir dan aktif mencuit di linimasa Twitter setiap rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017 yang dilaksanakan sejak 28 November - 5 Des

  • Senin, 04/12/2017 21:31 WIB

    TNI AL Berikan Layanan Kesehatan kepada 2.886 Masyarakat Pulau Weh

    SABANG - Satuan tugas (Satgas) operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya ke-66 TNI AL memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat Pulau Weh, Sabang, Senin (4/12/2017). Kapal Rumah Sakit TNI AL KRI dr So

  • Minggu, 03/12/2017 17:38 WIB

    Imbas Sail Sabang, Wisata Selam di Aceh Makin Cool

    SABANG - Sabang Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 ikut berimbas ke wisata selamnya, amornya makin ngehits. Bahkan menjadi salah satu itinerary wajib para wisatawan saat traveling. Spot-spot snorklin

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir