Waspadai Hujan Lebat Angin Kencang di Aceh

Oleh: Redaksi
Senin, 30/07/2018 23:46 WIB
Dibaca: 697 kali
Foto: tribunnews.com

BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Blang Bintang di Aceh Besar mengimbau, supaya masyarakat berhati-hati dan mewaspadai hujan lebat dan angin kencang di sejumlah daerah sepanjang pekan ini di Provinsi Aceh.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Aceh bagian Utara, Barat, dan Selatan," ucap Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang, Rahmad Tauladani di Aceh Besar, Senin (30/7/2018). 

Menurutnya, peristiwa cuaca yang begitu ekstrem akhir-akhir ini melanda beberapa daerah terutama Barat dan Selatan di Aceh, seperti gelombang pasang di bibir pantai akibat gerhana bulan total menjelang akhir pekan lalu. 

Selain itu, ia melanjutkan, adanya pusat tekanan rendah di sekitar Samudera Hindia, terutama perairan Barat di Sumatera dan indikasi masih aktifnya aliran massa udara basah dari Samudera Hindia yang masuk ke wilayah Indonesia bagian Barat dan Tengah. 

Hal ini memberikan pengaruh terhadap pola cuaca, yakni meningkatkan suplai uap air yang akan memberi kontribusi pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di wilayah Aceh, terutama Barat dan Selatan. 

"Padahal, dewasa ini merupakan puncak musim kemarau. Namun hadirnya peristiwa ini, setidaknya untuk sementara sejumlah daerah di Aceh yang rawan terbakar, bisa di bilang masih aman," katanya. 

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang, Zakaria Ahmad di sela-sela kegiatan donor darah mengatakan, gelombang tinggi mencapai lima meter masih melanda perairan di provinsi paling Barat di Indonesia ini. 

"Gelombang tinggi sekitar lima meter berpotensi di Samudera Hindia sebelah Barat Aceh, dan Barat-Selatan Aceh," ucapnya, sembari menyebut 30 kantong darah yang di dapat dari acara donor darah di Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang yang akan disumbang ke PMI setempat. 

Sedangkan perairan Sabang-Banda Aceh dan Selat Malaka bagian Utara masing-masing berpotensi gelombang laut mencapai empat meter, dan Utara-Timur Aceh setinggi 3,5 meter. 

"Masyarakat diimbau tetap waspada, dan berhati-hati akan dampak yang dapat timbul, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan air, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," ucap Zakaria.

Sumber: Antara

Tag:Angin KencangCuacacuaca di acehhujan lebat
Berita Terkait
  • Jumat, 28/06/2019 22:59 WIB

    BMKG ingatkan waspadai hujan batu es di Aceh

    BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar masyarakat mewaspadai potensi hujan batu es yang merupakan dampak dari cuaca ekstrem yang dalam dua pekan terakhir m

  • Selasa, 25/06/2019 15:40 WIB

    Cuaca Buruk, Seluruh Pelayaran Banda Aceh-Sabang Dihentikan

    BANDA ACEH - Pelayaran dari Banda Aceh menuju Sabang dan sebaliknya dihentikan sementara akibat ombak tinggi dan angin kencang. Kapal kembali berlayar besok pagi. "Seluruh pelayaran hari ini kita h

  • Selasa, 25/06/2019 11:22 WIB

    Korban Angin Kencang di Bireuen Terima Bantuan dari Pemerintah Aceh

    BIREUEN - Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh menyalurkan bantuan berupa sandang dan pangan serta bantuan bahan bangunan bagi korban angin kencang yang melanda di Kabupaten Bireuen, Senin (24/6

  • Senin, 24/06/2019 20:40 WIB

    Angin Kencang Melanda Aceh, Kecepatan 80 km/Jam

    BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh memperkirakan, kecepatan angin kencang melanda yang sejumlah wilayah di Provinsi Aceh mencapai 80 kilometer per jam. "Kecepatan

  • Minggu, 23/06/2019 15:22 WIB

    18 Rumah Rusak Akibat Angin Kencang di Bireuen

    BIREUEN - Cuaca buruk berupa angina kencang dan hujan deras yang melanda Kabupaten Bireuen pada, Sabtu (22/6/2019) malam mengakibatkan 18 unit rumah dan enam unit rumah toko (Ruko) rusak parah akibat

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir