• Home
  • Peristiwa
  • Warganya BAB Sembarangan, Kota Sinabang Masuk Kategori Daerah Tidak Sehat

Warganya BAB Sembarangan, Kota Sinabang Masuk Kategori Daerah Tidak Sehat

Oleh: Redaksi
Jumat, 18/01/2019 19:20 WIB
Dibaca: 148 kali
Foto: Ilustrasi/google.com

SINABANG - Kota Sinabang, ibukota Kabupaten Simeulue, dinyatakan salah satu kawasan yang tidak bersih dan tidak sehat dengan kategori daerah rawan buang air besar (BAB) sembarangan.

Predikat wilayah tidak bersih dan tidak sehat itu dikarenakan warganya terbiasa buang hajat atau BAB ke sejumlah Daerah Air Sungai (DAS) dan juga kawasanTeluk Sinabang. 

"Kota Sinabang, selaku ibukota Kabupaten Simeulue, masih status kategori tidak bersih dan tidak sehat, sebab warganya masih buang hajat atau BAB sembarangan dan serampangan, serta sejak tahun 2017-2018," kata Kepala Dinas Kesehatan Simeulue, Asludin, Kamis (17/1/2019).

Dari 138 Desa di 10 kecamatan, hanya 17 desa yang berhak menyandang status Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) itu berdasarkan hasil penilaian dan survei pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue, sejak tahun 2017. 

Asludin merincikan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), tidak buang hajat atau mengalirkan hasil tinja dari bak bak penampung atau septic tank yang dibuang ke sungai atau kelaut, serta tidak membuang limbah cair atau limbah rumah tangga ke sungai dan laut, termasuk pengolahan sampah.

Adapun 17 desa yang telah berstatus Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sejak tahun 2017-2018 itu, di Kecamatan Simeulue Tengah yakni desa Laure'e. desa Wel - Wel. Desa Lambaya. Desa Kuta Baru dan Suak Baru. Selanjutnya Kecamatan Simeulue Cut, yakni desa Kuta Padang dan Desa Bubuhan . 

Kecamatan Salang, yakni desa Suak Manang. Desa Tameng dan desa Kenangan Jaya. Kecamatan Teupah Selatan yakni desa Trans Baru. Kecamatan Teluk Dalam yakni, desa Gunung Putih dan desa Babussalam. Kecamatan Teupah Barat yakni Desa Inor. Kecamatan Simeulue Barat yakni desa Lamamek Dan desa Sinar Bahagia dan terakhir Kecamatan Teupah Tengah yakni Desa Busung. 

Menanggapi Kota Sinabang dan sekitar yang berstatus kategori buang hajat sembarangan dan belum berhak mendapat label Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mendapat reaksi dari Dodi Juliardi Bas, Camat Simeulue Timur. 

"Saya baru mengetahuinya hari ini, dan selama ini pihak Dinkes tidak memberitahukan atau sosialisasi, sehingga kita tidak tahu indikator apa yang digunakan oleh mereka, sehingga Kota Sinabang dan sejumlah desa yang ada di Kecamatan Simeulue Timur tidak mendapat status Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," katanya.

Sumber: Antara

Tag:buang air besarsimeuluesinabang
Berita Terkait
  • Rabu, 11/09/2019 15:02 WIB

    Perwira Tinggi Asal Simeulue Terima Penghargaan dari Panglima TNI

    JAKARTA - 91 Perwira Tinggi (Pati) TNI, menerima tanda kehormatan dari negara berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia, yang disematkan langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjah

  • Senin, 09/09/2019 14:47 WIB

    Kabar Duka, Kajari Simeulue Meninggal Dunia di Banda Aceh

    BANDA ACEH - Innalillahi wainna ilaihi rajiun...Kabar duka datang dari korp adyaksa di Aceh. Senin pagi, 9 September 2019, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Simeulue, Kahar Muzakkir, tutup us

  • Selasa, 16/04/2019 17:18 WIB

    Disnaker Lebak Banten Buka Program Transmigrasi ke Simeulue

    LEBAK - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Lebak membuka peluang kepada masyarakat di daerah itu untuk transmigrasi ke wilayah Kabupaten Simeulue. "Kita berharap peluang ini memberikan kesempata

  • Minggu, 10/03/2019 11:02 WIB

    Kapal Pesiar Silver Discoverer Akan Sambangi Simeulue

    SIMEULUE - Kapal Pesiar Silver Discoverer yang membawa puluhan wisatawan mancanegara akan singgah kembali di daerah tersebut untuk membawa para tamunya menikmati keindahan alam di Kabupaten Simuelue p

  • Rabu, 16/01/2019 22:50 WIB

    KIP Aceh Ambil Alih Tugas Komisioner di Tiga Kabupaten

    BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengambil alih tugas komisioner di tiga KIP kabupaten di provinsi itu menyusul masih terjadinya kekosongan keanggotaan lembaga penyelenggara pemilih

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir