Warga Pulau Banyak Barat Kesulitan Akses Internet

Oleh: Redaksi
Senin, 18/06/2018 10:58 WIB
Dibaca: 88 kali
Foto: ilustrasi/google.com

ACEH  SINGKIL - Warga Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil, masih kesulitan dalam mengakses jaringan internet, sehingga bila benar-benar penting dalam pengiriman file terpaksa bergerak ke tengah laut.

Herlin, salah seorang pekerja sosial yang terkoneksi langsung dengan Kementrian Sosial kepada wartawan di Singkil, Minggu (17/6/2018) mengatakan sangat kesulitan jika harus mengirim data laporan ke server Kementerian Sosial, karena harus menempuh jarak sekitar 30 menit untuk mencari sinyal dengan perahu. 

Herlin menuturkan, jaringan internet baru bisa dirasakan minimal ketika sudah memasuki desa Ujung Sialit yang jarak perjalanannya dengan pusat Kecamatan Pulau Banyak Barat hampir 45 menit menggunakan perahu mesin. 

"Saya pernah hampir setiap hari ke tengah laut mendekati Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak untuk mencari jaringan, hanya untuk mengirim satu file berisikan dokumen kependudukan, karena sangat penting," ujar Herlin. 

"Bagaimana bisa berkembang jika hal kecil seperti jaringan internet tidak masuk ke Pulau Banyak Barat. Padahal, lokasi ini salah satu destinasi wisata bahari yang cukup ramai dikunjungi Wisatawan manca negara," tukas Herlin. 

Pemerintah kurang cerdas dalam mengikuti perkembangan telekomunikasi internet, padahal mempromosikan suatu destinasi ke dunia maya lebih menjanjikan melalui internet di era milenial ini," kata dia. 

Kemudian, Herlin juga mengutarakan beberapa bulan lalu, ia sudah mengusulkan hal itu ke Diskominfo Aceh Singkil yang dipimpin Ahmad Rivai, agar jaringan di Kecamatan Pulau Banyak Barat diperbaruhi. Namun, usulan itu belum juga dipenuhi. 

"Sudah saya usulkan, tapi sampai saat ini belum ada tanggapan yang serius," katanya. 

Sebagaimana diketahui, penduduk Pulau Banyak Barat sudah melebihi 3.000 jiwa. Akses dari Kabupaten Aceh Singkil sekitar ?perjalanan untuk ke kecamatan ini melalui perjalanan laut menempuh waktu 4 jam menggunakan kapal cepat. 

Di kecamatan itu banyak destinasi wisata bahari yang berkelas internasional, salah satunya, di Pulau Bangkaru terdapat lokasi surfing dan sebagai tempat konservasi penyu hijau dan belimbing yang amat langka. 

Kemudian, pulau-pulau indah seperti Pulau Lamun, Pulau Balung, Tailana dan pulau sekitarnya, yang memiliki pesona bawah laut yang cukup indah. 

Padahal, sebagian warganya memiliki pekerjaan yang mengharuskan terkoneksi dengan internet. 

Apalagi, warga di sana rata-rata sudah memiliki ponsel smartphone. Namun, tak ada jaringan pendukung. Saat ini hanya ada jaringan Telkomsel 2G atau Edge GPRS. Cukup untuk bisa menelpon dan kirim pesan SMS. Itupun kadang mengalami jaringan yang buruk. 

"Artinya, dari 11 kecamatan di Kabupaten Aceh singkil, hanya Kecamatan Pulau Banyak Barat yang tidak terakses internet," ungkapnya.

Sumber: Antara

Tag:Aceh SingkilFasilitas Internet
Berita Terkait
  • Senin, 14/01/2019 19:00 WIB

    Wow, Pulau di Aceh Singkil Ini Mirip Dalam Film Spongebob

    ACEH SINGKIL - Penggemar kartun anak-anak Spongebob pasti sangat kenal dengan Bikini Bottom, sebuah kota bawah laut yang menjadi tempat tinggal Spongebob dan teman-temannya.Jika dilihat dari permukaan

  • Selasa, 08/01/2019 10:43 WIB

    Buaya Berjemur di Tepi Sungai Aceh Singkil Bikin Geger Warga

    BANDA ACEH - Warga Aceh Singkil, Aceh, geger oleh penampakan seekor buaya yang sedang berjemur. Lokasi tersebut selama ini memang dikenal sebagai habitat buaya.  Video yang memperlihatkan seekor

  • Kamis, 19/07/2018 15:51 WIB

    Tim SAR Singkil Terus Cari Nelayan Hilang

    ACEH SINGKIL - Tim SAR dibantu Panglima Laot (lembaga adat laut) terus melakukan pencarian terhadap Bakhtar (58), nelayan Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, yang hilang di lautan lepas, S

  • Rabu, 13/06/2018 17:01 WIB

    Gara-gara Mercon, Kakek Nenek di Aceh Singkil Kena Amuk

    ACEH SINGKIL - Sepasang kakek dan nenek, Ahmad Prayan (60) dan Lisma Wati (60) jadi korban amuk warga di Dusun Lae Ijuk, Suka Makmur, Aceh Singkil hanya gara-gara melarang mereka untuk membakar petasa

  • Sabtu, 26/05/2018 12:29 WIB

    Polisi Singkil Tangkap 4 Pelaku Narkoba

    SUBULUSSALAM - Satresnarkoba Polres Aceh Singkil menangkap empat orang pelaku penyalahgunaan Narkoba jenis ganja seberat 75,45 gram di Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam. Kapolres Aceh Singk

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir