Warga Harap Pengerjaan Jembatan Tingkeum Dikebut

Oleh: Redaksi
Sabtu, 10/06/2017 20:19 WIB
Dibaca: 146 kali
Jalan alternatif karena jembatan tingkeum harus dibongkar karena rusak. (Foto: detik.com)
Jalan alternatif karena jembatan Tingkeum di Kecamatan Kutablang Kabupaten harus dibongkar karena rusak. (Foto: detik.com

BIREUEN - Para pemudik yang melintasi jalur Medan-Banda Aceh, tepatnya di kawasan Tingkeum, Kecamatan Kuta Blang, Kabupaten Bireuen, terpaksa harus melalui jalur alternatif. Jalur tersebut dibuat setelah jembatan penghubung lintasan rusak diterjang banjir beberapa bulan lalu.

Sejak jembatan dibongkar, pemudik tahun ini yang bepergian selain dengan sepeda motor harus memutar jalan. Sementara itu untuk pengendara sepeda motor sudah dimudahkan, yakni hanya membayar Rp 5 Ribu para pemudik sudah bisa menyeberang dengan perahu modifikasi yang dibuat warga.

Untuk rute dari arah Banda Aceh-Medan, para pemudik harus melewati Desa Tingkeum Baro, Pulo Reudeup, Geulanggang, Muenje, Cot Ara, Mon Kelayu, jalan Samuti Aman, dan terakhir ke ujung jembatan sebelah timur.

Kondisi jalur ini pada belum teraspal. Ada sekitar 8,5 kilometer rutenya. Pada musim penghujan, badan jalannya sangat becek sedangkan pada musim kemarau debunya beterbangan.

Sementara rute jalur alternatif dari arah Medan menuju Banda terpaksa memutar jalan sepanjang 8 km dengan melintasi jalan Desa Tingkeum Manyang, Blang Mee, Pante Baro, Kubu, melewati jembatan rangka baja Pante Lhong terus ke simpang empat Gie Kapal, dan kembali ke jalan nasional.

"Lumayan jauh, saya harus memutar dulu. Belum lagi jalannya berdebu, sempit dan bergelombang," kata seorang warga, Taufan, Sabtu (10/6/2017).

Taufan yang mudik dengan tujuan Medan itu sempat kewalahan. Namun tidak ada alternatif lainnya dan terpaksa harus ikut sesuai yang telah diarahkan.

Taufan berharap agar pemerintah segera melakukan pengerjaan jembatan baru sehingga lintasan nasional kawasan tersebut kembali aktif.

"Semoga cepat selesai jembatan barunya. Untuk jalan alternatif kalau bisa di aspal supaya sedikit nyaman," tambah Taufan. 

Sumber: detik.com

T#g:BireuenJembatan TingkeumKutablang
Berita Terkait
  • Kamis, 07/09/2017 20:16 WIB

    BEI Ajak Warga Desa di Aceh Jadi Investor Pasar Modal

    JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus menyasar warga desa untuk menjadi investor pasar modal melalui program Desa Nabung Saham. Dalam waktu dekat, regulator pasar modal itu akan  menge

  • Sabtu, 08/07/2017 15:54 WIB

    Yonif 113 di Bireuen Akan Jadi Batalyon Raider

    BIREUEN - Sebanyak 538 personel Yonif 113/JS mengikuti pemeriksaan kesehatan dalam rangka Latihan Pembentukan Batalyon Raider di Mako Yonif 113/JS, Juli Kabupaten Bireuen, Jumat (7/7/17). Danto

  • Rabu, 14/06/2017 23:33 WIB

    Edarkan 500 Butir Ekstasi di Bireuen, 1 Orang Dibekuk Polisi

    BIREUEN - Petugas dari Satuan Narkoba Polres Bireun menangkap BU (38) saat sedang bertransaksi jual-beli narkoba jenis ekstasi. BU berhasil ditangkap, sedangkan dua rekannya diketahui kabur. &q

  • Kamis, 08/06/2017 16:21 WIB

    Kacau! Sipir Rutan Bireuen Tertangkap Basah Edarkan Sabu

    BIREUEN - Satuan Reserse Narkoba Polres Bireuen berhasil mengamankan pengedar narkotika jenis sabu di dalam Rutan Cabang Bireuen. Tersangka diketahui merupakan sipir Rutan setempat. Sebelum men

  • Jumat, 19/05/2017 23:15 WIB

    Ketua Persit Kodim Bireuen Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

    BIREUEN - Ketua Persit Kartika Chandara Kirana Cabang XXXIV Kodim 0111/Bireuen Ny Adekson beserta para pengurusnya memberikan bantuan secara simbolis kepada para korban kebakaran di Dusun Lagang De

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir