Warga Aceh Harus Tunggu 25 Tahun untuk Pergi Haji

Oleh: Redaksi
Rabu, 20/02/2019 21:49 WIB
Dibaca: 141 kali
Foto: ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Aceh menyebut, lamanya masa menunggu bagi calon haji asal provinsi tersebut hingga 25 tahun setelah seorang mendaftar haji.

"Waiting list (daftar tunggu) bagi calon haji untuk musim haji mendatang, masa antriannya di atas 24 tahun," kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh Daud Pakeh usai melantik delapan pejabat di lingkungannya di Banda Aceh, Rabu (20/2/2019).

Ia mengaku jumlah mereka yang mendaftar terlihat di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) untuk menjadi calon haji asal Aceh pekan lalu telah berjumlah 105.782 orang.

Dengan calon haji terakhir yang mendapat nomor porsi 100169634 dengan berasal dari 23 kabupaten/kota di provinsi paling barat Indonesia ini.

Ia menjelaskan, tahapan penyelenggaraan ibadah haji untuk musim haji tahun ini telah dimulai sejak kembalinya jamaah haji tahun lalu ke Tanah Air.

"Persiapan pelaksanaan haji tahun 1440H/2019M sudah dilakukan di Seksi Haji Kantor Kemenag kabupaten/kota dengan mengirimkan lembar merah ke Kanwil, sebagai bukti setoran awal calon jamaah haji," terangnya.

Dewasa ini, lanjutnya, beberapa kabupaten/kota di Aceh telah melaksanakan manasik untuk musim haji tahun ini di antaranya Aceh Utara, Aceh Tamiang, dan Banda Aceh.

"Saat ini sedang dilakukan persiapan perampungan administrasi paspor calon haji. Beberapa di antaranya sudah mengumpulkan, dan memberikan sampul paspor. Ada juga yang sudah melakukan proses pembuatan paspor di Kantor Imigrasi," jelas Daud.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Aceh, Samhudi menambahkan, pihaknya dewasa ini masih menunggu jumlah total dari keseluruhan calon haji asal provinsi tersebut untuk di berangkatkan musim haji tahun ini.

"Jumlah total dari keseluruhan jamaah, baik jumlah kloter dan gelombang penerbangannya, kami masih menunggu pengumuman kuota haji 2019 secara resmi melalui keputusan Menteri Agama," katanya.

Sumber: Antara

Tag:jamah haji acehOrang Aceh
Berita Terkait
  • Rabu, 13/03/2019 17:39 WIB

    4 Kg Sabu Asal Aceh Gagal Masuk Surabaya, Dua Pengedarnya Dibekuk

    SURABAYA - Dua pengedar sabu diringkus. Dari mereka disita sabu sebanyak 4 kg. Kasus ini ditangani Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim. Kedua tersangka adalah Ridwan (46), warga Lhokseu

  • Senin, 18/02/2019 13:02 WIB

    Diupah Rp 6 Juta, Kurir 2 Kg Sabu Asal Aceh Ditangkap di Palembang

    PALEMBANG - Pria berinisial ZN (36) ditangkap Badan Narkotika Nasional (BNN) di Sumatera Selatan. Kurir sabu 2 kilogram ini mengaku diberi upah Rp 6 juta sekali antar. "Kami tadi malam menangkap seor

  • Rabu, 28/11/2018 20:05 WIB

    Simpan Sabu di Sepatu, Warga Aceh Diringkus di Bandara KNIA

    DELISERDANG - M Khaldun (35) warga Aceh diringkus petugas keamanan (Avsec) di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), karena menyimpan sabu dalam sepatu,

  • Senin, 03/09/2018 17:27 WIB

    Demi Modal Nikah Putranya, Ayah di Aceh Jadi Kurir 1 Kg Sabu

    PALEMBANG - Seorang kakek asal Aceh, Nazir Ben (64), ditangkap karena nekat menjadi kurir 1 kilogram sabu. Kepada polisi, Ben mengaku nekat menjadi kurir demi modal nikah putranya. "Saya diupah Rp

  • Senin, 25/06/2018 20:37 WIB

    2 Penumpang Asal Bireuen Ditangkap karena Membawa 1,5 Kg Sabu

    DELISERDANG - Petugas bandara Kualanamu International Airport (KNIA), Deliserdang, menangkap dua orang penumpang pesawat Citilink tujuan Kualanamu-Makassar, Senin (25/6/2018). Kedua penumpang berinsi

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir