• Home
  • Peristiwa
  • Warga Aceh Diimbau Salat Khusuf Saat Gerhana Bulan

Warga Aceh Diimbau Salat Khusuf Saat Gerhana Bulan

Oleh: Redaksi
Selasa, 16/07/2019 21:16 WIB
foto detik.com

BANDA ACEH - Gerhana bulan akan terjadi di Indonesia dini hari nanti. Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh mengajak masyarakat untuk melaksanakan salat khusuf saat fenomena gerhana bulan terjadi.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Aceh untuk melaksanakan ibadah salat sunnah khusuf di masjid-masjid, musala atau tempat keramaian lainnya pada waktu terjadi gerhana. Masyarakat juga dapat melaksanakan shalat khusuf hingga waktu menjelang subuh," kata Kakanwil Kemenag Aceh, M. Daud Pakeh dalam keterangan tertulis, Selasa (16/7/2019).

Gerhana bulan terjadi pada Rabu (17/7/2019) sekitar pukul 03.00 WIB dimulai dengan gerhana bulan parsial. Posisi matahari, bumi, dan bulan berada pada garis lurus atau digaris imajiner.

Menurut Daud, Kemenag Aceh telah mengirimkan surat imbauan ke kabupaten/kota tentang tata cara salat khusuf. Hal itu untuk memudahkan masyarakat melaksanakan salat gerhana.

"Salat khusuf dapat dilakukan berjemaah maupun sendirian sebanyak dua rakaat dan pada setiap rakaat terdiri dari dua kali rukuk," kata Daud Pakeh.

"Mari memperbanyak takbir, istigfar, zikir, doa, dan shadaqah dalam rangka mengingat keagungan Allah SWT," jelas Daud.

Sementara itu, tim Pakar Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, mengatakan gerhana bulan parsial dimulai pukul 03.01 WIB ditandai dengan bagian bulan purnama sedikit demi sedikit akan menjadi gelap. Puncaknya pada pukul 04.31 WIB ditandai dengan sebagian bulan akan menjadi gelap dan sebagian lagi tetap terang.

Gerhana bulan sebagian ini akan berakhir pukul 05.59 WIB, yaitu sekitar 50 menit setelah azan subuh berkumandang di Kota Banda Aceh.

"Gerhana bulan jenis ini dapat diamati dengan menggunakan mata telanjang maupun teleskop. Namun, karena terjadi dini hari, kita tidak melakukan pengamatan secara terbuka, tapi kita dapat menyaksikan langsung peristiwa agung tersebut," papar Alfirdaus. 

Sumber: detik.com

Tag:gerhana bulanshalat khusufwarga aceh
Berita Terkait
  • Jumat, 19/06/2020 18:58 WIB

    Warga Aceh Diminta Gelar Salat Sunah Saat Gerhana Matahari Cincin

    BANDA ACEH - Gerhana matahari cincin diprediksi terjadi lusa. Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh mengajak warga untuk menggelar salat sunah saat gerhana terjadi. "Kita harap masyarakat m

  • Kamis, 18/06/2020 14:43 WIB

    Fenomena Langka, Warga Aceh Bisa Lihat Gerhana Matahari dan Bulan Dalam Sehari

    BANDA ACEH - Fenomena alam super langka dua gerhana akan terjadi sepanjang Juni 2020. Fenomena pertama Gerhana Bulan Penumbra, kedua Gerhana Matahari Parsial dan kedua gerhana itu diprediksi akan meli

  • Rabu, 03/06/2020 18:40 WIB

    Bekerja di Kapal Asing, ABK Asal Aceh Dilaporkan Sudah Meninggal Dunia

    BANDA ACEH - Seorang anak buah kapal (ABK) asal Gampong Rawa, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie, bernama Fadhil (26) yang bekerja di kapal asing dilaporkan hilang sejak November 2019. Rusli Ahmad (53)

  • Selasa, 28/04/2020 21:45 WIB

    Pemerintah Aceh akan Salurkan 10.000 Paket Bantuan Untuk Warganya di Malaysia

    BANDA ACEH - Pemerintah Aceh telah mengirimkan surat kepada Kepala BNPB selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo dan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi terkait permoho

  • Selasa, 14/04/2020 20:41 WIB

    Komunitas Masyarakat Aceh di Malaysia Minta Perhatian Pemerintah

    KUALA LUMPUR - Komunitas Melayu Aceh Malaysia (KMAM) meminta perhatian kepada Pemerintah Pusat dan Aceh agar memperhatikan mereka yang ada di Malaysia yang terkena dampak perpanjangan Perintah Kawalan

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir