Waduk Lhokseumawe Keluarkan Bau Tak Sedap

Oleh: Redaksi
Sabtu, 30/03/2019 17:07 WIB
Dibaca: 289 kali
Foto: detik.com

LHOKSEUMAWE - Kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya terus menjadi momok bagi setiap daerah di Indonesia. Setiap hari, sampah dibuang sembarangan tanpa memikirkan pencemaran lingkungan.

Pencemaran itu juga terjadi di Waduk Pusong, Kota Lhokseumawe. Waduk seluas 60 hektare itu dicemari berbagai jenis sampah hingga mengeluarkan bau tidak sedap.

Padahal kawasan tersebut masuk salah satu tempat rekreasi masyarakat. Fungsinya banyak, bisa untuk warga joging, menjala ikan, dan lokasi berbagai kuliner khas Aceh. Tentunya, bisa juga untuk melepas penat setelah seharian bekerja di kantor.

Namun, karena banyaknya tumpukan sampah di pinggiran waduk, sekarang minat masyarakat berkurang. Sebab, masyarakat terganggu oleh bau menyengat akibat sampah berterbangan.

"Sampahnya banyak, hingga baunya tidak sedap lagi. Padahal, di waduk ini enak untuk bersantai sejenak usai sibuk beraktivitas sejak pagi hari," kata salah seorang warga, Yanti, Sabtu (30/3/2019).

Yanti menyebutkan banyaknya sampah tersebut harus segera diperhatikan oleh pemerintah setempat. Juga warga harus senantiasa diminta membuang sampah pada tempatnya. Jika tidak, pastinya akan berdampak pada lingkungan dan air sehingga mengganggu kesehatan. 

"Kesadaran masing-masing penting. Kemudian, pemerintah juga harus menyediakan wadah buang sampah di tempat keramaian," sebut Yanti.

Sebagai informasi, WWF Indonesia dan IAM Flying Vet pada 2018 mencatat ada 25 kasus biota laut terdampak limbah buangan aktivitas manusia. Semua jenis plastik membahayakan biota laut baik yang makroplastik maupun mikroplastik.

Sementara itu, data yang dilansir peneliti lingkungan asal Universitas Georgia AS, Jenna Jambeck, Indonesia masuk dalam kategori penyumbang sampah laut nomor dua di dunia, setelah China. Dari hasil sampling, estimasi total sampah mencapai 1.186.134,41 ton dengan estimasi sampah plastik mencapai 488.095,89 ton. 

Sumber: detik.com

Tag:bau tak sedapLhokseumawewaduk pusong
Berita Terkait
  • Kamis, 18/04/2019 16:34 WIB

    Pengakuan Bocah yang Picu Massa Geruduk Pos TNI AL Pusong

    LHOKSEUMAWE - Massa di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pusong, Lhokseumawe, menggeruduk Pos TNI AL Pusong karena kabar ada bocah dipukul oknum tentara. Ini pengakuan si bocah. "Saya bersama teman-teman

  • Jumat, 15/03/2019 19:12 WIB

    Rumah Warga Lhokseumawe Kini Tersambung Jaringan Gas

    LHOKSEUMAWE - Pemanfaatan jaringan gas rumah tangga terus dikembangkan oleh pemerintah di wilayah Sumatera. Termasuk Kota Lhokseumawe di Aceh Penantian warga yang selama ini ingin hidup lebih hema

  • Selasa, 05/03/2019 16:38 WIB

    Tiada Biaya, Gadis Penghapal 20 Juz Quran Terpaksa Berhenti Kuliah

    LHOKSEUMAWE - Cut Winda Sari (18), warga Desa Ujong Blang, Kecamatan Sakti, Kota Lhokseumawe, tersenyum saat menerima kedatangan sejumlah wartawan ke rumahnya, Selasa (5/3/2019). Anak kedua pasangan

  • Rabu, 27/02/2019 17:49 WIB

    9.000 Segel Kotak Suara Pemilu di Lhokseumawe Rusak

    LHOKSEUMAWE - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih/Panwaslu) Kota Lhokseumawe menyatakan telah menerima 48.476 segel kotak suara--dari total kebutuhan 56.678 lembar. Namun, setelah dicek, ditemukan 9

  • Minggu, 24/02/2019 18:05 WIB

    Mahasiswa Punguti Sampah di Pantai Lhokseumawe

    LHOKSEUMAWE - Kalangan mahasiswa bersama berbagai komunitas pemuda melakukan aksi memungut berbagai sampah di Pantai KP3 Kota Lhokseumawe, Ahad (24/2/2019), untuk menjaga kebersihan kawasan itu. Ketu

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir