• Home
  • Peristiwa
  • Unik, Polisi Aceh Utara Ajak Ustaz Saat Razia Lalu Lintas

Unik, Polisi Aceh Utara Ajak Ustaz Saat Razia Lalu Lintas

Oleh: Redaksi
Selasa, 22/05/2018 21:49 WIB
Dibaca: 58 kali
Foto: ilustrasi/republika.co.id

ACEH UTARA - Puluhan pelanggar lalu lintas di Kabupaten Aceh Utara yang terjaring dalam razia kendaraan di depan Terminal Lhoksukon pada Senin (21/5/2018), diberi tausiah. Selain itu, mereka juga mendapatkan paket takjil berbuka puasa.

Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin di lokasi mengatakan, razia kendaraan menjelang waktu berbuka puasa ini digelar untuk mengedukasi, sekaligus meminimalisasi pelanggaran berlalu lintas. 

"(Tindakan bagi pelanggar) untuk hari ini masih bersifat imbauan atau pembinaan, insyaallah ke depan akan dilakukan penindakan," kata Kapolres Ian Rizkian di sela buka puasa dengan pelanggar lalu lintas.

Ia mengatakan, pelanggar lalu lintas yang terjaring dalam razia tersebut tidak hanya diedukasi dari segi hukum, tetapi juga mendapat pembinaan segi agama atau tausiah yang disampaikan Ustaz Zamzami, setelah para pelanggar dikumpulkan di satu tempat.

Kapolres menyebutkan, selain berbuka puasa dengan pelanggar, pihak Satlantas Polres Aceh Utara juga membagi paket takjil buka puasa untuk pengendara lainnya yang berdokumen lengkap sebagai bonus bagi mereka yang tertib berlalu lintas. 

Secara terpisah, Kasat Lantas Polres Aceh Utara Iptu Sandy Titah Nugraha mengatakan, razia tersebut berlangsung satu hari yang dilaksanakan di depan Pos Lantas di Lhoksukon menjelang waktu berbuka puasa. 

Pelanggar terjaring razia diberi dua pilihan, ditilang atau diberi tausiah dan pembinaan yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Mayoritasnya memilih pembinaan dengan tujuan agar mereka mendapatkan pemahaman tentang tertib berlalu lintas. 

Menurut Sandy, kegiatan itu digelar pihaknya mengingat selama bulan suci Ramadan berlangsung, banyak terjadi pelanggaran berlalu lintas, misalnya pengendara sepeda motor tidak memakai helm saat bepergian. 

Alasannya, kata Sandy, karena mereka buru-buru apalagi menjelang waktu berbuka puasa. Padahal, ini cukup berbahaya bagi keselamatan si pengendara sepeda motor itu sendiri. 

"Kebiasaan seperti ini dikhawatirkan terus membudaya, dan itu harus kita cegah dan diubah. Makanya kita adakan kegiatan seperti ini, misalnya membagi paket takjil, diberi tausiah, dan pembinaan dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas," sebut Sandy. 

Kegiatan ini merupakan digelar perdana di Aceh Utara dan berhasil menyedot perhatian masyarakat setempat, di mana inovasi yang dibuat jajaran Polres Aceh Utara tergolong unik dan kreatif dan dinilai mampu menyentil pelanggar lalu lintas dengan cara halus.

Sumber: Antara

T#g:Aceh UtaraRamadhanRazia Lalu Lintas
Berita Terkait
  • Senin, 11/06/2018 13:51 WIB

    Arus Mudik, Calon Penumpang Bus Melonjak di Langsa

    LANGSA - Calon penumpang bus angkutan umum antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam propinsi (AKDP) di terminal tipe A Kota Langsa, terjadi lonjakan menjelang H-7 Hari Raya Idul Fitri 143

  • Jumat, 08/06/2018 20:14 WIB

    Polres Lhokseumawe Aiapkan Empat Pos Lebaran

    LHOSKEUMAWE - Dalam upaya memberikan pelayanan terhadap kegiatan mudik menjelang hari Raya Idul Fitri 1439 H, Polres Lhokseumawe, Provinsi Aceh mendirikan empat pos mudik. Kapolres Lhokseumawe AKBP

  • Rabu, 06/06/2018 12:50 WIB

    Polisi Tembak Bandar Narkoba di Lhoksukon

    ACEH UTARA - Polisi terpaksa menembak kaki AB (42), lantaran melawan saat ditangkap. Dia merupakan bandar narkoba yang selama ini beroperasi di wilayah Lhoksukon, Aceh Utara. Sebelum menangkap AB,

  • Rabu, 06/06/2018 12:34 WIB

    Pemerintah Aceh Siap Kucurkan THR untuk PNS

    BANDA ACEH - Pemerintah Aceh telah siap mengucurkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dan penerima pensiun, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2018, bersumber d

  • Selasa, 05/06/2018 22:52 WIB

    Puluhan Mualaf di Banda Aceh Terima Paket Ramadhan

    BANDA ACEH - Puluhan orang mualaf menerima bantuan paket Ramadhan dari Bank Aceh Syariah yang disalurkan melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh. Bantuan paket Ramadhan berupa sirup dan sarung tersebut

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir