• Home
  • Peristiwa
  • Ulama Aceh: Harusnya Bulan Ramadhan Bisa Sejukkan Suhu Politik

Ulama Aceh: Harusnya Bulan Ramadhan Bisa Sejukkan Suhu Politik

Oleh: Redaksi
Selasa, 14/05/2019 14:07 WIB
Dibaca: 217 kali
Foto: ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Seorang ulama dari Aceh, Masrul Aidi Lc mengatakan, seharusnya bulan Ramadhan yang telah berjalan bisa menyejukkan suhu politik Tanah Air menjelang penetapan suara Pemilu Serentak dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei 2019.

"Ibadah itu, arahnya kepada perbaikan akhlak. Puasa, shalat, haji atau apapun itu, esensinya perbaikan akhlak. Jadi di Ramadhan kualitas dan kuantitas akhlak itu, semakin meningkat," ucap Masrul di Banda Aceh, Selasa (14/5/2019).

Menurutnya, bahasa-bahasa ditampilkan oleh media baik cetak, elektronik maupun berjaringan terkait politik dewasa ini cenderung bersifat provokasi berbagai arah, dan menekan bahkan menyerang kepada sikap-sikap tertentu pasangan calon presiden/wakil presiden.

Terutama hal tersebut disuarakan oleh elite-eliet di Tanah Air yang telah mengakibatkan terdegradasinya nuansa kesejukan di bulan penuh berkah ini, setelah pelaksanaan pemilu serentak.

Akibatnya malah memunculkan keresahan-keresahan masyarakat di berbagai daerah, karena melihat pemberitaan yang tersaji tidak berimbang. "Kita tidak tahu lagi, mau dapat informasi yang benar itu, dari pihak mana," ucapnya.

"Padahal siapa pun yang jadi pemimpin, itu sudah merupakan kehendak Allah. Terlepas dari terpilih secara curang atau jujur, tapi itu kehendak Allah. Tak mungkin dia menjadi pemimpin, kalau Allah tidak berkehendak," tegas Masrul.

Ia berharap di tingkat elite atau petinggi partai politik yang merupakan representasi dari kelompok masyarakat dapat menggunakan bahasa yang sejuk, mempersatukan, dan mendatangkan ketenangan.

"Mungkin tingkat elite ketika bertemu sesama mereka, ya adem-adem saja. Tapi kelompok di bawah ini cepat panas terutama yang 'sumbu pendek'. Seolah-olah ini luput dari perhatian elite kita sekarang ini, ditambah bagaimana terjepitnya kehidupan masyarakat di bawah," ungkap ulama jebolan Mesir ini.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyatakan, proses penghitungan suara manual hasil Pemilu Serentak 17 April 2019 termasuk pemilihan presiden dilakukan secara berjenjang.

Mulai di tingkat kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada 17-18 April, tingkat kecamatan pada 18 April-5 Mei, tingkat kabupaten/kota pada 20 April-8 Mei, dan tingkat provinsi pada 22 April hingga 13 Mei 2019.

Sumber: Antara

Tag:Pemilu 2019suhu politikulama aceh
Berita Terkait
  • Rabu, 26/06/2019 14:19 WIB

    Arab Saudi Gelar Festival PUBG Mobile

    JEDDAH - Di Indonesia, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh telah mengeluarkan fatwa haram bermain game Playerunknown's Battleground (PUBG) dan sejenisnya. Di Arab Saudi, turnamen PUBG Mobile

  • Rabu, 22/05/2019 22:06 WIB

    Koordinator Relawan Prabowo di Aceh Sebagai Tersangka

    BANDA ACEH - Kepolisian menetapkan koordinator relawan Prabowo Sandi Provinsi Aceh Don Muzakir sebagai tersangka terkait video provokasi dan ajakan massa ke Jakarta. Kapolresta Banda Aceh Kombes Po

  • Selasa, 21/05/2019 22:53 WIB

    Plt Gubernur Aceh Ucapkan Selamat ke Jokowi-Ma'ruf Amin

    BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin yang memenangi Pilpres. Nova mengajak semua pihak bersama-sama membangun Indones

  • Selasa, 21/05/2019 15:47 WIB

    Penyebar Hoaks Mar'ruf Amin Pakai Kostum Sinterklas Dibui 7 Bulan

    LHOKSEUMAWE - PN Lhokseumawe, Aceh menjatuhkan vonis 7 bulan penjara kepada Tgk Safwan. Ia terbukti menyebarkan hoaks Ma'ruf Amin berkostum sinterklas. Hukuman tersebut lebih ringan dari tuntutan

  • Kamis, 16/05/2019 14:18 WIB

    Perolehan Kursi Turun, Caleg Partai Aceh Dinilai Kurang Pengaruh

    BANDA ACEH - Perolehan kursi Partai Aceh di DPR Aceh (DPRA) kian merosot. Partai bentukan mantan pimpinan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini tidak mampu mencapai target mereka di Pemilu 2019. Perolehan

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir