• Home
  • Peristiwa
  • Tim Pemburu Diterjunkan Kejar Pembunuh Gajah Bunta

Tim Pemburu Diterjunkan Kejar Pembunuh Gajah Bunta

Oleh: Redaksi
Selasa, 12/06/2018 22:45 WIB
Dibaca: 193 kali
Foto: ilustrasi/google.com

BANDA ACEH - Direktur Jenderal Penegakan Hukum (Dirjen Gakkum) KLHK, Rasio Ridho Sani menugaskan tim gakkum KLHK untuk mendukung proses penyelidikan dan penyidikan kasus tewasnya gajah bernama Bunta di Aceh. Satwa dilindungi ini, dibunuh di CRU Serbajadi, Aceh Timur, Aceh dan gadingnya ikut hilang.

"Kami sudah menugaskan tim untuk mendukung proses penyelidikan dan penyidikan tewasnya gajah di Aceh Timur dan menjadi prioritas penegakan hukum karena pembunuhan satwa dilindungi merupakan kejahatan yang luar biasa. Gajah merupakan kekayaan negara yang sangat penting bagi penunjang sistem kehidupan," Kata Rasio Ridho Sani, Selasa (12/6/2018). 

Rasio mengaku penindakan kejahatan terhadap satwa yang dilindungi merupakan prioritas KLHK. Pihaknya akan melakukan tindak tegas bagi pelaku pembunuhan gajah tersebut. 

"Harus di hukum seberat-beratnya agar ada efek jera dan tidak terulang lagi. Kami juga terus bekerja sama dengan aparat penegak hukum dan menyakini dapat menemukan pelaku pembunuh gajah jinak tersebut," sebut Rasio. 

"Kami mohon dukungan masyarakat termasuk untuk tidak membeli dan menggunakan bagian-bagian tubuh dari satwa yang dilindungi baik untuk perhiasan maupun penggunaan lainnya," tambah Rasio. 

Rasio menambahkan akan terus melakukan pengamanan satwa yang dilindungi ke depannya agar terlepas dari ancaman perburuan dan perdagangan satwa illegal. 

Diberitakan sebelumnya, Pembunuhan gajah jantan tersebut dilakukan pada Sabtu (9/6/2018) kemarin sekitar pukul 08.00 WIB. Polisi menduga pelaku datang ke CRU Serbajadi, Aceh Timur dan selanjutnya memberikan pisang dan mangga yang sudah ditaruh racun ke gajah. 

Setelah hewan bertubuh besar ambruk, pelaku kemudian memotong pipi gajah untuk diambil gading. Aksi pembunuhan gajah jinak ini baru diketahui setelah mahout (pawang gajah) datang ke lokasi. 

Sumber: detik.com

T#g:Aceh TimurCRU SerbajadiGajah Diracun
Berita Terkait
  • Rabu, 08/08/2018 08:20 WIB

    Bawa Ganja 100 Kg, Dua Warga Aceh Timur Dibekuk

    MEDAN - Dua warga Aceh Timur membawa narkoba jenis ganja seberat 100 kilogram (kg) berhasil digagalkan petugas Subdit I Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba Polda Sumatera Utara (Sumut). Keduanya di

  • Kamis, 26/07/2018 23:59 WIB

    Polisi Aceh Timur Sita 30 Bal Ganja

    ACEH TIMUR - Polisi mengamankan dua tas ransel berisi 30 bal ganja kering siap edar dari dalam pekarangan Masjid Baitul Kiram di Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Kamis (26/7/2018)

  • Selasa, 24/07/2018 16:19 WIB

    Mobil Kepala SMKN 1 Peureulak Dibobol, Uang Rp260,6 Juta Hilang

    ACEH TIMUR - Mobil Toyota Rush milik Kepala SMKN 1 Julok, M Thaib Husein diduga dibobol maling saat diparkir di depan SMKN 1 Peureulak, Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur, dan uang Rp260,

  • Selasa, 03/07/2018 14:48 WIB

    Mabes Polri Supervisi Kematian Gajah di CRU Serbajadi

    ACEH TIMUR - Tim dari Bareskrim Mabes Polri bersama Gakkum KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan? mengunjungi Conservation Respon Unit (CRU) Serbajadi di Kabupaten Aceh Timur, melakukan sup

  • Senin, 02/07/2018 19:35 WIB

    2 Pembunuh Gajah Jinak di Serbajadi Ditangkap

    ACEH TIMUR - Dua terduga pelaku pembunuhan gajah jinak di Conservation Response Unit (CRU) Desa Bunin, Kecamatan Serbajadi, Aceh Timur, ditangkap. Dari tangan keduanya, polisi menyita satu gading yang

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir