• Home
  • Peristiwa
  • Tiga Provinsi Ikut Festival Khanduri Laot di Sabang

Tiga Provinsi Ikut Festival Khanduri Laot di Sabang

Oleh: Redaksi
Kamis, 28/02/2019 12:29 WIB
Dibaca: 225 kali
Foto: Antara

SABANG - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Sabang, Faisal menyebutkan, tiga provinsi akan ikut berpartisipasi pada festival khanduri laot atau kenduri laut pada 28 hingga 31 Maret 2019 di Sabang, Provinsi Aceh.

"Persatuan kebudayaan laut dari tiga provinsi di luar Aceh sudah mengonfirmasi ikut serta dalam pegelaran tradisi masyarakat pesisir atau festival khanduri laot di Sabang," katanya di Sabang, Rabu (27/2/2019).

Provinsi yang sudah mengonfirmasikan terdiri, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Provinsi Riau, sebutnya pada rapat persiapan Festival khanduri loat yang dipimpin Wali Kota Sabang, Nazaruddin.

Pemerintah Kota Sabang menggelar festival khanduri laot dari, 28 hingga 31 Maret 2019 dan dimeriahkan oleh sejumlah rangkaian adat masyarakat pesisir lainnya. Acara kenduri laut yang telah menjadi agenda tahunan di Sabang itu, mengangkat tema "Dari Sabang Untuk Indonesia".

Wali Kota Sabang, Nazaruddin mengatakan pergelaran festival khanduri laot merupakan even kearifan lokal yang telah menjadi agenda tahunan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

"Even ini dipastikan akan berdampak pada kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara dan tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat Sabang," ujarnya.

Festival tersebut akan menampilkan sejumlah atraksi seni budaya masyarakat pesisir kepulauan di antaranya, atraksi adat melaut, lomba mancing tradisional, dan lomba kayuh perahu naga. Kemudian, pentas pesona budaya, khanduri untuk aulia 44 dan anak yatim, dialog budaya dan silaturahmi Panglima Laot se-Aceh, dike Aceh dan pameran produk kreativitas daerah pesisir.

"Rangkaian itu semua diharapkan dapat menarik minat kunjungan wisatawan ke Sabang. Karena selain menikmati pesona bahari, para wistawan juga disuguhkan penampilan budaya masyarakat pesisir," terangnya.
 

Sumber: Antara

Tag:festival khanduri laotSabang
Berita Terkait
  • Senin, 01/06/2020 18:34 WIB

    Sambut New Normal, Wisata Sabang Kembali Dibuka

    SABANG - Memasuki penerapan pola kehidupan normal baru atau New Normal, Pemerintah Kota Sabang, Aceh kembali membuka lokasi wisata serta pengoperasian moda transportasi laut dari Banda Aceh menuju Sab

  • Sabtu, 21/03/2020 22:31 WIB

    Satu PDP Corona dari Sabang Dirujuk ke RSU Zainoel Abidin

    SABANG - Seorang warga Kota Sabang yang masuk dalam kategori pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Kota Banda Aceh guna penanganan medis l

  • Jumat, 06/03/2020 17:41 WIB

    Imbas Virus Corona, Sabang Marine Festival 2020 Ditunda

    SABANG - Event Sabang Marine Festival (SMF) 2020 yang rencananya bakal digelar pertengahan Maret mendatang diputuskan bakal ditunda. Panitia sudah menyampaikan kabar penundaan tersebut ke peserta dari

  • Selasa, 05/11/2019 15:26 WIB

    Perusahaan Diving Dituding Rusak Terumbu Karang di Sabang

    SABANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Sabang mengancam akan mencabut izin PT. Monster Scuba Diving Centre jika terbukti merusak terumbu karang. Perusahaan ini dituding merusak lingkungan saat pembersihan

  • Minggu, 13/10/2019 14:22 WIB

    Sabang Fokus Pengembangan Pariwisata Fisik dan Non Fisik

    SABANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Sabang menyatakan pengembangan pariwisata di Sabang ke depan ini akan fokus pada pembangunan fisik dan non fisik, dalam upaya memberi pelayana

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir