• Home
  • Peristiwa
  • Tiga Provinsi Ikut Festival Khanduri Laot di Sabang

Tiga Provinsi Ikut Festival Khanduri Laot di Sabang

Oleh: Redaksi
Kamis, 28/02/2019 12:29 WIB
Dibaca: 71 kali
Foto: Antara

SABANG - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Sabang, Faisal menyebutkan, tiga provinsi akan ikut berpartisipasi pada festival khanduri laot atau kenduri laut pada 28 hingga 31 Maret 2019 di Sabang, Provinsi Aceh.

"Persatuan kebudayaan laut dari tiga provinsi di luar Aceh sudah mengonfirmasi ikut serta dalam pegelaran tradisi masyarakat pesisir atau festival khanduri laot di Sabang," katanya di Sabang, Rabu (27/2/2019).

Provinsi yang sudah mengonfirmasikan terdiri, Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Provinsi Riau, sebutnya pada rapat persiapan Festival khanduri loat yang dipimpin Wali Kota Sabang, Nazaruddin.

Pemerintah Kota Sabang menggelar festival khanduri laot dari, 28 hingga 31 Maret 2019 dan dimeriahkan oleh sejumlah rangkaian adat masyarakat pesisir lainnya. Acara kenduri laut yang telah menjadi agenda tahunan di Sabang itu, mengangkat tema "Dari Sabang Untuk Indonesia".

Wali Kota Sabang, Nazaruddin mengatakan pergelaran festival khanduri laot merupakan even kearifan lokal yang telah menjadi agenda tahunan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

"Even ini dipastikan akan berdampak pada kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara dan tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat Sabang," ujarnya.

Festival tersebut akan menampilkan sejumlah atraksi seni budaya masyarakat pesisir kepulauan di antaranya, atraksi adat melaut, lomba mancing tradisional, dan lomba kayuh perahu naga. Kemudian, pentas pesona budaya, khanduri untuk aulia 44 dan anak yatim, dialog budaya dan silaturahmi Panglima Laot se-Aceh, dike Aceh dan pameran produk kreativitas daerah pesisir.

"Rangkaian itu semua diharapkan dapat menarik minat kunjungan wisatawan ke Sabang. Karena selain menikmati pesona bahari, para wistawan juga disuguhkan penampilan budaya masyarakat pesisir," terangnya.
 

Sumber: Antara

Tag:festival khanduri laotSabang
Berita Terkait
  • Jumat, 12/04/2019 18:24 WIB

    Kapal Pesiar MS Albatros Singgah di Sabang, Bawa 900 Turis

    SABANG - Kapal pesiar MS Albatros berbendera Bahamas/Nasau dengan 900 turis singgah di Sabang. Ini kapal pesiar keempat yang singgah di sana selama 2019. Kapal pesiar MS singgah di Pelabuhan CT-3 Sab

  • Rabu, 03/04/2019 11:42 WIB

    "BaSaJan" Bersinergi Kembangkan Industri Pariwisata Aceh

    SABANG - Tiga Pemerintahan yakni, Kota Sabang, Kota Banda Aceh dan Aceh Besar disingkat "BaSaJan" menyepakati kerja melakukan pengembangan potensi industri wisata yang dimiliki tiga daerah tersebut.

  • Selasa, 02/04/2019 20:04 WIB

    Sabang Tetap Ramah Wisatawan Meski Jalankan Syariat Islam

    SABANG - Wisatawan yang ingin melancong ke Sabang kadang ragu-ragu dengan aturan syariat Islam yang berlaku di Aceh. Tapi tenang, dijamin tetap ramah wisatawan. Melancong ke Sabang dapat ditempuh den

  • Senin, 25/02/2019 21:44 WIB

    Terungkap di Persidangan Irwandi, Mantan Wagub Aceh Terima Rp700 Juta dari Proyek Sabang

    JAKARTA - Wakil Gubernur Aceh periode 2007 hingga 2012 Muhammad Nazar disebut mendapat Rp700 juta dari proyek pembangunan Dermaga Sabang Aceh yang dibiayai APBN. "Ada untuk Wakil Gubernur Rp700 juta

  • Selasa, 22/01/2019 10:23 WIB

    Sabang Bakal Bangun Bandara Internasional

    SABANG - Pemerintah Kota Sabang telah menyiapkan lahan seluas 40 hektare untuk pembangunan Bandar Udara Internasional di Sabang."Untuk pembangunan Bandara Internasional itu butuh lahan antara 3.000-3.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir