Teka-teki Ikan Mati Massal di Pantai Banda Aceh

Oleh: Redaksi
Jumat, 31/05/2019 13:18 WIB
Foto: detik.com

BANDA ACEH - Keberadaan ikan yang disebut mati massal di pantai di Banda Aceh sempat membuat heboh. Terjawab sudah, ternyata ikan itu hasil tangkapan nelayan.

"Ikan yang di pantai itu hasil tangkapan kita, namun karena banyak sekali kita bagi-bagi untuk masyarakat," kata seorang nelayan Gampong Jawa, Banda Aceh, Surya, Jumat (31/5/2019).

Menurut Surya, pada Rabu (29/5) kemarin, dia bersama beberapa nelayan lain menabur pukat pantai di Pantai Gampong Jawa. Pukat ditabur menggunakan boat dan membentuk huruf "U".

Jaring pukat itu kemudian ditarik secara manual oleh beberapa pria. Prosesnya dilakukan pada siang hari. Ikan yang terjebak di dalam jaring dibawa ke darat.

Penangkapan ikan menggunakan pukat pantai dilakukan nelayan tradisional setiap hari. Di Aceh, aktivitas mereka dikenal dengan sebutan 'tarek pukat'.

"Hari itu kami labuh pukat sekitar jam 11 siang. Ikan yang kami dapat sangat melimpah. Jadi sebagian kami ambil untuk dibawa ke TPI, dan sisanya kami bagi-bagi," jelas Surya.

Surya menjelaskan, melimpahnya hasil tanggapan memang sering terjadi pada musim-musim tertentu. Dia membantah keberadaan ikan di bibir pantai itu sebagai fenomena luar biasa.

"Itu memang hasil pukat pantai. Jadi bukan kita saja yang mendapat rezeki, tapi masyarakat juga," bebernya.

Hari itu, masyarakat di Banda Aceh memang berbondong-bondong memilih ikan-ikan tersebut. Mereka membawa plastik berukuran besar maupun karung.

Ikan tersebut dibawa pulang untuk dimasak. Beberapa warga memilih mengolahnya sebagai ikan asin.

Sumber: detik.com

Tag:Banda Acehikan matiNelayan
Berita Terkait
  • Sabtu, 18/07/2020 22:04 WIB

    Pemulangan Nelayan Aceh dari Thailand, Kadinsos Aceh: Ini Hasil Kerjasama Semua Pihak

    BANDA ACEH - 6 nelayan remaja asal Aceh Utara dan Aceh Timur akan diantarkan pulang oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh ke kampung halamannya sore ini, Sabtu 18 Juli 2020. Hal itu disampaik

  • Jumat, 17/07/2020 16:04 WIB

    Terkait Pemulangan Nelayan Anak, Nova Iriansyah: Terima Kasih Pemerintah Pusat

    JAKARTA - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah menangani pemulangan enam warga Aceh yang ditangkap di perairan Andaman Thailand pad

  • Sabtu, 11/07/2020 15:21 WIB

    Isnaini Husda Apresiasi Pemko Disinfeksi Rumah Ibadah di Banda Aceh

    BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh hari ini kembali melakukan disinfeksi di sejumlah rumah ibadah di Kota Banda Aceh. Hal ini dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Tindakan ter

  • Sabtu, 11/07/2020 14:54 WIB

    Kepala Balai Bahasa Aceh Terima Hibah Buku Aceh

    BANDA ACEH - Kepala Balai Bahasa Aceh, Muhammad Muis mengunjungi Bandar Publishing, yang berada di Lamgugob, Jumat (10/7) di Banda Aceh.Muhammad Muis, didampingi Kasubbag. TU Agus Priatna, Bendahara M

  • Senin, 29/06/2020 16:50 WIB

    RSU Zainoel Abidin Tambah 24 Ruang Isolasi Pasien Covid-19

    BANDA ACEH - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, diwakili Sekretaris Daerah Aceh dr Taqwallah MKes meresmikan pengoperasian 24 ruang isolasi tambahan untuk penanganan pasien Covid-19 di Rum

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir