Teganya, Perempuan Ini Tipu Sejumlah Penerima PKH

Oleh: Redaksi
Senin, 04/03/2019 22:56 WIB
Dibaca: 178 kali
Foto: ilustrasi/google.com

ACEH BARAT - Kepolisian di Aceh Barat hingga Senin (4/3) siang masih mengamankan NA (27), seorang perempuan yang menetap di Desa Pasi Masjid, Kecamatan Meureubo, karena diduga melakukan penipuan terhadap sejumlah masyarakat penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) di wilayah itu.

Total uang tunai yang berhasil ia curi dari sejumlah keluarga miskin tersebut mencapai Rp3,8 juta.

"Pelaku kita tangkap karena ia mengaku sebagai petugas PKH," kata Kapolres Aceh Barat, AKBP Raden Bobby Aria Prakasa, SIK, dalam konfrensi pers di Meulaboh, Senin.

Dalam menjalankan aksinya, tersangka NA meminta buku rekening beserta ATM kepada para korban dengan alasan untuk dilakukan pengecekan, apakah uang yang disalurkan oleh pemerintah melalui rekening penerima manfaat, sudah masuk atau belum.

Setelah dilakukan pengecekan, tersangka diduga melakukan penarikan sejumlah uang dari setiap buku bank yang sudah berada ditangannya, dan kemudian mengembalikan buku bank dan ATM milik para penerima bantuan.

"Berdasarkan keterangan tersangka kepada penyidik, ia sudah beberapakali melakukan aksinya," kata Kapolres.

Sebagian korban kejahatan yang dilakukan tersangka NA itu masing-masing tersebar di Kecamatan Woyla Barat dan Kecamatan Kaway XVI.

Polisi meyakini tidak tertutup kemungkinan dalam kasus tersebut diduga masih banyak jumlah korban lain yang akan melaporkan kasus itu ke polisi.

Dalam menjalankan aksinya, ia mengaku melakukan aksi tersebut seorang diri.

Polisi juuga turut mengamankan sejumlah barang bukti diantatanya enam lembar ATM dan empat lembar buku bank.

Atas kejahatan yang telah ia lakukan itu, polisi membidik tersangka NA dengan pasal 378 juncto pasal 65 Ayat (1) KUHPidana dengan ancaman pidana kurungan empat tahun penjara.

"Tersangka NA kita tangkap sejak Selasa, 26 Februari 2019 lalu, Kita masih terus mengungkap kasus ini," pungkas kapolres.

Sumber: Antara

Tag:Aceh Baratbantuan sosialdana pkhKriminal
Berita Terkait
  • Sabtu, 02/11/2019 19:49 WIB

    Bupati Aceh Barat Tolak Larangan Bercadar di Kantor Pemerintah

    ACEH BARAT - Bupati Aceh Barat H. Ramli M.S. menegaskan pemerintah daerah setempat menolak aturan larangan penggunaan niqab/cadar (penutup wajah) di instansi pemerintah daerah setempat. Menurut dia

  • Jumat, 01/11/2019 13:31 WIB

    Jembatan Ulee Rakeet di Aceh Barat ambruk diterjang banjir

    ACEH BARAT - Jembatan penghubung rangka baja Ulee Rakeet yang mengubungkan antarkecamatan di lintasan Meulaboh-Pante Ceureumen di kawasan Desa Sawang Teubee, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat

  • Minggu, 20/10/2019 15:39 WIB

    Tepergok Curi Motor, Pria Ini Diamuk Massa di Cot Girek

    ACEH UTARA - Seorang pria babak belur diamuk massa di kawasan Dusun Alue Ie Jaya, Gampong (desa) Alue Leuhob, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, setelah tepergok diduga hendak mencuri satu uni

  • Senin, 30/09/2019 22:42 WIB

    Wartawan Aceh Aksi Kecam Kriminalisasi Terhadap Jurnalis

    BANDA ACEH - Sejumlah wartawan Aceh melakukan aksi damai sebagai bentuk solidaritas terhadap jurnalis yang menjadi korban intimidasi dan kekerasan dari oknum aparat kepolisian saat melakukan tugas, se

  • Sabtu, 14/09/2019 12:32 WIB

    Dahsyat, Pelaku Poligami di Aceh Barat Punya 7 Istri

    ACEH BARAT - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, Teungku Safrizal menegaskan pelaku poligami yang menikahi isteri sah orang lain yang terjadi di Desa Pasi Teung

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir