Soal Takbiran Idul Fitri, Ini Imbauan MPU Aceh

Oleh: Redaksi
Rabu, 20/05/2020 18:35 WIB
Dibaca: 32 kali
Foto: Antara

BANDA ACEH - Majelis Permusyarawatan Ulama (MPU) Aceh mengimbau masyarakat tidak mengadakan pawai takbir keliling, namun cukup dilakukan di masjid atau meunasah masing-masing gampong (desa) menyambut hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Wakil Ketua MPU Aceh Tgk Faisal Ali, Rabu, mengatakan berdasarkan keputusan nomor 5 tahun 2020 tentang beribadah bulan Ramadhan, takbiran pada malam hari raya Idul Fitri di tengah pandemi COVID-19 tidak dibenarkan.

"Pawai takbiran jangan dilakukan karena akan mendatangkan ramai orang dan di dalam mobil juga tidak memenuhi physical distancing," kata Tgk Faisal Ali, di Banda Aceh.

MPU meminta masyarakat Aceh tidak mengadakan pawai takbiran. Namun, para ulama Tanah Rencong mempersilahkan warga untuk menyambut lebaran dengan takbiran di masjid atau mushalla di daerah masing-masing.

"Kita imbau agar takbiran di masjid, atau mushalla masing-masing, tidak melakukan pawai karena berpotensi kerumunan. Karena boleh kita lalukan takbir di mushalla maka lebih bagus kita lakukan di mushalla," ujarnya.

Namun, ulama yang akrab disapa Lem Faisal itu mengatakan para ulama Aceh tidak melarang masyarakat untuk melaksanakn shalat Id pada hari raya Idul Fitri secara berjamaah, baik di lapangan ataupun di masjid.

Mengingat, tambah dia, tingkat penyebaran COVID-19 di daerah Tanah Rencong masih sama seperti sebelum bulan puasa, bahkan Aceh juga tidak termasuk wilayah zona merah penyebaran virus corona.

"Shalat Id tetap seperti biasa, kalau melakukan di masjid, silahkan, mau shalat di lapangan boleh, mau dilakukan di rumah juga boleh, enggak masalah. Karena kondisi kita masih normal," ujarnya.

Sumber: Antara

Tag:mpu acehshalat tarawih
Berita Terkait
  • Selasa, 02/06/2020 19:41 WIB

    MPU Aceh Nilai Terlalu Dini Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji 2020

    BANDA ACEH - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh menilai Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama RI terlalu cepat mengeluarkan kebijakan membatalkan keberangkatan jamaah haji Indonesia 2020, m

  • Jumat, 15/05/2020 14:38 WIB

    MPU: Boleh Salat Id di Masjid dan Lapangan

    BANDA ACEH - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengizinkan warga menggelar salat Idul Fitri (Id) 1 Syawal 1441 Hijriah secara berjamaah, baik di masjid maupun di tempat-tempat terbuka seperti d

  • Kamis, 23/04/2020 16:01 WIB

    MPU Aceh Minta Jemaah Tarawih di Masjid Pakai Masker-Bawa Sajadah Sendiri

    BANDA ACEH - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh meminta jemaah salat Tarawih di masjid atau musala untuk memakai masker serta membawa sajadah masing-masing. Hal itu dilakukan demi mencegah penye

  • Selasa, 21/04/2020 20:32 WIB

    MPU Aceh Bolehkan Warga Tarawih di Masjid Saat Corona

    BANDA ACEH - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan Tausyiah bernomor 5 Tahun 2020 terkait ibadah di bulan Ramadan. Salah satu poin dalam tausiah tersebut yaitu salat tarawih berjemaah

  • Sabtu, 18/04/2020 14:44 WIB

    Nihil Virus Corona, Aceh Barat Izinkan Warga Tarawih di Masjid

    ACEH BARAT - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengizinkan warga tetap menggelar salat tarawih seperti biasa di masjid di tengah pandemi virus corona. Namun, khusus masjid yang berada di jalan lintas, d

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir