• Home
  • Peristiwa
  • Sempat Dipukul Warga, Bupati Aceh Barat Selamat dari Amuk Massa

Sempat Dipukul Warga, Bupati Aceh Barat Selamat dari Amuk Massa

Oleh: Redaksi
Kamis, 21/02/2019 22:00 WIB
Dibaca: 119 kali
Foto: Antara

ACEH BARAT - Bupati Aceh Barat H Ramli MS berhasil lolos dan selamat dari amuk sekelompok massa usai menghadiri musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) yang digelar di kantor camat setempat kawasan Desa Drien Rampak, Kecamatan Arongan Lambalek, Rabu (21/2/2019) siang.

Informasi yang diperoleh Antara, meski sempat terkena pukulan dari warga di bagian tangan, namun pejabat negara tersebut berhasil selamat setelah masuk ke dalam mobil dinas.

"Alhamdulillah bapak bupati dalam kondisi sehat, sekarang sedang berada di pendapa tetap melaksanakan tugas seperti biasanya," kata Kepala Bagian Umum dan Protokoler Setdakab Aceh Barat, Dedy Gunawar SSTP MSi, Kamis (21/2/2019).

Ia menjelaskan, penyebab amuk sekelompok massa yang berjumlah sekitar 30 orang tersebut terjadi setelah Bupati Ramli MS membuka kegiatan musrenbang di Kecamatan Arongan Lambalek.

Saat keluar dari dalam kantor camat, bupati tiba-tiba dihadang oleh sejumlah warga yang menanyakan penyelesaian persoalan desa mereka di Desa Arongan, kecamatan setempat yang menurut warga belum sesuai keinginan mereka.

Seperti diketahui, paska tsunami 2004, masyarakat di Desa Arongan, Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat sebagian besar mengungsi dan direlokasi ke Desa Seuneubok Teungoh, yang berjarak sekitar 9-10 kilometer dari desa lama.

Masyarakat pun terpecah, sebagian warga menetap di desa lama dan sebagian besar warga memilih untuk menetap di lokasi relokasi.

Diduga tidak puas dengan jawaban Bupati Ramli, kata Dedy Gunawar, massa kemudian marah kepada pejabat sambil mengeluarkan kata-kata penghinaan dan menghujat pimpinan daerah ini dengan kata-kata kasar dan tidak pantas.

Karena situasi yang semakin memanas, akhirnya bupati memilih untuk beranjak ke mobil dinasnya dengan pengawalan beberapa ajudan (ADC).

"Namun, massa yang mengikuti bapak bupati semakin arogan. Mereka sempat mengarahkan pukulan ke arah bapak bupati dan sempat mengenai bagian tangan. Massa juga menyerang ajudan dan pejabat lain yang berupaya merelai aksi anarkis mereka," kata Dedi.

Melihat bupati sudah berada di dalam mobil, massa yang diperkirakan berjumlah mencapai 30 orang yang terdiri dari pria dewasa, kaum ibu serta beberapa anak muda tersebut juga berusaha masuk ke dalam mobil dinas bupati sambil mengeluarkan sumpah serapah.

Mereka juga berusaha menyerang sejumlah pejabat yang berupaya merelai aksi anarkis tersebut.

Karena situasi genting dan mengancam keselamatan Bupati Aceh Barat, seorang ajudan bernama Aipda Ahmad Dahlan secara spontan berusaha melerai massa yang terus beringas dan berusaha masuk ke dalam mobil dinas, serta berusaha merusak kendaraan.

Sempat terjadi dorong- mendorong antara massa dengan sejumlah petugas adc dan beberapa pejabat, dan karena kondisi genting, akhirnya anggota pamtup bupati sempat mengeluarkan senjata api dengan harapan aksi anarkis massa tidak meluas.

"Situasinya sudah berbahaya, kami berterima kasih atas tindakan pamtup yang sudah melakukan tugasnya dengan baik. Sehingga Bapak Bupati Aceh Barat bisa selamat," kata Dedy Gunawar.

 

Sumber: Antara

Tag:Aceh Baratbupati ramli msmusrenbangpemukulan bupati
Berita Terkait
  • Sabtu, 14/09/2019 12:32 WIB

    Dahsyat, Pelaku Poligami di Aceh Barat Punya 7 Istri

    ACEH BARAT - Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat, Teungku Safrizal menegaskan pelaku poligami yang menikahi isteri sah orang lain yang terjadi di Desa Pasi Teung

  • Selasa, 03/09/2019 10:26 WIB

    Hati-hati, Ada Jembatan Ambruk di Arongan Lambalek

    ACEH BARAT - Aktivitas ribuan masyarakat di Desa Peulanteu LB, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat hingga Selasa (3/9/2019) terganggu setelah sebuah jembatan berkonstruksi besi berlokasi

  • Sabtu, 31/08/2019 08:56 WIB

    Asrama Mahasiswa Woyla Ludes Dilalap Si Jago Merah

    ACEH BARAT - Asrama mahasiswa Woyla yang terdiri dari tujuh unit kamar berlokasi di Gampong Kuta Padang, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, dilaporkan ludes terbakar api, Kamis (29/8/2019).Saksi ma

  • Sabtu, 13/07/2019 11:26 WIB

    Aceh Barat-Aceh Tengah Bangun Jalan Tembus Sejauh 60 Km

    ACEH TENGAH - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Tengah memastikan akan membangun jalan lintas kabupaten sejauh 60 kilometer yang akan menghubungkan kedua daerah pada tahun 2020 mendatang untuk

  • Senin, 08/07/2019 21:20 WIB

    Anggaran Kurang, RSUD Meulaboh RSUD Berhentikan Belasan Dokter Umum

    ACEH BARAT - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat memberhentikan belasan tenaga dokter umum yang selama ini bekerja di sejumlah bidang pelayanan kesehatan pa

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir