• Home
  • Peristiwa
  • Sebar Hoax, 2 Pria dan 1 Wanita Ditangkap Tim Pores Lhokseumawe

Sebar Hoax, 2 Pria dan 1 Wanita Ditangkap Tim Pores Lhokseumawe

Oleh: Redaksi
Rabu, 17/07/2019 15:40 WIB
foto detik.com

LHOKSEUMAWE - Polisi menangkap tiga pria yang diduga menyebarkan kabar bohong (hoax) terkait kasus pencabulan oleh pimpinan pesantren di Lhokseumawe, terhadap murid yang masih anak-anak. Dalam unggahan yang mereka sebarkan, kasus itu dianggap fitnah dan seolah dipaksakan oleh penyidik.

Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Indra T Herlambang mengatakan ketiga pria itu adalah HS (29) asal Bireun, IM (19) dan NA (21) asal Lhokseumawe. Mereka menyebarkan berita bohong di media sosial Facebook dan WhatsApp. Akibat ulah mereka, terjadi kegaduhan di tengah masyarakat. 

"Setelah kita dalami postingan mereka, telah terjadi kegaduhan dan keresahan di masyarakat. Kita kemudian amankan mereka atas kasus berita bohong di medsos. Ada yang menyebarkan melalui Facebook dan juga WhatsApp," kata AKP Indra kepada para wartawan, Rabu (17/7/2019). 

Indra menyebutkan unggahan yang mereka sebarkan itu ada kaitannya dengan kasus sedang mencuat saat ini. Pekan lalu, polisi merilis kasus pimpinan pesantren di Lhokseumawe ditangkap terkait pencabulan santrinya yang masih anak-anak.  

Nah, setelah kasus ini diperbincangkan, mereka kemudian memposting berita ke media sosial dengan narasi menuding bahwa perkara itu dipaksakan oleh penyidik. 

"Mereka memposting tentang perkara pesantren tersebut. Bahwa perkara itu fitnah. Perkara itu dipaksakan oleh penyidik. Oleh sebab itu, mereka kita amankan dan tetapkan sebagai tersangka kemarin," sebut Indra. 

Pelaku HS bertugas meng-upload berita bohong tersebut ke media sosial Facebook. IM bertugas mem-posting berita tersebut ke grup WhatsApp yang di dalamnya ada tersangka HS. Terakhir, pelaku NA juga menyebarkan ke grup WhatsApp.

Polisi terus melakukan pengembangan untuk memburu pembuat berita bohong yang disebarkan oleh ketiga tersangka ini. "Kita sedang kembangkan. Ada tiga orang lagi yang sedang kita kembangkan. Di antaranya kemungkinan pembuat berita tersebut," ujar Indra.

Diberitakan sebelumnya, ketua yayasan di salah satu pesantren, AI (45), dan guru ngaji MY (26) di Kota Lhokseumawe, Aceh, ditangkap polisi. Keduanya ditangkap diduga melakukan pelecehan seksual terhadap belasan santrinya yang masih anak-anak.

"AI dan MY sudah kita amankan dan kita lakukan pemeriksaan lanjutan. Peristiwa itu terjadi di salah satu pesantren yang ada di Kota Lhokseumawe, di mana AI bertindak sebagai pimpinan pesantren sementara MY merupakan guru di tempat tersebut," kata Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan didampingi Kasat Reskrim AKP Indra T Herlambang saat konferensi pers di Mapolres setempat, Kamis (11/7/2019).

Ari menyebutkan dari hasil pemeriksaan, ada sekitar 15 orang anak yang menjadi korban perlakuan mereka. Namun baru 5 orang yang sudah melapor secara resmi ke pihak kepolisian. 

Sumber: detik.com

Tag:Lhokseumawepencabulan pimpinan pesantrenpesantren an nahlasebar hoax
Berita Terkait
  • Minggu, 12/07/2020 17:33 WIB

    Polisi Tanggap Tiga Pengedar Sabu di Lhokseumawe

    LHOKSEUMAWE - Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Lhokseumawe berhasil menangkap tiga orang pria diduga pengedar narkoba jenis sabu-sabu dan ganja. Ketiganya ditangkap di sebuah rumah di Jal

  • Jumat, 03/07/2020 18:50 WIB

    Pramuka Kwarcab Aceh Utara Salurkan Bantuan Untuk Warga Rohingya

    LHOKSEUMAWE - Gerakan Pramuka Kwarting Cabang Aceh Utara menyalurkan bantuan kepada pengungsi Rohingya yang berada di penampungan sementara, bekas kantor Imigrasi Lhokseumawe di Puenteut, Blang Manga

  • Rabu, 01/04/2020 19:46 WIB

    Gara-gara Corona, Rusunawa Lhokseumawe Akan Dijadikan Tempat Karantina TKI

    LHOKSEUMAWE - Pemerintah Kota Lhokseumawe akan menjadikan gedung Rusunawa di Desa Ulee Jalan Kecamatan Banda Sakti sebagai tempat karantina sementara bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) yang baru pulang

  • Sabtu, 21/03/2020 14:50 WIB

    Imbas Corona, Penjualan Tiket Pesawat di Lhokseumawe Turun Drastis

    LHOKSEUMAWE - Merebaknya wabah virus corona jenis baru atau COVID-19 yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia berimbas pada penjualan tiket pesawat di Kota Lhokseumawe, di antaranya terjadi pembatala

  • Jumat, 20/03/2020 15:30 WIB

    2 Pelaku Hipnotis Warga Lhokseumawe Dibeurekah

    LHOKSEUMAWE - Polsek Banda Sakti Kota Lhokseumawe berhasil meringkus dua pelaku penipuan dengan modus menghipnotis korbannya. Kedua pelaku yang diringkus berinisial E (50) warga Riau dan D (40) warga

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir