• Home
  • Peristiwa
  • Sabang Bangun Lintas Jalan Baru Menuju Kilometer Nol

Sabang Bangun Lintas Jalan Baru Menuju Kilometer Nol

Oleh: Redaksi
Jumat, 20/09/2019 22:13 WIB
Dibaca: 112 kali
Foto: Antara

SABANG - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Sabang, Faisal menyatakan pemerintah akan membangun lintas jalan baru menuju ke destinasi wisata kilometer nol di pulau terluar paling barat Indonesia tersebut.

“Iya, ini memang kita sudah lama membuat perencanaan pembangunan jalan Cot Murong ini yang dari bawah menyisir tepi pantai, enggak lagi melalui puncak gunung,” katanya, saat dihubungi dari Banda Aceh, Jumat (20/9/2019)

Dia menjelaskan, selama ini kondisi jalan menuju kilometer nol melalui pegunungan, salah satunya melewati tanjakan Cot Murong yang kerap sekali terjadi longsor ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi di Sabang.

“Jadi memang kondisi Cot Murong ini sering longsor, disitu ada tiga tanjakan, sering longsor dan bisa membuat putus akses transportasi. Lintas baru ini juga bisa memangkas waktu tempuh ke kilometer nol, kalau selama ini normalnya 30 menit,” katanya.

Faisal mengatakan rencana pembangunan lintas jalan baru tersebut juga telah disampaikan kepada pihak Balai Besar Pelaksanaan Nasional, dan kata dia, mereka menyambut baik upaya pengembangan akses baru menuju salah satu destinasi wisata potensial tersebut.

Bahkan sejak 2011, katanya, pemerintah kota juga telah memiliki Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan lintas jalan baru tersebut, namun karena sudah terlalu lama sehingga DED tersebut sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi sekarang ini.

“Kita juga sudah mengekspos ini ke balai besar pelaksanaan jalan nasional, jadi mereka siap saja yang penting tanahnya terbebaskan. Makanya kita mengharapkan DED itu dibuat oleh balai,” ungkapnya.

Pemkot Sabang mengharapkan pembangunan jalan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), bisa melalui balai jalan wilayah satu Aceh atau juga bisa melalui Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS).

“Cuma kita mengharapkan ada pembebasan lahan dulu, apakah (anggaran) ini dari pemerintah Aceh atau BPKS. Kita arget pembebasan tanah di 2020,” katanya.

Sumber: Antara

Tag:Sabangtugu nol kilometer
Berita Terkait
  • Sabtu, 21/03/2020 22:31 WIB

    Satu PDP Corona dari Sabang Dirujuk ke RSU Zainoel Abidin

    SABANG - Seorang warga Kota Sabang yang masuk dalam kategori pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Kota Banda Aceh guna penanganan medis l

  • Jumat, 06/03/2020 17:41 WIB

    Imbas Virus Corona, Sabang Marine Festival 2020 Ditunda

    SABANG - Event Sabang Marine Festival (SMF) 2020 yang rencananya bakal digelar pertengahan Maret mendatang diputuskan bakal ditunda. Panitia sudah menyampaikan kabar penundaan tersebut ke peserta dari

  • Selasa, 05/11/2019 15:26 WIB

    Perusahaan Diving Dituding Rusak Terumbu Karang di Sabang

    SABANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Sabang mengancam akan mencabut izin PT. Monster Scuba Diving Centre jika terbukti merusak terumbu karang. Perusahaan ini dituding merusak lingkungan saat pembersihan

  • Minggu, 13/10/2019 14:22 WIB

    Sabang Fokus Pengembangan Pariwisata Fisik dan Non Fisik

    SABANG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Sabang menyatakan pengembangan pariwisata di Sabang ke depan ini akan fokus pada pembangunan fisik dan non fisik, dalam upaya memberi pelayana

  • Rabu, 31/07/2019 10:56 WIB

    Tingkatkan Kompetensi Kepariwisataan, Guru di Sabang Ikuti Pelatihan SDM

    SABANG - Puluhan guru dari sejumlah sekolah di Kota Sabang mengikuti pelatihan kompetensi kepariwisataan. Kegiatan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh ini berlangsung di N

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir