• Home
  • Peristiwa
  • Polisi Amankan Empat Pria di Bireuen karena Teror Tim Sukses

Polisi Amankan Empat Pria di Bireuen karena Teror Tim Sukses

Oleh: Redaksi
Kamis, 28/02/2019 22:33 WIB
Dibaca: 72 kali
Foto: detik.com

BIREUEN - Empat orang pria di Kabupaten Bireuen, diamankan polisi lantaran diduga melakukan intimidasi kepada sejumlah tim sukses partai politik agar tak mengkampanyekan calon yang diusung partainya. Intimidasi dilakukan dengan senjata tajam. Dari kubu mana empat orang ini?

Adalah E alias Koboy (56), HB (45), dan AZ (27), warga Kecamatan Peusangan, Bireuen, serta ZE (44), warga Kecamatan Gandapura, Bireuen, yang diamankan polisi lantaran aksi intimidasinya. Polisi menangkap empat pria ini karena mendapat laporan dari masyarakat.

"Kita melakukan penangkapan terhadap empat pria tersebut setelah adanya laporan dari masyarakat bahwa ada beberapa orang yang melakukan intimidasi," kata Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan kepada detikcom, Kamis (28/2/2019).

Intimidasi dilakukan Koboy cs dengan mendatangi rumah-rumah tim sukses parpol di Bireuen. Mereka memaksa agar sejumlah anggota tim sukses tersebut tak mengkampanyekan pasangan calon jagoannya.

Para anggota tim sukses tersebut ketakutan karena kelompok pria ini datang ke rumahnya malam hari secara beramai-ramai dengan tujuan mengintimidasinya. Mereka akhirnya ditangkap pada Rabu (27/2/2019) di Desa Bale Setuy, Peusangan.

Menurut Kasat Reskrim Polres Bireuen, Iptu Eko Rendi Oktama, petugas menemukan barang bukti sebilah parang yang diduga digunakan untuk mengintimidasi warga selama ini. Barang bukti tersebut ada di sebuah mobil yang digeledah polisi.

"Kelompok ini kita duga merupakan tim sukses dari salah satu partai yang ada di kontestasi Pemilu Legislatif dan Presiden 2019. Mereka datang ke rumah-rumah tim sukses partai lainnya dan mengintimidasi mereka agar tidak lagi mengkampanyekan dan menyukseskan calon yang diusung oleh partainya," sebut Eko Rendi secara terpisah.

Belum diketahui dari kelompok pasangan calon mana empat orang pria yang melakukan intimidasi ini. Polisi juga belum mengungkap asal parpol empat pria tersebut.

Seperti diketahui, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin diusung oleh tujuh partai peserta pemilu lama--PDIP, Golkar, PKB, PPP, Hanura, dan NasDem, PKPI--dan dua partai baru, yakni Perindo dan PSI. Partai Bulan Bintang pun belakangan menyatakan dukungannya untuk pasangan nomor urut 01 itu.

Sementara itu, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno didukung oleh empat partai lama: Gerindra, PAN, Demokrat, dan PKS, serta satu partai baru, yakni Berkarya.

Aceh sendiri merupakan wilayah yang memiliki kekhususan pada pemilu. Di Aceh terdapat empat partai lokal, yaitu Partai Aceh, Partai Sira, Partai Daerah Aceh, dan Partai Nanggroe Aceh. Tiga partai selain Partai Nanggroe Aceh belum memberikan kepastian dukungan pada pilpres.

Ketum Partai Nanggroe Aceh yang juga Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf, menyatakan partainya mendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Kami sudah buat pengumuman bahwa PNA mendukung Jokowi-Ma'ruf," kata Irwandi di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019).

Menilik ke belakang, Prabowo diketahui memenangi Pilpres 2014 di Provinsi Serambi Mekah. Prabowo, yang kala itu berpasangan dengan Hatta Rajasa, berhasil mendulang suara 54 persen di Aceh mengalahkan Jokowi-Jusuf Kalla, yang memperoleh 46 persen suara.

Lantas dari kubu mana empat orang pria yang diduga melakukan intimidasi ini?

Sumber: detik.com

Tag:BireuenPemilu 2019
Berita Terkait
  • Jumat, 22/03/2019 22:34 WIB

    Kapolda: Aceh Aman Jelang Pemilu

    BANDA ACEH - Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak menegaskan, situasi Aceh aman menjelang pemungutan suara Pemilu 2019 yang digelar serentak antara pemilu anggota legislatif dengan pemilihan presiden

  • Minggu, 10/03/2019 21:33 WIB

    Akhir Maret Ini, Ada Festival Sate Matang di Bireuen

    BIREUEN - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh kembali menggalakkan promosi kuliner, kali ini Festival Sate Matang akan digelar akhir bulan Maret di Bireuen. Kegiatan yang d

  • Jumat, 08/03/2019 18:21 WIB

    Perempuan Aceh Suarakan Pemilu Bersih

    BANDA ACEH - Puluhan perempuan Aceh menyuarakan pemilu bersih dan bebas dari praktik politik uang pada peringatan hari perempuan se-dunia, Jumat (8/2/2019). "Kita menuntut agar pemilu serentak 2019 b

  • Jumat, 08/03/2019 15:18 WIB

    Dua WNA Asal Belanda dan Taiwan Dicoret dari DPT di Aceh

    BANDA ACEH - Dua warga negara asing (WNA) di Aceh diketahui memiliki KTP dan nama mereka juga masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mengaku sudah mencoret nama

  • Selasa, 05/03/2019 19:55 WIB

    94 Tokoh Ulama Aceh Imbau Elite Berpolitik tak Tebar Fitnah

    JAKARTA - Sejumlah ulama Aceh menyampaikan akan mendukung pemerintah dalam mengklarifikasi berita bohong maupun hoaks kepada masyarakat."Karena kami harus membenarkan yang benar dan untuk apa kita ben

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir