• Home
  • Peristiwa
  • Polda Aceh Patroli Udara Pantau Kedatangan Imigran Rohingya

Polda Aceh Patroli Udara Pantau Kedatangan Imigran Rohingya

Oleh: Redaksi
Kamis, 14/05/2020 17:10 WIB
Dibaca: 38 kali
Foto: Antara

BANDA ACEH - Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Aceh menyatakan hingga kini belum terpantau ratusan imigran Rohingya, Myanmar, masuk perairan Indonesia.

"Dari hasil patroli udara yang kami lakukan, tidak ditemukan kapal pengangkut imigran Rohingya. Patroli udara akan terus kami lakukan beberapa hari ke depan," kata Direktur Polisi Air dan Udara Polda Aceh Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro di Banda Aceh, Kamis (14/5/2020).

Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro menyebutkan sebelumnya Satgas 125 PPLN Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) menginformasikan 500 pengungsi Rohingya menggunakan dua kapal motor menuju Malaysia.

Menurut Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro, tidak menutup kemungkinan mereka masuk ke perairan Indonesia, terutama di wilayah Aceh. Karena itu, Direktorat Polisi Air dan Udara Polda Aceh mengintensifkan patroli, baik dan perairan maupun udara.

"Untuk hari ini, kami sudah melakukan patroli udara di perairan Aceh Besar dan Kabupaten Pidie, memantau kapal motor membawa imigran Rohingya. Hasilnya, tidak ditemukan kapal motor tersebut," kata Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro.

Perwira menengah Polri itu menambahkan patroli pemantauan udara menggunakan helikopter akan dilanjutkan hingga beberapa hingga beberapa hari ke depan dengan cakupan perairan wilayah pesisir timur Aceh meliputi Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, hingga Aceh Timur.

"Kami juga sudah menginstruksikan satuan polisi perairan di polres-polres untuk terus memantau kehadiran pengungsi Rohingya dengan meningkatkan patroli laut," kata Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro.

Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro mengatakan Indonesia tidak meratifikasi masalah pengungsi antarnegara. Apabila pengungsi Rohingya tersebut masuk Indonesia, dikhawatirkan akan membuat masalah baru.

"Apalagi saat ini situasi pandemi COVID-19. Jangan sampai mereka masuk dan menimbulkan masalah bagi kita. Tapi, hingga kini mereka belum memasuki perairan Indonesia," kata Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro menyebutkan.

Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro juga mengajak masyarakat, terutama nelayan. ikut membantu kepolisian memantau kedatangan imigran Rohingya, Myanmar tersebut.

Apabila menemukan mereka di laut segera laporkan dan berkoordinasi dengan instansi terkait dalam mengambil langkah-langkah menghadapi imigran Rohingya tersebut, kata Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro.

"Bila nanti ada ditemukan mereka masuk perairan Indonesia, upayakan tidak diarahkan ke daratan. Jika mereka perlu bantuan, segera penuhi dan kemudian arahkan mereka ke tempat tujuan," kata Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro.

Sumber: Antara

Tag:imigran rohingyapatroli udaraPolda Aceh
Berita Terkait
  • Rabu, 13/05/2020 20:05 WIB

    Kapolda Ganti 8 Wakapolres di Aceh

    BANDA ACEH - Delapan perwira Polri yang menjabat wakil kepala kepolisian resor (wakapolres) beserta seratusan personel lainnya di jajaran Polda Aceh diganti dan dimutasi Kepala Bidang Humas Polda A

  • Jumat, 01/05/2020 15:46 WIB

    Dirlantas Polda Aceh: Belum Ada Angkutan Umum dan Pribadi Disuruh Balik Arah

    BANDA ACEH - Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan hingga kini belum ada larangan angkutan umum, baik barang maupun penumpang, serta kendaraan pribadi, masuk ke wilayah A

  • Jumat, 10/04/2020 19:55 WIB

    Polda Aceh dan Kodam IM Bagi Sembako untuk Kaum Duafa

    BANDA ACEH - Polda Aceh bersama Kodam Iskandar Muda (IM) membagikan sembako kepada warakawuri atau janda TNI/Polri dan kaum duafa. Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono di Banda Aceh

  • Minggu, 08/03/2020 21:47 WIB

    Curi Uang Perusahaan Rp1 Miliar, Karyawan Serahkan Diri ke Polda Aceh

    BANDA ACEH - Seorang karyawan menyerahkan diri ke Polda Aceh setelah diduga mencuri uang perusahaan tempatnya bekerja dengan nilai mencapai Rp1 miliar lebih. Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes P

  • Sabtu, 28/09/2019 23:01 WIB

    Amankan Pelantikan Anggota DPRA, Polda Aceh Siapkan 848 Personil

    BANDA ACEH - Kepolisian Daerah (Polda) Aceh mengerahkan 848 personel untuk mengamankan prosesi pelantikan 81 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) 2019-2024 hasil pemilu legislatif 17 April lalu

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir