Pesona Baru Masjid Raya Baiturrahman yang Memukau

Oleh: Redaksi
Senin, 03/07/2017 14:00 WIB
Dibaca: 138 kali
Foto: liputan6.com

BANDA ACEH - Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di jantung kota Banda Aceh ini adalah Masjid kebanggaan masyarakat Aceh. Mulanya masjid ini merupakan Masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam, pada tahun 1022 H/1612 M.

Bangunan ikonik yang juga menjadi landmark kota Banda Aceh ini terus berbenah, setelah Aceh berhasil menyabet penghargaan sebagai World’s Best Halal Cultural Destination, pada ajang World’s Halal Tourism Award 2016 yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 24 Oktober sampai 25 November 2016.

Wajah baru Masjid Bumi Serambi Mekkah ini menjadi semakin menarik dan menawan, dengan adanya payung elektrik sebanyak 12 buah yang terpasang di sekitar Masjid.

Proyek pemasangan payung elektrik yang selesai pada Mei 2017 ini, membuat Masjid Raya Baiturrahman terlihat mirip seperti Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Hamparan rumput yang dulu nya memenuhi halaman Masjid Raya ini kini berganti dengan lantai marmer yang indah.

Tentunya hal ini menambah daya tampung jamaah yang dulu nya 9000 jamaah di dalam Masjid kini mampu mencapai 24000 jamaah baik di dalam dan luar Masjid.

Selain Payung elektrik yang berjumlah 12 buah dan lantai marmer di halaman Masjid, perubahan lainnya yang ada di Masjid Raya Baiturrahman adalah, tempat wudhu yang berada di basement, lokasi parkir bawah tanah, hiasan lampu, dinding bermotif pintu Aceh, serta kehadiran tiga puluh lebih pohon kurma yang mempercantik tampilan baru dari Masjid Raya Baiturrahman ini.

Hal ini semakin membuat jamaah dan pengunjung semakin nyaman dan betah berlama-lama berada dilingkungan Masjid.

Selain warga Banda Aceh dan sekitarnya, wisatawan lokal juga banyak yang berdatangan dari provinsi yang berdekatan dengan Aceh di pulau Sumatera, seperti dari Sumatera Barat, Riau dan tentunya Sumatera Utara yang menyumbangkan wisatawan terbanyak.

Terdapat juga sebagian kecil wisatawan dari Jakarta dan Jawa Barat yang datang untuk berwisata religi di Masjid Raya Baiturrahman. Untuk wisatawan asing yang datang lebih banyak didominasi oleh warga negeri Jiran Malaysia.

Sebagai tempat ibadah bersejarah yang memiliki nilai seni tinggi, Masjid Raya Baiturrahman menjadi objek wisata religi yang mampu membuat setiap wisatawan yang datang terpesona dan berdecak kagum akan nilai sejarahnya yang masih terjaga hingga kini.

Masjid Raya Baiturrahman memiliki keindahan arsitektur yang memukau, ukiran yang menarik, halaman yang luas dengan kolam pancoran air yang berada di tengah halaman Masjid bergaya Kesultanan Turki Utsmani.

Masjid Raya Baiturrahman memiliki 7 kubah, 4 menara, dan 1 menara induk ini berdiri kokoh sebagai simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme Bangsa Aceh.

Menjadi saksi banyak nya peristiwa besar yang terjadi di Aceh, dan tentunya menjadi semangat pemersatu dan kebanggan masyarakat Aceh.

Sumber: liputan6.com

T#g:Banda AcehMasjid Raya BaiturahmanWisata AcehWisata Religi
Berita Terkait
  • Minggu, 15/10/2017 12:38 WIB

    Laskar Digital Aceh Siap Meriahkan Sanger Day+ Fest 2017

    BANDA ACEH - Setelah sukses dilaksanakan  selama tiga tahun terakhir sejak ditetapkan  tanggal 12 Oktober 2014 sebagai Hari Sanger atau Sanger  Day di Kota Banda Aceh, maka  pad

  • Minggu, 15/10/2017 12:02 WIB

    Duta Wisata Aceh 2017 dan Tantangan Masa Depan

    BANDA ACEH - Tanpa terasa setahun telah berlalu saat Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh menggelar kegiatan Pemilihan Duta Wisata Aceh 2016 di Kota Langsa yang berhasil men

  • Rabu, 04/10/2017 11:18 WIB

    PDWA Ditutup, Panitia Paparkan Sejumlah Hasil Verifikan Data

    BANDA ACEH - Sejak dibuka pendaftaran per September lalu hingga 1 Oktober, pendaftaran Pemilihan Duta Wisata Aceh (PDWA) 2017 berlangsung lancar dan tepat waktu. Hal tersebut dikemukakan Kepala Din

  • Rabu, 27/09/2017 15:38 WIB

    Promosikan Paket Wisata, Aceh Sales Mission Incar Medan dan Batam

    MEDAN - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh terus menggenjot promosi pariwisata lewat berbagai cara, khususnya menyasar sejumlah pasar calon wisatawan nusantara dengan targ

  • Rabu, 20/09/2017 10:25 WIB

    Pendaftaran Duta Wisata Aceh 2017 Berakhir 1 Oktober Ini!

    BANDA ACEH - Memasuki satu dekade Pemilihan Duta Wisata Aceh (PDWA) tahun ini akan mengangkat sesuatu yang beda dari tahun sebelumnya. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ace

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir