Pesona Baru Masjid Raya Baiturrahman yang Memukau

Oleh: Redaksi
Senin, 03/07/2017 14:00 WIB
Dibaca: 155 kali
Foto: liputan6.com

BANDA ACEH - Masjid Raya Baiturrahman yang terletak di jantung kota Banda Aceh ini adalah Masjid kebanggaan masyarakat Aceh. Mulanya masjid ini merupakan Masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam, pada tahun 1022 H/1612 M.

Bangunan ikonik yang juga menjadi landmark kota Banda Aceh ini terus berbenah, setelah Aceh berhasil menyabet penghargaan sebagai World’s Best Halal Cultural Destination, pada ajang World’s Halal Tourism Award 2016 yang digelar di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 24 Oktober sampai 25 November 2016.

Wajah baru Masjid Bumi Serambi Mekkah ini menjadi semakin menarik dan menawan, dengan adanya payung elektrik sebanyak 12 buah yang terpasang di sekitar Masjid.

Proyek pemasangan payung elektrik yang selesai pada Mei 2017 ini, membuat Masjid Raya Baiturrahman terlihat mirip seperti Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Hamparan rumput yang dulu nya memenuhi halaman Masjid Raya ini kini berganti dengan lantai marmer yang indah.

Tentunya hal ini menambah daya tampung jamaah yang dulu nya 9000 jamaah di dalam Masjid kini mampu mencapai 24000 jamaah baik di dalam dan luar Masjid.

Selain Payung elektrik yang berjumlah 12 buah dan lantai marmer di halaman Masjid, perubahan lainnya yang ada di Masjid Raya Baiturrahman adalah, tempat wudhu yang berada di basement, lokasi parkir bawah tanah, hiasan lampu, dinding bermotif pintu Aceh, serta kehadiran tiga puluh lebih pohon kurma yang mempercantik tampilan baru dari Masjid Raya Baiturrahman ini.

Hal ini semakin membuat jamaah dan pengunjung semakin nyaman dan betah berlama-lama berada dilingkungan Masjid.

Selain warga Banda Aceh dan sekitarnya, wisatawan lokal juga banyak yang berdatangan dari provinsi yang berdekatan dengan Aceh di pulau Sumatera, seperti dari Sumatera Barat, Riau dan tentunya Sumatera Utara yang menyumbangkan wisatawan terbanyak.

Terdapat juga sebagian kecil wisatawan dari Jakarta dan Jawa Barat yang datang untuk berwisata religi di Masjid Raya Baiturrahman. Untuk wisatawan asing yang datang lebih banyak didominasi oleh warga negeri Jiran Malaysia.

Sebagai tempat ibadah bersejarah yang memiliki nilai seni tinggi, Masjid Raya Baiturrahman menjadi objek wisata religi yang mampu membuat setiap wisatawan yang datang terpesona dan berdecak kagum akan nilai sejarahnya yang masih terjaga hingga kini.

Masjid Raya Baiturrahman memiliki keindahan arsitektur yang memukau, ukiran yang menarik, halaman yang luas dengan kolam pancoran air yang berada di tengah halaman Masjid bergaya Kesultanan Turki Utsmani.

Masjid Raya Baiturrahman memiliki 7 kubah, 4 menara, dan 1 menara induk ini berdiri kokoh sebagai simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme Bangsa Aceh.

Menjadi saksi banyak nya peristiwa besar yang terjadi di Aceh, dan tentunya menjadi semangat pemersatu dan kebanggan masyarakat Aceh.

Sumber: liputan6.com

T#g:Banda AcehMasjid Raya BaiturahmanWisata AcehWisata Religi
Berita Terkait
  • Minggu, 10/12/2017 13:11 WIB

    Udara, Air, dan Darat Menuju Sabang

    SABANG - "Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau. Sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia." Sepotong lagu nasional berjudul 'Dari Sabang Sampai Merauke' cipt

  • Kamis, 07/12/2017 14:58 WIB

    Buang Sampah di Pulau 'Perawan' Aceh Ini, Siap-siap Kena Sanksi

    ACEH SINGKIL - Destinasi wisata Pulau Banyak, Aceh Singkil ibarat perawan di ujung barat Indonesia. Keindahannya yang alami perlu dirawat untuk menarik wisatawan dan perlu sanksi tegas jika ada yan

  • Minggu, 03/12/2017 17:38 WIB

    Imbas Sail Sabang, Wisata Selam di Aceh Makin Cool

    SABANG - Sabang Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 ikut berimbas ke wisata selamnya, amornya makin ngehits. Bahkan menjadi salah satu itinerary wajib para wisatawan saat traveling. Spot-spot snorklin

  • Minggu, 03/12/2017 02:11 WIB

    Hujan dan Angin, 6 pesawat Jupiter Aerobatic Gagal Tampil di Sail Sabang

    SABANG - Kondisi cuaca di sekitaran lokasi Sail Sabang, hujan dan angin kencang sejak tadi subuh. Akibatnya enam pesawat Jupiter Aerobatik Team (JAT) gagal bermanuver di hadapan Wakil Presiden Jusu

  • Sabtu, 02/12/2017 21:03 WIB

    Wapres JK Sebut Ada 2 Hal Menarik di Sail Sabang 2017

    SABANG - WAKIL Presiden RI,  Muhammad Jusuf Kalla resmi membuka perhelatan Sail Sabang 2017, Sabtu (2/12/2017) di pelabuhan CT-3 BPKS Sabang. Pembukaan ditandai dengan pemukuluan rapai ole

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir