Perempuan Aceh Suarakan Pemilu Bersih

Oleh: Redaksi
Jumat, 08/03/2019 18:21 WIB
Dibaca: 164 kali
Foto: Antara

BANDA ACEH - Puluhan perempuan Aceh menyuarakan pemilu bersih dan bebas dari praktik politik uang pada peringatan hari perempuan se-dunia, Jumat (8/2/2019).

"Kita menuntut agar pemilu serentak 2019 bersih dari segala bentuk intimidasi dan bebas politik uang," kata orator aksi pada perigatan Hari Perempuan se-dunia, Darwati Gani di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, Jumat.

Perigantan hari perempuan se-dunia, 8 Maret 2019 mengusung tema melawan kekerasan seksual dan mewujudkan pemilu bersih untuk Aceh hebat.

Puluhan peserta aksi damai tersebut di Halaman Masjid Raya Baiturrahman (MRB), Banda Aceh membawa spanduk bertuliskan, dukung pemilu bersih, sahkan RUUPKS, penuhi hak-hak perempuan Aceh dan tempatnya perempuan adalah di rumah, rumah aspirasi rakyat.

Poster lainnya bertuliskan, perempuan sehat Aceh kuat, perempuan cerdas Aceh gemilang.

Aksi damai itu mendapat pengawalan dari kepolisian dan selanjutnya peserta aksi berjalan kaki dari MRB menuju Bundara Simpang Lima Banda Aceh.

Darwati juga mengajak perempuan di provinsi paling barat Indonesia itu untuk terus menyuarakan keadilan dan memilih perempuan yang punya kapasitas pada pemilu serentak 17 April 2019.

"Pemilu harus bersih dari ketidakadilan bagi perempuan. Perempuan yang mencalonkan diri sebagai legislatif tidak hanya dimanfaatkan oleh partai politik tertentu melainkan mampu bersaing memperjuangkan hak-hak perempuan di seluruh Aceh," ujarnya.

Orator lainnya, Suaraya mengaku prihatin terkait kekerasan yang terjadi terhadap perempuan dan anak.

"Kita berharap kekerasan terhadap perempuan dan anak harus segera berakhir," tuturnya sembari disambut yel-yel oleh peserta aksi, hidup perempuan, hidup perempuan, hidup perempuan.

Aksi damai Hari Perempuan se-dunia tersebut diikuti berbagai perwakilan organisasi antara lain Balai Syura Ureung Inong Aceh, Organisasi masyarakat sipil Aceh, Flower Aceh dan RRUP.

Selain itu juga Serikat Inong Aceh, SeIA, KPI Aceh, PKBI Aceh, AWPF, Puan Addisa, RPPA, Natural Aceh, FKPAR, SP Aceh, LBH Apik Aceh dan pulahan mahasiswi dari sejumlah perguruan tinggi di Banda Aceh.

Sumber: Antara

Tag:Pemilu 2019perempuan aceh
Berita Terkait
  • Rabu, 22/05/2019 22:06 WIB

    Koordinator Relawan Prabowo di Aceh Sebagai Tersangka

    BANDA ACEH - Kepolisian menetapkan koordinator relawan Prabowo Sandi Provinsi Aceh Don Muzakir sebagai tersangka terkait video provokasi dan ajakan massa ke Jakarta. Kapolresta Banda Aceh Kombes Po

  • Selasa, 21/05/2019 22:53 WIB

    Plt Gubernur Aceh Ucapkan Selamat ke Jokowi-Ma'ruf Amin

    BANDA ACEH - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin yang memenangi Pilpres. Nova mengajak semua pihak bersama-sama membangun Indones

  • Selasa, 21/05/2019 15:47 WIB

    Penyebar Hoaks Mar'ruf Amin Pakai Kostum Sinterklas Dibui 7 Bulan

    LHOKSEUMAWE - PN Lhokseumawe, Aceh menjatuhkan vonis 7 bulan penjara kepada Tgk Safwan. Ia terbukti menyebarkan hoaks Ma'ruf Amin berkostum sinterklas. Hukuman tersebut lebih ringan dari tuntutan

  • Kamis, 16/05/2019 14:18 WIB

    Perolehan Kursi Turun, Caleg Partai Aceh Dinilai Kurang Pengaruh

    BANDA ACEH - Perolehan kursi Partai Aceh di DPR Aceh (DPRA) kian merosot. Partai bentukan mantan pimpinan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini tidak mampu mencapai target mereka di Pemilu 2019. Perolehan

  • Selasa, 14/05/2019 14:07 WIB

    Ulama Aceh: Harusnya Bulan Ramadhan Bisa Sejukkan Suhu Politik

    BANDA ACEH - Seorang ulama dari Aceh, Masrul Aidi Lc mengatakan, seharusnya bulan Ramadhan yang telah berjalan bisa menyejukkan suhu politik Tanah Air menjelang penetapan suara Pemilu Serentak dilakuk

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir