Penerima PKH di Bener Meriah Berkurang Signifikan

Oleh: Redaksi
Selasa, 17/09/2019 16:38 WIB
Dibaca: 155 kali
Foto: ilustrasi/google.com

BENER MERIAH - Jumlah penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Bener Meriah disebutkan berkurang signifikan mencapai angka 1.490 keluarga hingga Agustus 2019.

Koordinator PKH Kabupaten Bener, Andika Kinnusi, kepada wartawan, Selasa, menyampaikan bahwa penurunan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari program tersebut, karena sebagian besar masyarakat yang telah mengalami peningkatan ekonomi, bersedia mundur secara sukarela sebagai peserta PKH.

"Dan banyak juga peserta PKH yang tidak lagi memenuhi syarat sebagai penerima," kata Andika Kinnusi.

Dia menjelaskan bahwa pada tahun 2018, pihaknya mencatat jumlah KPM-PKH di Bener Meriah masih mencapai angka 8.104 keluarga.

Jumlah tersebut, kata Andika, terdiri dari berbagai komponen masyarakat, diantaranya ibu hamil, balita, anak sekolah, disabilitas, dan masyarakat lanjut usia.

"Tahun 2018 sampai pada bulan Agustus 2019 terjadi penurunan jumlah penerima PKH secara signifikan, yakni berkurang sebanyak 1.490 keluarga penerima," sebutnya.

Menurut Andika, penurunan jumlah tersebut tak terlepas dari upaya pihaknya melalui pendamping PKH yang selama ini terus berupaya memberikan pemahaman kepada kelompok masyarakat penerima manfaat dari program tersebut, agar bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masing-masing keluarga.

"Pendamping PKH melalui program Peningkatan Kapasitas Keluarga (P2K2), memberikan edukasi untuk merubah pola pikir dan prilaku masyarakat. Kegiatan itu dilaksanakan setiap bulan," ujar Andika.

Selain itu, kata dia, para Pendamping PKH selama ini juga kerap memberikan pemahaman bahwa program kesejahteraan tersebut hanya diperuntukan bagi masyarakat miskin.

Sehingga bagi masyarakat yang kemudian telah mengalami peningkatan ekonomi keluarganya, secara sukarela bersedia untuk mundur sebagai penerima.

"Jadi ini membuktikan bahwa PKH sangat efektif untuk upaya pengentasan kemiskinan di tengah masyarakat," ucap Andika Kinnusi.

Sumber: Antara

Tag:Bener Meriahprogram keluarga harapan
Berita Terkait
  • Sabtu, 30/05/2020 15:36 WIB

    Gara-gara BLT, Warga di Bener Meriah Rusak Kantor Desa

    BENER MERIAH - Puluhan warga di Kampung Blang Panas, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, merusak kantor desa setempat karena tak puas dengan penyaluran BLT. Kapolres Bener Meriah AKBP Siswoyo

  • Senin, 18/05/2020 21:37 WIB

    Pasca Banjir di Bener Meriah, TNI dan Polri Salurkan Bantuan ke Dusun Bakongan

    BENER MERIAH - Jajaran Polres Bener Meriah bersama personel TNI dari Kodim 0106 Aceh Tengah/Bener Meriah menyalurkan bantuan Sembako kepada warga Dusun Bakongan Baru, Kampung Wih Tenang Toa, Kecamatan

  • Minggu, 19/04/2020 21:09 WIB

    Gegara Virus Corona, Penumpang di Bandara Rembele Sepi Banget

    BENER MERIAH - Arus penumpang di Bandara Rembele Bener Meriah turun dratis sejak virus corona (Covid-19) menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Kepala

  • Selasa, 24/03/2020 23:38 WIB

    ODP Virus Corona di Bener Meriah Bertambah Jadi 15 Orang

    BENER MERIAH - Orang dalam pemantauan (ODP) COVID-19 di Kabupaten Bener Meriah bertambah 9 orang sehingga total menjadi 15 orang.Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Be

  • Kamis, 19/03/2020 15:53 WIB

    Oknum Guru di Bener Meriah Terlibat Penipuan CPNS

    BANDA ACEH - Personel Satuan Reserse Kriminal Polresta Banda Aceh menangkap seorang guru karena diduga terlibat penipuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan kerugian puluhan juta rupiah. Kapol

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2020 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir