Penerima PKH di Bener Meriah Berkurang Signifikan

Oleh: Redaksi
Selasa, 17/09/2019 16:38 WIB
Dibaca: 74 kali
Foto: ilustrasi/google.com

BENER MERIAH - Jumlah penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Bener Meriah disebutkan berkurang signifikan mencapai angka 1.490 keluarga hingga Agustus 2019.

Koordinator PKH Kabupaten Bener, Andika Kinnusi, kepada wartawan, Selasa, menyampaikan bahwa penurunan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari program tersebut, karena sebagian besar masyarakat yang telah mengalami peningkatan ekonomi, bersedia mundur secara sukarela sebagai peserta PKH.

"Dan banyak juga peserta PKH yang tidak lagi memenuhi syarat sebagai penerima," kata Andika Kinnusi.

Dia menjelaskan bahwa pada tahun 2018, pihaknya mencatat jumlah KPM-PKH di Bener Meriah masih mencapai angka 8.104 keluarga.

Jumlah tersebut, kata Andika, terdiri dari berbagai komponen masyarakat, diantaranya ibu hamil, balita, anak sekolah, disabilitas, dan masyarakat lanjut usia.

"Tahun 2018 sampai pada bulan Agustus 2019 terjadi penurunan jumlah penerima PKH secara signifikan, yakni berkurang sebanyak 1.490 keluarga penerima," sebutnya.

Menurut Andika, penurunan jumlah tersebut tak terlepas dari upaya pihaknya melalui pendamping PKH yang selama ini terus berupaya memberikan pemahaman kepada kelompok masyarakat penerima manfaat dari program tersebut, agar bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masing-masing keluarga.

"Pendamping PKH melalui program Peningkatan Kapasitas Keluarga (P2K2), memberikan edukasi untuk merubah pola pikir dan prilaku masyarakat. Kegiatan itu dilaksanakan setiap bulan," ujar Andika.

Selain itu, kata dia, para Pendamping PKH selama ini juga kerap memberikan pemahaman bahwa program kesejahteraan tersebut hanya diperuntukan bagi masyarakat miskin.

Sehingga bagi masyarakat yang kemudian telah mengalami peningkatan ekonomi keluarganya, secara sukarela bersedia untuk mundur sebagai penerima.

"Jadi ini membuktikan bahwa PKH sangat efektif untuk upaya pengentasan kemiskinan di tengah masyarakat," ucap Andika Kinnusi.

Sumber: Antara

Tag:Bener Meriahprogram keluarga harapan
Berita Terkait
  • Rabu, 09/10/2019 13:47 WIB

    Mantan Kadis di Bener Meriah Jadi Tersangka Korupsi Rp16,5 Miliar

    BANDA ACEH - Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menetapkan mantan Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bener Meriah berinisial AR ditetapkan sebagai tersangka dengan kerugian negara Rp16,5 mili

  • Rabu, 02/10/2019 19:12 WIB

    Pelaku Wisata Malaysia dan Brunei Famtrip ke Dataran Tinggi Gayo

    BANDA ACEH - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadis Budpar) Aceh, Jamaluddin menyatakan pelaku wisata dari Malaysia dan Brunei Darussalam akan menikmati pesona wisata di dataran tinggi Gayo. "

  • Selasa, 01/10/2019 16:25 WIB

    BNN Tembak Mati Bandar Sabu di Bener Meriah

    BANDA ACEH - Seorang bandar sabu di Aceh tewas ditembak petugas BNN Provinsi Aceh karena melawan saat ditangkap. Tersangka Ridwan Ilyas Jamil diketahui sebagai pemasok 35 Kilogram untuk dua tersangka

  • Jumat, 27/09/2019 19:51 WIB

    Mahasiswa FKG Unsyiah Gelar Bakti Sosial di Bener Meriah

    BENER MERIAH - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unsyiah Banda Aceh menggelar kegiatan bakti sosial penyuluhan sekaligus pengobatan gigi dan mulut gratis terhadap anak dan masyarakat di Kabupat

  • Rabu, 04/09/2019 14:02 WIB

    Penumpang di Bandara Rembele Mengalami Penurunan

    BENER MERIAH - Operator maskapai penerbangan mengakui jumlah penumpang pesawat rute domestik mengalami tren penurunan selama delapan bulan terakhir tahun ini di Banda Udara (Bandara) Rembele, Simpang

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir