• Home
  • Peristiwa
  • Pemkab Aceh Utara Gratiskan Pembuatan Akta Kelahiran

Pemkab Aceh Utara Gratiskan Pembuatan Akta Kelahiran

Oleh: Redaksi
Selasa, 17/09/2019 21:57 WIB
Dibaca: 69 kali
Ilustrasi/google.com

ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mengratiskan biaya atau retribusi pembuatan akta kelahiran guna mendorong masyarakat mengurus kepemilikan surat bukti lahir tersebut.

"Akta kelahiran diberikan gratis kepada setiap bayi yang baru dilahirkan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara Zulkarnaini di Lhokseumawe, Selasa (17/9/2019).

Zulkarnaini menyebutkan, akta kelahiran merupakan bagian dari hak sipil anak yang harus dipenuhi. Pemberian akta kelahiran gratis tersebut untuk meningkatkan kepemilikan surat tanda lahir di Kabupaten Aceh Utara.

Zulkarnaini mengatakan, masih banyak anak di Aceh Utara belum memiliki akta kelahiran. Akibatnya, mereka tidak tercatat asal-usulnya, nama dan kewarnegaraannya.

"Secara nasional, cakupan kepemilikan akta kelahiran saat ini masih belum mencapai target nasional. Untuk Aceh baru mencapai 84 persen, dan Aceh Utara baru 78,26 persen,” ungkap Zulkarnaini.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara itu mengatakan, hak mendapatkan identitas merupakan hak dasar yang melekat pada setiap anak dan wajib diberikan negara.

Oleh karena itu, sudah seharusnya seorang anak mendapatkan akta kelahiran gratis semenjak dia dilahirkan sebagaimana UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan.

"Dalam undang-undang tersebut menyebutkan bahwa pemerintah telah membuat kebijakan terkait pembebasan retribusi pengurusan akta kelahiran. Jadi, pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan tidak dipungut biaya," kata Zulkarnaini

Terkait pembuatan akta kelahiran, Zulkarnaini mengatakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara terus menggencarkan sosialisasi percepatan kepemilikan akta kelahiran.

Sosialisasi untuk mendorong peningkatan percepatan kepemilikan akta kelahiran dan sebagai upaya mencapai target nasional cakupan pemilikan akta kelahiran.

"Kami berharap dengan sosialiasi tersebut masyarakat mendapatkan informasi yang berguna dalam pengurusan akta kelahiran anak maupun administrasi kependudukan lainnya," ujar Zulkarnaini.

Sumber: Antara

Tag:Aceh Utaraakta gratis
Berita Terkait
  • Minggu, 20/10/2019 15:39 WIB

    Tepergok Curi Motor, Pria Ini Diamuk Massa di Cot Girek

    ACEH UTARA - Seorang pria babak belur diamuk massa di kawasan Dusun Alue Ie Jaya, Gampong (desa) Alue Leuhob, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, setelah tepergok diduga hendak mencuri satu uni

  • Jumat, 11/10/2019 21:15 WIB

    Peringati Hari Santri Nasional, Dayah Aceh Utara Gelar Upacara Bendera di Lhoksukon

    ACEH UTARA - Dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) pada 22 Oktober 2019, seluruh dayah (pesantren) di Kabupaten Aceh Utara akan memutihkan lapangan upacara Lhoksukon. Kegiatan upacara bender

  • Kamis, 10/10/2019 21:32 WIB

    Pria Nisam Antara Ditangkap karena Lakukan Provokasi dan Ujaran Kebencian

    BANDA ACEH - Personel Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Aceh menangkap seorang tersangka provokasi dan ujar kebencian yang disebar di media sosial. Kepala Bidang Humas Polda Aceh

  • Rabu, 02/10/2019 16:53 WIB

    Tragis, Warga Bireuen Meninggal Terjepit Truck Tronton

    ACEH UTARA - Seorang sopir mobil dump truk, Zaini (40) warga asal Desa Mon Jambe, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen meninggal dunia akibat terjepit mobil yang dikendarainya.  Peristiwa itu ter

  • Minggu, 29/09/2019 12:11 WIB

    Dosen Unimal Presentasi Keunggulan Durian Aceh di Vietnam

    ACEH UTARA - Tiga dosen Universitas Malikussaleh (Unimal) mengikuti simposium internasional di Vietnam. Simposium ini mengambil tema “International Symposium on Tropical Fruits (ISTF) 2019&

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir