Pelajar Asing Dominasi Pemegang Kitas di Aceh

Oleh: Redaksi
Rabu, 23/01/2019 08:21 WIB
Dibaca: 142 kali
Foto: jambiupdate.co

BANDA ACEH - Kantor Imigrasi Kelas I Banda Aceh menyebutkan warga negara asing (WNA) pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas atau Kitas di Provinsi Aceh masih didominasi pelajar.

"Pemegang Kitas di Aceh itu didominasi pelajar yaitu, mahasiswa dan santri," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh, Irawan di Banda Aceh, Selasa (22/1/2019).

Dia menjelaskan, WNA pemegang Kitas di provinsi paling barat Sumatera Aceh keseluruhan 550 orang terdiri dari, mahasiswa, santri, dan pekerja serta tenaga pengajar.

"Saya tegaskan, Imigrasi tidak melindungi WNA yang melanggar keimigrasian dan jika ada WNA yang melanggar keimigrasian akan kita tidak sesuai aturan hukum yang berlaku di Negara Indonesia," kata dia.

Irawan mengaku Tim pengawas orang asing (Pora) bersama Imigrasi serta para pihak terkait lainnya sesuai UU Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Imigrasi akan menindak tegas setiap orang asing yang melakukan pelanggaran di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pasal 113 UU Imigrasi menyebut setiap orang yang dengan sengaja masuk atau keluar wilayah Indonesia yang tidak melalui pemeriksaan oleh pejabat Imigrasi di tempat pemeriksaan imigrasi dipidana penjara paling satu tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp100 juta.

Irawan mengatakan sanksi juga akan diberikan kepada mereka yang melindungi WNA.

Dia mengatakan setiap orang yang dengan sengaja menyembunyikan atau melindungi atau memberikan pemondokan atau memberikan penghidupan atau memberikan pekerjaan kepada orang asing yang diketahui berada di wilayah Indonesia secara tidak sah akan dipidana.

Sesuai pasal 124 UU Imigrasi mereka dipidana penjara paling lama dua tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp200 juta.

Demikian halnya WNA yang izin tinggalnya habis akan dipidana kurungan paling lama tiga bulan atau pidana denda paling banyak Rp25 juta.

Sumber: Antara

Tag:Banda Acehimigrasi banda acehpelajar asing
Berita Terkait
  • Rabu, 26/06/2019 20:46 WIB

    Airport Tax dari Banda SIM ke Luar Negeri Naik Jadi Rp 150.000

    BANDA ACEH - Tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) atau biasa dikenal airport tax untuk penerbangan internasional dari Bandara Sultan Iskandar Muda, naik. Biaya yang dikenakan kepada se

  • Selasa, 25/06/2019 15:40 WIB

    Cuaca Buruk, Seluruh Pelayaran Banda Aceh-Sabang Dihentikan

    BANDA ACEH - Pelayaran dari Banda Aceh menuju Sabang dan sebaliknya dihentikan sementara akibat ombak tinggi dan angin kencang. Kapal kembali berlayar besok pagi. "Seluruh pelayaran hari ini kita h

  • Jumat, 31/05/2019 13:18 WIB

    Teka-teki Ikan Mati Massal di Pantai Banda Aceh

    BANDA ACEH - Keberadaan ikan yang disebut mati massal di pantai di Banda Aceh sempat membuat heboh. Terjawab sudah, ternyata ikan itu hasil tangkapan nelayan. "Ikan yang di pantai itu hasil tangkapan

  • Senin, 20/05/2019 17:45 WIB

    THR PNS Cair 24 Mei, Pemkot Banda Aceh Siapkan Rp 18 M

    BANDA ACEH - Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh menyiapkan anggaran Rp 18 miliar untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) PNS. Rencananya, THR akan cair pada 24 Mei mendatang. "Peraturan Wali Kota

  • Sabtu, 11/05/2019 14:54 WIB

    Saiful Perantara Suap Irwandi Yusuf Dipindah ke Lapas Banda Aceh

    BANDA ACEH - T Saiful Bahri, perantara suap Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dipindahkan ke Lapas Lambaro, Banda Aceh. Pemindahan Saiful yang divonis 5 tahun penjara ini dilakukan Jaksa pada KPK.

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir