Pelajar Asing Dominasi Pemegang Kitas di Aceh

Oleh: Redaksi
Rabu, 23/01/2019 08:21 WIB
Dibaca: 179 kali
Foto: jambiupdate.co

BANDA ACEH - Kantor Imigrasi Kelas I Banda Aceh menyebutkan warga negara asing (WNA) pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas atau Kitas di Provinsi Aceh masih didominasi pelajar.

"Pemegang Kitas di Aceh itu didominasi pelajar yaitu, mahasiswa dan santri," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh, Irawan di Banda Aceh, Selasa (22/1/2019).

Dia menjelaskan, WNA pemegang Kitas di provinsi paling barat Sumatera Aceh keseluruhan 550 orang terdiri dari, mahasiswa, santri, dan pekerja serta tenaga pengajar.

"Saya tegaskan, Imigrasi tidak melindungi WNA yang melanggar keimigrasian dan jika ada WNA yang melanggar keimigrasian akan kita tidak sesuai aturan hukum yang berlaku di Negara Indonesia," kata dia.

Irawan mengaku Tim pengawas orang asing (Pora) bersama Imigrasi serta para pihak terkait lainnya sesuai UU Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Imigrasi akan menindak tegas setiap orang asing yang melakukan pelanggaran di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pasal 113 UU Imigrasi menyebut setiap orang yang dengan sengaja masuk atau keluar wilayah Indonesia yang tidak melalui pemeriksaan oleh pejabat Imigrasi di tempat pemeriksaan imigrasi dipidana penjara paling satu tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp100 juta.

Irawan mengatakan sanksi juga akan diberikan kepada mereka yang melindungi WNA.

Dia mengatakan setiap orang yang dengan sengaja menyembunyikan atau melindungi atau memberikan pemondokan atau memberikan penghidupan atau memberikan pekerjaan kepada orang asing yang diketahui berada di wilayah Indonesia secara tidak sah akan dipidana.

Sesuai pasal 124 UU Imigrasi mereka dipidana penjara paling lama dua tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp200 juta.

Demikian halnya WNA yang izin tinggalnya habis akan dipidana kurungan paling lama tiga bulan atau pidana denda paling banyak Rp25 juta.

Sumber: Antara

Tag:Banda Acehimigrasi banda acehpelajar asing
Berita Terkait
  • Kamis, 12/09/2019 20:36 WIB

    Ini Himbauan Kapolresta Banda Aceh Untuk Mahasiswa Papua

    BANDA ACEH - Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto mengajak mahasiswa Papua yang kuliah di ibu kota Provisi Aceh tersebut berbaur dengan masyarakat setempat. "Kami minta jangan sendiri-send

  • Minggu, 08/09/2019 20:43 WIB

    CIMB Niaga Syariah Banda Aceh Gelar Tour de Bank untuk Pelajar

    BANDA ACEH - Ratusan siswa-siswi dari beberapa sekolah dasar dan sederajat di Banda Aceh mengikuti kegiatan literasi keuangan dan edukasi lingkungan, Sabtu (7/9/2019) yang berlangsung meriah dan seru

  • Kamis, 05/09/2019 18:44 WIB

    Pasien Rehab Narkoba Ditemukan Tewas Gantung Diri di Banda Aceh

    BANDA ACEH - Seorang pasien rehab narkoba di Banda Aceh berinisial SB (45) asal Nagan Raya, Aceh ditemukan gantung diri di rumah rehab. Polisi masih menyelidiki penyebab SB bunuh diri. SB ditemukan t

  • Jumat, 09/08/2019 08:07 WIB

    Sekelompok Terduga Aliran Sesat Ditangkap di Banda Aceh

    BANDA ACEH - Personel Polsek Syiah Kuala, mengamankan sekelompok orang yang diduga ajaran sesat di Kompleks Makam Syiah Kuala, Gampong Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh. Kapolsek Syiah K

  • Rabu, 07/08/2019 22:43 WIB

    Bea Cukai Banda Aceh Musnahkan Rokok Ilegal

    BANDA ACEH - Selama kurun waktu Januari sampai Juli tahun 2019, Bea Cukai Banda Aceh telah melakukan penindakan sebanyak 64 atas pelanggaran ketentuan kepabeanan dan cukai. Atas barang bukti hasil pen

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir