Orangutan Tercerdas di Dunia Ada di Aceh Selatan

Oleh: Redaksi
Jumat, 18/01/2019 11:14 WIB
Dibaca: 110 kali
Foto: Ilustrasi/google.com

ACEH SELATAN - Suaq Belimbing Aceh Selatan merupakan pusat penelitian orangutan. Menurut para peneliti orangutan di daerah itu, Suaq Belimbing Aceh Selatan memiliki orangutan tercerdas di dunia.

Suaq Belimbing terletak di Taman Nasional Gunung Leuser Aceh. Bisa ditempuh sekitar 2 jam dengan mengendarai roda dua dari Desa Indra Damai Kecamatan Kluet Selatan dengan melewati perbukitan. Lokasi ini menjadi surga bagi peneliti orangutan di dunia. 

Pasalnya, setiap radius 1 kilometer terdapat 7-10 ekor orangutan sehingga lokasi Suaq Belimbing ini dikenal dengan populasi orangutan terpadat di dunia. Di areal seluas 500 hektare lebih ini terdapat 110 orangutan Sumatera yang telah teridentifikasi dan telah diberi nama.

Di lokasi ini juga masih banyak orangutan yang belum teridentifikasi.

Suaq Belimbing hingga saat ini belum dijadikan lokasi wisata, hanya sebagai tempat penelitian orangutan yang ada di Aceh. Di sini para peniliti mengamati bagaimana pola dan tingkah laku orang utan yang berada di alam bebas.

Berdasarkan penelitian Carel van Schaik dari Wildlife Conservation International orangutan yang berada di Suaq Belimbing ini merupakan orangutan tercerdas di dunia. Dimana orang utan mampu menggunakan alat dari ranting kayu untuk mengambil madu yang ada di dalam lubang pohon dan memakan buah dengan mengunakan ranting.  

Subhan, Manager Camp Socp Suaq Belimbing mengatakan, para peneliti pada umumnya melakukan penelitian mulai dari perilaku induk dan anak serta interaksi antara orang utan jantan dengan betina hingga jenis makanan yang dikonsumsi orang utan tersebut.  


Sumber: sindonews.com

Tag:acehselatanhewa dilindungihewan langkaorangutan
Berita Terkait
  • Rabu, 13/03/2019 21:32 WIB

    BKSDA Aceh Minta Polisi Tertibkan Penggunaan Senapan Angin

    BANDA ACEH - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) meminta kepolisian menertibkan penggunaan senapan angin menyusul ditemukannya puluhan peluru senapan angin di tubuh satu individu orang utan.

  • Kamis, 24/01/2019 08:48 WIB

    BKSDA Aceh Sita Orang Utan yang Sudah 6 Bulan Dipelihara Warga

    BANDA ACEH - Seekor orang utan (OU) jantan berusia dua tahun disita Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dari seorang warga. Satwa dilindungi bernama Sapto itu sudah dipelihara selama enam b

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir