• Home
  • Peristiwa
  • Orangutan Mengamuk di Serbajadi, Gigit Mulut Petani

Orangutan Mengamuk di Serbajadi, Gigit Mulut Petani

Oleh: Redaksi
Senin, 25/02/2019 15:35 WIB
Dibaca: 103 kali
Foto: Antara

ACEH TIMUR - Petani Jasmani (23) digigit orangutan hingga mulut dan hidungnya luka. Orangutan menyerang Jasmani setelah dilempari batu saat ketahuan makan durian milik warga Aceh itu.

"Itu kan posisi orangutan makan durian ya, memang durian warga tapi orangutan kan gak tahu itu durian siapa. Nah, dia kemudian diusir dengan dilempari batu oleh pemilik kebun. Jadi merasa terganggu dan terancam terus nyerang balik si pemilik kebun itu hingga mengalami luka," kata Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, Senin (25/2/2019).

Menurut Sapto, hal itu hanya sebatas dugaan awal. Namun, kata dia, kepastiannya akan terungkap setelah tim tiba ke lapangan sehingga mengetahui secara runut kejadiannya.

Saat ini, tim dari Resort Langsa sedang menunggu dokter dan kandang. Jika sudah tiba, akan langsung dilakukan penanganan terhadap orangutan tersebut.

"Kasus ini juga sempat terjadi di Aceh. Ini kasus kedua yang terjadi. Tahun sebelumnya, ada juga warga yang sedang mencari jernang diserang oleh hewan primata ini. Selain itu ada juga sempat menyerang wisatawan di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) sekitar 3 tahun lalu," sebut Sapto.

Jasmani menderita luka robek di bagian mulut dan hidungnya. Luka tersebut akibat di gigit seekor orangutan liar saat menjaga buah durian di kebun miliknya di Kecamatan Serbajadi, Aceh Timur.

Kapolsek Serbajadi Polres Aceh Timur, AKP Ahmad Yani mengatakan kejadian itu berawal saat Jasmani berangkat dari rumahnya di Desa Lelis, Serbajadi menuju ke kebun yang tidak terlalu jauh pada Minggu kemarin. Tujuan ke kebun miliknya itu untuk menjaga buah durian agar tidak diganggu oleh binatang

Namun, sampainya di kebun dia melihat orangutan sedang memakan dan menjatuhkan buah durian. Kemudian, dirinya mencoba mengusir dengan melempari pakai batu. Tak kunjung pergi, hewan tersebut malah menyerangnya. 

Sumber: detik.com

Tag:Aceh Timurserbajadiurangutan
Berita Terkait
  • Rabu, 10/04/2019 13:08 WIB

    11 Nelayan yang Sempat Ditahan Otoritas Thailand Tiba di Idi Rayeuk

    ACEH TIMUR - Sebelas nelayan yang ditahan karena memasuki wilayah perairan Thailand sudah dipulangkan. Mereka dibebaskan otoritas setempat dan diminta pulang sendiri ke Aceh Timur. "Alhamdulillah, bo

  • Selasa, 09/04/2019 21:15 WIB

    Alhamdulillah, Nelayan Aceh Timur Dilepas Otoritas Thailand

    JAKARTA - Konsulat Indonesia di Songkhla dilaporkan telah membebaskan 11 warga negara Indonesia (WNI) asal Aceh Timur yang ditahan Aparat Keamanan Thailand karena melakukan pelanggaran batas wilayah.

  • Sabtu, 06/04/2019 16:04 WIB

    Lagi, Nelayan Aceh Timur Ditangkap Otoritas Thailand

    ACEH TIMUR - Sedikitnya 15 nelayan asal Kuala Idi, Aceh Timur, dilaporkan ditangkap di perairan Thailand. Mereka diduga melewati batas perairan Indonesia saat melaut menggunakan Kapal KM Haraoan Baroe

  • Sabtu, 23/02/2019 21:42 WIB

    Medco Malaka Bedah Rumah Warga Aceh Timur

    ACEH TIMUR - PT Medco E&P Malaka (Medco E&P) akan melaksanakan program bedah rumah tidak layak huni untuk keluarga kurang mampu di Kabupaten Aceh Timur yang masuk dalam wilayah kerja perusahaa

  • Minggu, 17/02/2019 19:54 WIB

    DPO Kasus Pembunuhan Polisi Ditembak di Peureulak

    ACEH TIMUR - Seorang terduga anggota kriminal bersenjata api di Aceh tewas dalam perjalanan ke rumah sakit setelah ditembak ketika tim gabungan Polda Aceh hendak menangkapnya. Kepala Bidang Humas Pol

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir