Nelayan di Aceh Singkil Kerap Diganggu Buaya

Oleh: Redaksi
Sabtu, 08/07/2017 11:16 WIB
Dibaca: 51 kali
Foto: Ilustrasi/google.com

ACEH SINGKIL - Sejumlah nelayan yang melaut melalui jalur Sungai Ujung Bawang di kawasan Desa Selok Aceh, Kabupaten Aceh Singkil sepekan terakhir diganggu oleh buaya. Untuk mengantisipasi, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) telah menurunkan tim untuk melakukan pemantauan.

"Saya sudah kontak tim di Singkil, hari ini langsung turun melakukan assessment, barusan Kasi Wilayah 2 sudah saya hubungi," kata Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, via telepon genggamnya, Sabtu (8/7/2017).

Menurutnya, bila memang sudah membahayakan warga, buaya yang mengganggu nelayan di Sungai Ujung Bawang itu akan ditangkap dengan perangkap. Sehingga warga bisa beraktivitas seperti biasa tanpa takut diganggu buaya di sungai tersebut.

"Syukur kalau ada pawang yang bisa menggiring kembali buaya itu menjauh," tukasnya.

Sepekan terakhir, nelayan kawasan Desa Selok Aceh resah dengan keberadaan buaya tersebut. Karena setiap nelayan hendak melaut yang melintasi sungai tersebut, perahunya kerap ditarik dan diganggu oleh buaya. Akibatnya, sejumlah nelayan takut melaut melalui jalur tersebut.

Hingga sekarang, warga yang mencari nafkah di sungai tersebut, seperti nelayan pencari ikan, kepiting dan ikan sungai kerap diganggu hewan predator itu. Sehingga warga sekarang enggan pergi ke sungai tersebut, baik hanya sekedar melintas maupun mencari ikan.

Sumber: merdeka.com

T#g:Aceh SingkilBuayaNelayan
Banner Affiliate Cloudmediabiz
Berita Terkait
  • Jumat, 21/07/2017 14:34 WIB

    Polres Aceh Singkil Bekuk 5 Pengedar Sabu

    SUBULUSSALAM - Polres Aceh Singkil telah mengamankan lima orang tersangka penyalahguna sabu berinisial W (39), M (35), S (35), K (37) dan A (36) pada hari Kamis (20/7/2017) di empat titik yang berb

  • Selasa, 04/07/2017 17:24 WIB

    Terombang Ambing di Laut sejak Lebaran, Nelayan Sabang Ditemukan Selamat

    BANDA ACEH - Seorang nelayan asal Gampong (Desa) Paya Keuneukai, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Aceh, ditemukan selamat setelah diketahui terombang ambing di laut lepas sejak Hari Raya Idul Fitri

  • Jumat, 16/06/2017 22:00 WIB

    Jebol Tembok, 6 Napi Rutan Singkil Kabur

    ACEH SINGKIL - Enam narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, kabur setelah membobol tembok rutan. Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian Miliardin mengatakan, keenam Na

  • Senin, 08/05/2017 19:28 WIB

    Nelayan Aceh Barat Diancam 5 Tahun Penjara

    ACEH BARAT - Enam orang nelayan lokal asal Kabupaten Aceh Barat diancam dengan pidana penjara lima tahun dan denda Rp2 miliar karena melakukan penangkapan ikan dengan alat tidak ramah lingkungan.

  • Sabtu, 06/05/2017 13:15 WIB

    35 Ribu Petani dan Nelayan Duduk Bareng Tukar Pikiran di Penas KTNA

    BANDA ACEH - Sebanyak 35 ribu petani dan nelayan dari seluruh Indonesia menghadiri Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke-15 di Aceh. Kegiatan ini berlangsung sejak 6 hingg

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2017 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir