• Home
  • Peristiwa
  • Mesjid Bantuan Pemprov Aceh di Palu Mulai Dibangun

Mesjid Bantuan Pemprov Aceh di Palu Mulai Dibangun

Oleh: Redaksi
Rabu, 13/02/2019 16:40 WIB
Dibaca: 110 kali
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyerahkan bantuan dari Bank Aceh Syariah bagi korban bencana Palu di Sulawesi Tengah pada Rabu 13 Pebruari 2019. (Foto: Dok. Ketua FPRB Aceh, Nasir Nurdin)

PALU - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah meletakkan batu pertama sebagai pertanda dimulainya pembangunan Masjid Nurul Hasanah di Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (13/2/2019).

"Pak wali (Wali kota Palu) tidak usah khawatir. Kami kemari, tak mengggunakan sedikit pun uang itu (Donasi Aceh untuk Palu)," ujar Nova yang ditirukan Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana Aceh, Nasir Nurdin.

Hal itu diucapkan Plt Gubernur Nova dalam acara penyambutan meriah oleh pemerintah daerah, tokoh masyarakat, dan termasuk pengurus/panitia pembangunan Masjid Nurul Hasanah yang mengalami rusak parah akibat gempa, tsunami, dan likuifaksi di Sulteng pada Jumat 28 September 2018.

Plt gubernur Aceh mengetahui bencana alam tersebut, langsung menyerukan melakukan penggalangan dana bantuan kemanusiaan bagi Sulteng, termasuk Palu yang dihimpun melalui aksi "Donasi Aceh untuk Palu".

Hingga Selasa (12/2), terkumpul dana yang terealisasi mencapai Rp3,37 miliar dengan jumlah 340 donatur terdiri dari perorangan, instansi pemerintah, swasta, kelompok atau komunitas, dan lain-lain digunakan cuma

Untuk pembangunan kembali rumah ibadah bagi umat muslim ini.

Masjid "Nurul Hasanah Aceh" memiliki ukuran 20x20 meter yang dibangun menggunakan perpaduan kayu, dan beton dirancang oleh Dr Ing Andry Widyowijatnoko, ST, MT merupakan Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Walau sudah terealisasi Rp3,37 miliar lebih, tetapi masih terdapat 20 donatur di antaranya hingga kini belum merealisasikan komitmen yang telah disebutkan," kata Nasir.

"Untuk itu, dompet `Donasi Aceh untuk Palu` masih dibuka. Boleh diantar langsung ke Kantor BPBA di kawasan Simpang Lima, Banda Aceh atau bisa transferkan ke BRI KCP Peunayong Norek. 2056-01-000365-30-2 atas nama gempa dan tsunami Palu," tegas Nasir lagi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek sebelumnya mengatakan, bantuan pemerintah dan masyarakat Aceh bakal digunakan untuk membangun kembali Masjid Nurul Hasanah.

"Terhitung kemarin (Selasa, 8/1), mulai kita diratakan. Selanjutnya dibangun dengan memanfaatkan donasi masyarakat, dan Pemerintah Aceh," terangnya.

Ia mengatakan, keputusan pembangunan masjid jami ini berdasarkan rekomendasi tim yang telah dikirim oleh Pemerintah Aceh guna meninjau rumah ibadah yang mengalami kerusakan parah di Sulawesi Tengah tahun lalu.

Seperti diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, lebih dari 1.948 orang menjadi korban meninggal dunia akibat bencana gempa, dan tsunami di Sulawesi Tengah, Jumat (28/9).

"Melihat letak di tengah kota dan menjadi pusat ibadah, maka kita diputuskan untuk membangun kembali Masjid Jami` Nurul Hasanah," tutur Dadek.

Sumber: Antara

Tag:gempa palumesjid bantuan pemprov acehpalu
Berita Terkait
komentar Pembaca

Copyright © 2012 - 2019 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

Tentang Kami

Pedoman Media Siber

Disclaimer

Iklan

Karir