• Home
  • Peristiwa
  • Mendaftar sebagai Caleg, Penyandang Tunanetra Ini Ikut Tes Baca Al-Quran

Mendaftar sebagai Caleg, Penyandang Tunanetra Ini Ikut Tes Baca Al-Quran

Oleh: Redaksi
Rabu, 18/07/2018 22:11 WIB
Dibaca: 465 kali
Foto: kumparan.com

BANDA ACEH - Seorang pria penyandang tunanetra mengikuti tes baca Al-Quran yang diselenggarakan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh. Pria bernama Hamdanil tersebut merupakan bakal calon anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh.

Hamdanil mengikuti uji kemampuan membaca Al-Quran di atas Al-Quran braille di aula kantor KIP Banda Aceh, Rabu (18/7/2018). Hamdanil yang merupakan kader Partai Bulan Bintang (PBB) merupakan satu-satunya penyandang disabilitas, dari 488 bacaleg yang mendaftarkan diri ke KIP Banda Aceh.

Komisioner KIP Banda Aceh, Hasbullah, menjelaskan tes baca Al-Quran ini merupakan salah satu syarat untuk nyaleg. Hingga hari ini, pihaknya telah mengetes 90 persen dari jumlah bacaleg yang mendaftarkan diri. 

“Sampai dengan hari terakhir ini kita telah melakukan tes uji mampu baca Al-Quran, sekitar 90 persen dari 448 bacaleg yang mendaftar. Kami sebagai penyelenggara tentunya juga menyiapkan Al-Quran braille mengingat kita ingin melakukan semuanya secara adil, transparan, dan demokratis,” ujar Hasbullah di kantor KIP.

Sementara, untuk penguji, KIP mempercayakan kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan Kementerian Agama (Kemenag) Aceh. “Berhubungan MPU dalam keadaan nonaktif, maka kita ambil dua lembaga dan itu sesuai dengan petunjuk teknis,” imbuhnya. 

Uji kemampuan baca Al-Quran ini hanya berlaku di Aceh. Persyaratan itu merupakan implementasi dari Qanun Aceh Nomor 3 Tahun 2008 tentang Partai Politik Peserta Pemilu untuk Anggota DPRA dan DPRK yang merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh.

Sumber: kumparan.com

T#g:caleg tunanetradaftar calegpemilu 2018tes baca al-quran
Berita Terkait
  • Rabu, 08/08/2018 10:27 WIB

    Kisah Caleg PDIP dari Aceh yang Pernah Jual Buah Hingga Berprofesi DJ

    BANDA ACEH - Beragam latar belakang profesi mewarnai para bakal calon anggota legislatif 2019 yang mendaftar. Mulai dari profesi yang mentereng, sampai dengan profesi masa lalu yang kurang mengenakkan

  • Selasa, 24/07/2018 20:39 WIB

    Jokowi Teken PP, Begini Prosedur untuk Gubernur yang Mau Nyapres

    JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meneken Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pengunduran Diri dalam Pencalonan Anggota DPR, Anggota DPR, Anggota DPRD, Presiden dan Wakil

  • komentar Pembaca

    Copyright © 2012 - 2018 wartaaceh.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir